Syarce

Syarce adalah singkatan dari syair cerita. Syair cerita bentuk penggabungan cerita dan syair sehingga pembaca dapat mengerti makna dan maksud dari isi syair.

Apero Mart

Apero Mart adalah tokoh online dan ofline yang menyediakan semua kebutuhan. Dari produk kesehatan, produk kosmetik, fashion, sembako, elektronik, perhiasan, buku-buku, dan sebagainya.

Apero Book

Apero Book adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi semua jenis buku. Buku fiksi, non fiksi, buku tulis. Selain itu juga menyediakan jasa konsultasi dalam pembelian buku yang terkait dengan penelitian ilmiah.

Apero Popularity

Apero Popularity adalah layanan jasa untuk mempolerkan usaha, bisnis, dan figur. Membantu karir jalan karir anda menuju kepopuleran nomor satu.

@Kisahku

@Kisahku adalah bentuk karya tulis yang memuat tentang kisah-kisah disekitar kita. Seperti kisah nyata, kisah fiksi, kisah hidayah, persahabatan, kisah cinta, kisah masa kecil, dan sebagaginya.

Surat Kita

Surat Kita adalah suatu metode berkirim surat tanpa alamat dan tujuan. Surat Kita bentuk sastra yang menjelaskan suatu pokok permasalaan tanpa harus berkata pada sesiapapun tapi diterima siapa saja.

Sastra Kita

Sastra Kita adalah kolom penghimpun sastra-sastra yang dilahirkan oleh masyarakat. Sastra kita istilah baru untuk menamakan dengan sastra rakyat. Sastra Kita juga bagian dari sastra yang ditulis oleh masyakat awam sastra.

Apero Gift

Apero Gift adalah perusahaan yang menyediakan semua jenis hadia atau sovenir. Seperti hadia pernikahan, hadia ulang tahun, hadiah persahabatan, menyediakan sovenir wisata dan sebagainya. Melayani secara online dan ofline.

1/04/2020

e-Biografi Singkat Mohammad Hatta (Bung Hatta)

Foto Bung Hatta sewaktu berumur 13 tahun.
Apero Fublic.- Kota Bukittinggi terletak di Provinsi Sumatera Barat. Kota yang sejuk terletak di dataran tinggi Agam. Kota ini juga dikenal dengan nama Kota Gadang. Kata Gadang dalam bahasa Melayu Minang berarti besar. Penamaan tersebut berkaitan dengan sebuah jam besar terletak di kota Bukit Tinggi, Jam Gadang. Kota Bukittinggi menjadi istimewah di Indonesia karena kota ini tempat kelahiran salah satu Pahlawan Proklamator Indonesia, Mohammad Hatta.

Mohammad Hatta yang juga dikenal dengan Bung Hatta. Lahir pada 12 Agustus 1902 dari seorang ibu bernama, Siti Salehah. Siti Salehah asli kelahiran Kota Bukittinggi. Ayah beliau bernama Haji Mohammad Jamil, dari daerah Batu Hampar di dekat Kota Payakumbuh. Kakek bernama Syaik Arsyad seorang tokoh masyarakat dan guru pendidikan agama Islam. Kakek Bung Hatta dari pihak ibu bernama Ilyas Bagindo Marah seorang saudagar.

Bung Hatta anak kedua, kakaknya seorang perempuan bernama Rafi’ah. Sewaktu dilahirkan Bung Hatta diberi nama Athar, yang berarti harum. Panggilan sehari-hari dipanggil Atta. Dari paggilan Atta itulah lama kelamaan namanya berubah menjadi Hatta. Kemudian dilengkapi dengan Mohammad Hatta.

Ayah kandungnya meninggal ketika Bung Hatta berumur tujuh bulan. Beberapa waktu kemudian ibu beliau menikah lagi dengan seorang pedagang berasal dari Palembang, bernama Masagus Haji Ning. Haji Ning salah seorang dari rekan perdagangan kakek Bung Hatta. Dari pernikahan ibunya, beliau mendapat empat saudara perempuan.

Budi pekerti dan ahlak baik Bung Hatta telah tampak sejak kecil. Dia tidak pernah berbuat menjengkelkan keluarganya. Hidup dietngah keluarga terhormat dan kaya. Beliau tidak menjadi sombong dan menjauh dari rakyat kecil. Berdisiplin, mandiri dan yang paling luar biasa beliau hidup sederhana dan hemat. Bung Hatta sudah sejak kecil gemar membaca buku. Buku sudah menjadi teman dan sahabat beliau.

Dia tidak suka keluyuran dan berbuat hura-hura dan sia-sia. Kedisiplinannya tercipta secara alami dan menjadi watak pribadi beliau. Waktu mengaji, sekolah dan bermain dia seimbangkan. Di sekitar rumahnya tidak banyak anak yang sebaya dengannya. Sehingga dia kurang bermain di luar rumah. Besifat pendiam, serius dan jarang bersenda gurau besama siapapun. Senyumnya penuh arti dan pandai menyembunyikan perasaannya.

Suatu soreh Bung Hatta pulang kesorean saat magrib. Kakeknya menghukum beliau dengan berdiri dibawa sebatang pohon. Saat pamannya menjemput untuk mengajak pulang. Bung Hatta kecil menolak. Dia ingin kakeknya yang membebaskannya dari hukum dan baru dia mau keluar dari garis lingkaran hukum yang dibuat kakeknya.

Kakek dari pihak ayahnya (Syaik Arsyad), menginginkan beliau menjadi ulama. Beliau memanggil sang kakek dengan panggilan Ayah Gaek.  Sedangkan kakek dari ibunya, Ilyas Bagindo Marah yang dipanggilnya Pak Gaek. Mengingkan beliau masuk ke sekolah umum. Pendidikan beliau dan kakaknya Rafi’ah dimulai dari Sekolah Rakyat untuk Bumi Putra.

Setelah belajar selama tiga tahun beliau dipindahkan kesekolah khusus orang Belanda atau anak bangsawan yang dianggap sederajad dengan orang Belanda, Europese Lagere School  (ELS). Tidak banyak anak-anak asli Indonesia yang dapat bersekolah di ELS, dan tamat tahun 1916.

Bung Hatta kemudian melanjutkan sekolah yang Bahasa Pengantaranya Bahasa Belanda, MULO (Meer Uitgebreid Lager Onderwijs), setingkat SMP zaman sekarang. Hatta kecil mulai mengenal paham kebangsaan saat mendapat pelajaran sejarah di MULO. Pada tahun 1918 Nazir Datuk Pamuncak salah satu tokoh pergerakan nasional Indonesia. Pulang dari Batavia, bermaksud untuk pergi ke Belanda melanjutkan pendidikan di Universitas Leiden.

Karena dia sudah selesai sekolah di HBS (Hogere Burgerschool), di Batavia (Jakarta). Karena meletus perang Dunia Pertama maka rencana Nazir Datuk Pamuncak ditunda. Sebelumnya Nazir dan rekan-rekan HBS sudah mendirikan organisasi pemuda “Jong Sumatranen Bond” pada 9 Desember 1917. Nazir Datuk Pamuncak ingin mendirikan cabang dari organisasi pemuda tersebut di Kota Bukit Tinggi.

Dengan bantuan Marah Sutan sekretaris Persatuan Sosial di Padang bernama Sarekat Usaha menyelenggarakan suatu rapat umum dengan para pelajar sekolah-sekolah menengah di Padang dan Bukit Tinggi. Bung Hatta ikut menghadiri acara tersebut. Pertemuan yang tidak terlupakan oleh Bung Hatta. Pidato Nazir Datuk Pamuncak tentang kebangsaan dan kebangkitan Asia. Yang membuat jiwa kebangsaan Mohammad Hatta memuncak.

Setelah selesai sekolah MULO, beliau diizinkan ibunya sekolah di Jakarta. Masuk sekolah perdagangan, Prins Hendrik School (PHS).  Saat menjadi siswa beliau belajar tentang perdagangan dengan seorang pengusaha, Ayub Rais. Belajar dari pengalaman dan bertukar pikiran tentang tata usaha. Dalam masalah politik Bung Hatta juga mulai aktif mengikuti perkembangan politik masa itu. Seperti peristiwa Insiden Cimareme.

Pemerintahan Kolonial Belanda menginstruksikan agar penduduk menjual sebagian beras pada pemerintah. Haji Hasan menolak menjual karena daerah beliau juga kekurangan beras. Maka pemerintah mengirim serdadu dan menembak membabibuta kedalam rumah pak Haji. Sehingga pak haji meninggal dunia. Oleh media pro pemerintah dituduhkan pada perlawanan Organisasi Syarikat Islam. Haji Hasan dijadikan kambing hitam sekaligus untuk menakuti-nakuti rakyat. Padahal masalah  itu tidak ada hubungannya dengan Syarikat Islam sama sekali.

Pengkambing hitaman karena Haji Hasan anggota dari Syarikat Islam. Peristiwa ini dikenal dengan, Insiden Syarikat Islam Seksi B. Maka sejak saat itu Pemerintahan Kolonial Belanda mendapat alasan untuk memusihi Syarikat Islam. Banyaknya peristiwa ketidakadilan tersebut membuat Bung Hatta terpanggil untuk terjun memperjuangkan kehidupan rakyat dan kemerdekaan.

Pada tahun 1921 Bung Hatta menyelesaikan sekolah di PHS. Dia berencana kuliah di Belanda. Seorang gurunya memberi saran untuk bekerja saja di perusahaan milik Belanda. Dengan ijazah diploma yang dia miliki dia sangat mudah mendapat pekerjaan dengan gaji besar. Kemudian beliau bertemu dengan seorang gurunya De Kock.

Nasihatnya, Mencari uang itu gampang, tapi kesempatan menuntut ilmu yang lebih tinggi tidak selalu ada. Maka Bung Hatta mantap dan melanjutkan studi di Belanda. Bung Hatta mendapat beasiswa dari Yayasan Van Depenter untuk melanjutkan studi ke Belanda. Tapi beasiswa baru dapat dia terimah setelah dia berada di Belanda. Untuk ongkos keberangkatan dia harus mengusahakannya sendiri.

Karena terbiasa hidup hemat dan suka menabung bunghata memiliki banyak simpanan. Kemudian keluarga juga membantu keuangan Bung Hatta. Di Belanda masuk Sekolah Tinggi Perdagangan atau Handles Hooge School di Rotterdam. Bersama rekan-rekan beliau mendirikan organisasi Perhimpunan Indonesia. Tahun 1926 dia terpilih menjadi ketua Perhimpunan Islam.

Dalam kegiatan aktif pergerakan kebangsaan. Salah satu dari kegiatan Perhimpunan Indonesia mengikuti konres internasional di Brussels (Belgia), dari tanggal 10 sampai 15 Februari 1927. Perhimpunan Indonesia mengirim, Achmad Soebardjo, Gatoto Tarunamihardja, dan Abdul Manap. Pertemuan tersebut mendapat sorotan dari surat kabar Belanda.

Pada tanggal 23 September 1927 Bung Hatta dan tiga orang rekan ditangkap dan di penjarakan di Casuaristraat. Salah satunya rekan dari Bukit Tinggi Nazir Datuk Pamuncak. Dakwaan adalah, pertama menjadi anggota organisasi terlarang. Kedua terlibat pemberontakan, dan ketiga menghasut untuk menentang Kerajaan Belanda.

Dalam bulan Juli 1932, Bung Hatta berhasil lulus ujian doktoral dan mendapat gelar akademisi Sarjana Ekonomi. Pulang, beliau naik kereta menuju Genoa sebuah pelabuhan di Italia Selatan. Dari sana beliau naik kapal Jerman menuju Singapura. Dari Singapura beliau naik Maskapai Pelayaran Belanda dan tiba di Tanjung Periuk pada Agustus 1932. Sebelas tahun beliau merantau di Negeri Belanda.

Setiba di Indonesia, kaum pergerakan nasional menyambut beliau. Sebuah partai non kooperatif PNI-Pendidikan yang dipimpin Sutan Syarir menyerakan mandat kepemimpinan pada Bung Hatta. Bung Karno sudah bebas dari penjara yang kesekian kalinya.

Dia masuk Partai Perindo dan berusaha menggabungkan dengan PNI-Pendidikan, tapi gagal. Bulan November 1932 beliau pulang ke kota kelahiran. Tapi kegiatannya terus di ikuti Belanda dan dia hayan bertahan satu setengah bulan di sana. Sementara itu, Dinas Intelijen Politik Belanda semakin keras mengawasi.

Setelah Bung Karno di buang, kini giliran Bung Hatta dan rekan-rekan juga dibuang ke Boven Digoel di Papua. Bung Hatta dan enam rekannya bertolak dari pelabuhan Tanjung Periuk dengan kapal Melchior Treub. Hatta dan Syarir ditempatkan di kelas dua. Sedangkan lima rekan lainnya ditempatkan di atas dek kapal hanya beralaskan tikar. Tapi dalam pelayaran mereka lebih suka di atas dek kapal bersama teman-teman pembuangan lainnya.

Dalam pelayaran Bung Hatta berkata, “Kita harus berpendirian, di mana pun kita berada. Kita masih tetap berada di tanah air kita sendiri. Aku bisa hidup di mana pun dengan perasaan gembira. Bila alam luas dipersempit orang untuk kita, tegakkan alam itu di dalam dada kita sendiri.

Untuk aktif berpolitik memang tidak dapat dilakukan di tanah pembuangan. Tapi itu tidak perlu disesalkan. Kita harus yakin,jika ada hari kemarin, pasti akan ada hari esok. Terbanglah setinggi-tingginya selagi sayap masih bisa dikembangkan. Tetap tawakal dan persiapkan diri untuk hari yang akan datang.”

Pada akhir bulan Januari 1936, Bung Hatta dan Syarir dipindahkan ke Banda Neira di selatan Ambon. Tiba pada 10 Februari 1936. Waktu penduduk disana baru 3.000 orang. Terdapat Sekolah Dasar Belanda, sekolah lanjutan tiga tahun dan sekolah lanjutan, Sekolah Melayu 5 Tahun. Di pulau kecil tersebut mereka berdua bertemu dengan Mr. Iwa Kusumasumantri yang telah lebih dahulu dibuang Pemerintahan Kolonial Belanda.

Pada 8 Desember 1941 Jepang mengumumkan perang dengan Belanda. Perintah telegram dari Jakarta memerinthkan Hatta dan Syarir dipindahkan ke Sukabumi. Waktu itu tentara Belanda sudah menghadapi penyerangan Jepang dari utara.

Di bagian timur Jepang sedang berperang melawan, Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Cina, Belanda, dan Australia. Di daratan Eropa, Jerman sedang menghadapi seluruh kekuatan di Eropa. Pada 1 Februari 1942, pesawat terbang Catalina datang menjemput Hatta dan Syarir. Kemudian terbang menuju Surabaya.

Tangga 2 Februari mereka di bawa ke Jakarta dengan kereta api, lalu ditempatkan di sebuah asrama polisi. Pada 9 Maret 1942 Belanda menyerah pada Jepang. Kolonel Ogura datang ke Sukabumi menyatakan kalau Pemimpin Pemerintahan Militer Jepang ingin bertemu dengan beliau.

Sokarno pulang dari pembuangan dan tiba di pelabuhan pasar ikan Juli 1942, Jakarta. Mereka yakin kalau Jepang tidak akan bertahan lama karena peperangan dengan Sekutu. Maka mereka akan menggunakan taktik bekerja sama tapi tetap bergerak di bawah tanah.

Menggerakkan rakyat untuk menyambut perubahan suhu politik dunia. Waktu berlalu, pada tanggal 15 Agustus 1945, Jepang resmi menyerah pada Sekutu setelah dua kota besar di Jepang di Bom Atom, Amerika Serikat.  Pada tanggal 16 Agustus Bungkarno dan Bung Hatta di bawak pemuda ke Rengasdengklok di daerah Karawang.

Perundingan akhirnya memutuskan melakukan Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 atau 2605 menurut tahun Jepang mewakili bangsa Indonesia Soekarno-Hatta. Perjuangan selanjutnya melawan Belanda yang hendak menjajah kembali. Maka Bung Hata mulai memainkan penananya di kanca politik Nasional dan Internasional.


Bung Hatta yang sudah bersumpah tidak akan menikah sebelum Indonesia merdeka. Akhirnya menikah diumur beliau yang sudah menginjak 43 tahun. Pengorbanan yang sangat besar beliau merelakan hidup dan mengenyampingkan kepentingan pribadi demi Bangsa Indonesia.

Adakah yang relah berkorban demikian. Setelah beliau menikah, dikaruniai tiga orang putri, yaitu Meutia Hatta, Halidah Hatta, Gemala Hatta. Ibu Meutia Hatta pernah menjadi mentri di era kepemimpinan Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Mohammad Hatta adalah salah satu tokoh pendiri bangsa Indonesia. Seorang muslim yang taat dan disiplin.

Paham politik beliau berhaluan nasionalis demokratis. Bung Hatta anti terhadap paham komunisme sejak beliau terjun di dunia pergerakan nasonal. Beliau pernah mengusulkan berdirinya Partai Demokrasi Islam Indonesia (PDII), namun tidak di izinkan oleh rezim otoriter Orde Baru dibawa Soeharto.
Foto masa kecil Bung Hatta yang sangat menyukai naik jenis kereta kuda yang tidak beratap.
Foto kenangan Bung Hatta dengan keluarga, ibu, adik-adik dan kakaknya sebelum dia berangkat ke pembuangan di Boven Digoel, Papua.

Oleh. Joni Apero

Editor. Selita. S.Pd.
Palembang, 5 Januari 2020.

Sumber: Syahbuddin Mangandaralam. Apa dan Siapa Bung Hatta. Jakarta: Rosda Jayaputra. Tanpa tahun terbit.

By. Apero Fublic

1/03/2020

Kecepek. Senjata Api Tradisional Masyarakat di Indonesia dan Asia Tenggara

Apero Fublic.- Masyarakat Indonesia selama ini hanya mengetahui senjata tradisional di Indonesia hanya berupa senjata-senjata biasa yang belum maju. Seperti tombak, pedang, keris, golok, panah, pisau, rencong, kujang, dan masih banyak lagi lainnya. Karena setiap daerah di Indonesia selalu memiliki senjata tradisional. Sesungguhnya masyarakat Indonesia juga memiliki senjata api tradisional, yang dinamakan Kecepek. Generasi muda sekarang sebagian besar tidak tahu dan tidak mengenali jenis senjata api tradisional Indonesia.


Saat menonton film-film, membaca buku yang bercerita tentang perang dengan Belanda, Inggris, Portugis, atau perang antar wilayah di Nusantara. Orang Indonesia selalu digambarkan hanya memiliki senjata tradisional manual, seperti pedang, tombak, panah, bambu runcing. Padahal orang Indonesia sejak abad ke 15 sudah ada senjata api tradisional, kecepek.

Selain bedil kecepek, ada juga meriam-meriam di benteng atau di kapal-kapal laut. Kapal-kapal orang Indonesia tidak kalah dengan kapal-kapal Asing. Kekalahan orang Indonesia karena penghianat-penghianat dari dalam. Perebutan kekuasaan antar pemimpin berlanjut dengan perang saudara. Kalah, bukan karena bodoh dan primitif.

Belanda menerapkan politik adu domba atau politik belah bambu. Satu kelompok ditekan dan satu kelompok dibantu. Setelah itu yang dibantu diserang dari belakang. Baik itu diserang dengan senjata atau dengan intrik politik. Belanda menguasai daerah tidak bersamaan. Tapi berangsur-ansur, misalnya Aceh hanya 40 tahunan di kuasai Belanda.


Masyarakat dunