1/01/2020

Kenali Jenis-Jenis Akun Facebook di Beranda Kita

Apero Fublic.- Kamu punya akun facebook, sudah tahu jenis-jenis akun facebook!!. Masuk jenis apa akun facebook kamu?. Facebook adalah media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di dunia. Didirikan oleh Mark Zuckerberg dan rekan-rekan di Amerika Serikat (US).

Facebook sudah sangat akrab dengan masyarakat zaman android atau smartphone sekarang. Setiap duduk santai dan waktu senggang, akun facebook selalu menjadi permainan serta pengobat kejenuhan. Sekaligus untuk mengekpresikan diri.

Mengupload momen-momen penting, dan menjadi catatan perjalanan hidup secara tidak langsung. Facebook menjadi tempat melampiaskan emosi dan sarana berkomunikasi. Berkenalan dan saling sapa melalui facebook. Bersilaturahmi dengan sahabat-sahabat dan keluarga.

Dengan adanya facebook, saat ini bukan hanya para selebritis yang dapat mempublikasikan kegiatan sehari-hari melalui media. Yang dapat dilihat oleh masyarakat luas. Tapi seluruh lapisan masyarakat yang memiliki jaringan internet dapat eksis dan disaksikan masyarakat luas.

Perkenalan antar negara dan lintas provinsi. Dalam perkembangannya jenis-jenis akun facebook muncul beragam-ragam. Tergantung dari pemilik akun masing-masing. Berikut ini beberapa jenis akun-akun facebook yang harus anda ketahui. Ambil kebaikan dan hindari keburukan. Kita hidup bersama, kebaikan-kebaikan dunia ada di tangan kita.


1. Akun Pelon (Pelacur Online)

Akun media sosial yang diistilahkan dengan akun pelon. Adalah akun-akun orang (laki-laki dan perempuan) yang menawarkan jasa mesum melalui media sosial. Baik itu tawaran mesum atau zinah secara langsung (panggilan). Atau jasa mesum lewat media komunikasi. Seperti melalui panggilan telpon atau melalui video call seks (VCS), whasApp dan lainnya.

Mereka menggunakan media sosial (facebook) untuk promosi dan menjajakan layanan seks online. Mereka berani cheating, telponan dan video call. Untuk menawarkan jasa mereka. Kalau anda suda terlanjur berteman segerah hapus pertemanan dan blokir akun pelon tersebut. Coba cek pertemanan facebook suami, istri, anak, adik, keluarga anda. Apakah ada diantara teman facebook mereka ada akun Pelon, alngsung blokir. Apabila ada konten tidak senono segera laporkan ke facebook dengan mengklik tombol titik tiga di sisi pstingan mereka.


Jangan mengkonfirmasi permintaan pertemanan facebook akun pelon.  Untuk mengenali akun pelon dapat dilihat dari foto profil latar belakang foto. Kalau bisa buka semua postingan yang diupload pada akun tersebut. Biasanya ada promo pelacur online tertulis di bawah foto profil atau di postingannya. Misalnya tertulis “Open BO dan VCS berbayar Ovo, pulsa dan uang.”

Kalau tidak tertulis promo seperti itu. Biasanya memajang foto-foto seksi di beranda. Foto profilnya dan foto latar belakang akunya foto wanita bugil dan sejenisnya. Foto yang digunakan biasanya foto-foto model. Jarang mereka menggunakan foto mereka sendiri. Nama akun mereka bukan nama yang sebenarnya.

Pertemanan akun pelon dikirim ke akun laki-laki. Setelah dikonfirmasi dia menghubungi melalui messenger. Mereka minta pulsa, dengan berbagai alasan. Minjam dan meminta uang dengan bermacam alasan, misalnya ada keperluan mendesak atau sedang terlantar. Kemudian menawarkan jasa layanan pelacur online (Pelon). Korban biasanya laki-laki yang sudah bekerja atau suami orang yang diperkirakan banyak uang.

Media sosial yang selalu dipenuhi anak-anak. Jangan sampai kita menjadi bagian dari penyebaran konten mesum tersebut. Apalagi kalau akun facebook anda sering dilihat suami, istri, tunangan, anak-anak, adik-adik anda. Sebab akan menjadi ketertarikan mereka pada akun tersebut.

Kalau mereka tertarik mereka akan meladeni pelacur online. Kalau anak perempuan, mereka akan mendapat contoh bagaimana menjadi pelon. Bagaimana kalau saudari kita yang terpengaruh dan menjadi pelon, anda setuju. Kita sendiri yang rugi, keluarga kita semua, masyarakat kita dan bangsa kita yang rusak.


Akun pelon di facebook tidak mencari sosialisasi masyarakat dunia maya. Mereka tidak berinteraksi seperti akun masyarakat pada umumnya. Mereka hanya menjajakan mesum mereka. Postingan mereka tidak jauh dari mesum dan zinah. Pelacur online cuma menambah jumlah pertemanan saja. Karena akun facebook memerlukan pertemanan untuk merambah lebih luas.

Itulah untuk menjadi pelon mereka harus memiliki cukup banyak akun pertemanan dahulu. Kalau kita tidak menerima permintaan pertemanan atau membatalkan pertemanan. Kita tidak masuk dalam jaringannya mencari mangsa. Kita yang mempunyai akal sehat baik laki-laki atau perempuan, tua atau dewasa ada baiknya memblokir atau menolak pertemanan dengan akun pelacur online.


Permasalahan akun pelon belum tahu apakah sudah ada Undang-Undang yang mengatur. Apakah sudah dapat dipidanakan atau tidak para pelakunya. Apakah masuk dalam kategori pelanggaran Undang-Undang Informasi Teknologi (IT). Namun yang jelas akun-akun pelon baik di facebook dan twitter bersileweran. Semoga pemerintah dan aparat berwenang dapat memecahkan problematika sosial ini. Ada jalan keluar yang baik untuk moral masyarakat dalam waktu jangka panjang.

2. Akun Spyghost

Diistilahkan akun spyghost karena akun ini tidak menampakkan jati diri dari pengguna. Akun ini biasanya digunakan orang-orang yang hanya untuk memata-matai saja. Di istilahkan spyghost karena akun digunakan untuk melihat-lihat akun teman dan akun orang lain. Spyghost berasal dari kosa kata dalam bahasa Inggris.

Spy bermakna mata-mata, sedangkan ghost berarti hantu. Akun spyghost mudah untuk dikenali. Lihat dari foto profil, foto latar dan biodata diri. Foto profil biasanya menggunakan foto model yang di danload dari internet. Atau menggunakan foto profil tokoh kartun, foto bunga, foto captions dan lainnya. Intinya bukan foto dirinya sendiri.


Jangan mengkonfirmasi pertemanan facebook akun seperti ini. Kalau sudah terlanjur berteman di blok saja. Biasanya dia juga memiliki akun-akun facebook lain. Akun spyghostnya hanya menyusup untuk memata-matai seseorang atau ingin mencari informasi dari pihak ketiga. Akun spyghost bisa jadi akun orang yang tidak baik juga. Misalnya akun orang yang ingin berselingkuh atau berbisnis kejahatan (pelon). Hati-hati, siapa tahu dia seorang hacker facebook atau pencari aib anda (hater).

Aksinya akun spyghost membuka sesaat dan melihat-lihat akun orang, mengecek timeline, foto-foto teman akun facebooknya. Kemudian dia menutup akun spyghostnya. Dia akan membuka sewaktu-waktu kemudian. Kerugian kita hanya memperbanyak jumlah pertemanan saja.

Tapi kita tidak mendapat teman. Berbahaya kalau dia mengintai kita. Kebiasaan kita dan sebagainya. Akun spyghost adalah salah satu penyebab dimana kita memiliki banyak teman facebook. Tapi yang like, komentar cuma puluhan saja. Membuat media sosial kita menjadi sia-sia. Tidak tercipta masyarakat sosial kita yang kita bangun.


3. Akun Islamis

Akun Islamis adalah akun yang dimiliki seseorang muslim yang sangat taat. Dimana dia tidak menampilkan foto-foto pribadi. Atau pemiliknya hanya menampilkan foto-foto dari arah belakang dengan hijab lebar dan bercadar. Kalau yang laki-laki hanya foto dari samping biasa. Tidak banyak upload foto-foto. Postingannya penuh dengan nasihat, kata-kata islami, konten keislalam, kartun muslimah. Ling ceramah dan grup-grup kajian para ulama dan ustadz.

Kemungkinan yang memiliki akun facebook ini adalah Gadis atau Bujang yang tidak mau menebar fitnah di media sosialnya. Dia sangat takut dengan dosa dan kesia-siaan. Kalau yang ini boleh berteman, sebab akunya walau kita hanya melihat postingan saja dan tidak melihat foto-fotonya.

Tapi kita tahu kalau akun facebooknya adalah akun yang baik dan aktif. Kemudian akunnya juga akan memberikan kebaikan-kebaikan nasihat. Akun facebook Islamis juga cuma satu dan dia aktif bersosialisasi di media sosial facebook miliknya. Sehingga akunya disebut akun facebook Islamis. Semoga suatu saat nanti ada aplikasi facebook syariah.


4. Akun Massa

Massa dalam bahasa Indonesia diartikan dengan sekumpulan orang yang banyak sekali di suatu tepat. Akun massa bermakna akun yang meliputi jumlah kategori terbanyak. Akun massa facebook adalah seluruh akun yang berkategori baik. Akun facebook ini adalah akun mayoritas di dunia facebook. Akun-akun ini kontras menyatu dan jujur di tengah komunitas dunia maya.

Dapat di masukkan yaitu mulai dari akun milik anak-anak, remaja, dewasa, orang yang berkeluarga, dan orang tua. Akun-akun organisasi dan akun-akun yayasan. Semua akun-akun ini adalah milik masyarskat umum yang baik dan normal. Akun massa dalam menulis status dan mengupload foto atau video selalu yang baik-baik. Membagikan post-post yang bermanfaat. Wanitanya ada yang berhijab, ada yang tidak. Tapi tetap sopan dalam meng-upload apapun.

Walau bukan muslim tapi memainkan facebook tetap sopan dan sesuai dengan ketentuan manusia normal dan berakal sehat. Ada banyak yang berdagang dan promosi usaha-usaha mereka. Akun massa adalah akun facebook yang sehat dan menjadi komunitas masyarakat umum di media sosial.


5. Akun Ancrezi

Kata ancrezi diambil dari dua suku kata, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Kata an singkatan dari kata Anjing. Sedangkan kata crezy berarti gila. Akun ancrezi berarti akun anjing gila atau akun orang yang prilakuknya seperti kelakuan anjing yang gila (pengidap penyakit rabises sosial), binatang.

Akun ancrezy termasuk akun facebook mesum. Oleh pemiliknya diupload konten fornografi, video cabul, dan forno aksi. Memuat status kotor dan mengupload foto atau video tidak senono. Biasanya foto profil dan foto latar belakangnya bergambar foto orang telanjang. Statusnya seputar berzina dan hubungan intim.

Untuk foto-foto menggunakan foto diri sendiri atau foto forno orang lain, seksi. Nama kadang disamarkan. Ada jugo menggunakan foto wanita berhijab untuk melecehkan Islam. Apakah akun ancrezi sudah diatur Undang-undang IT.


6. Akun Propaganda

Akun propaganda adalah akun-akun facebook yang selalau mengkampanyekan sesuatu. Biasanya akun facebook seperti ini banyak muncul menjelang pemilu. Baik itu pemilu skalah nasional atau skalah daerah. Isinya tentang politik, dan berkampanye. Kadang digunakan untuk mengecam lawan politik, mengecam kelompok tertentu dan sebagainya.

Akun propaganda digunakan untuk menghasut, menyampaikan ide, informasi, kampanye berpolitik. Akun ini setelah masa kampanye selesai tidak digunakan lagi. Hanya meninggalkan jumlah pertemanan saja. Terserah anda mau berteman atau tidak. Sedangkan akun propaganda jenis lain, seperti akun facebook separatis dan lainya, tertentu terus aktif dan menyuarakan gagasannya.


Cek Akun

Saat anda mendapat permintaan pertemanan cek terlebih dahulu akun tersebut. Mulai dari status-status yang pemilik akun tulis. Sebab tulisan akan menjelaskan dia orang yang berpikir atau tidak. Orang yang berpendidikan dan berkepribadian baik atau tidak. Karena pemilik akun tersebut akan tercermin dari posting-postingannya.

Kalau pada beranda halaman akunya penuh oleh foto dan video mesum, status caci maki, kata-kata kotor dan kasar. Maka akun demikian ada baiknya anda blok dan jangan terima konfirmasi pertemanan. Apalagi mengirim pertemanan pada akun tersebut. Karena secara tidak langsung saat kita berteman. Kita telah ikut menyebarkan peredaran konten dari hal-hal tidak baik tersebut. Teman mencerminkan diri kita.


Hati-hati saat membuka facebook di warnet. Jangan sampai lupa logut atau mengeluarkan media sosial anda. Jangan sampai anda menyimpan sandi setelah login. Karena disini akun anda bisa di hack dan dibajak orang. Gunakan email dan sandi yang kuat untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Bersih-bersih akun anda, membatalkan pertemanan pada akun facebook yang sudah tidak aktif selama satu tahun. Memblokir akun pelon, akun mesum dan akun spyghost.
#Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Oleh. Joni Apero
Editor. Selita. S.Pd.
Palembang, 2 Januari 2020.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment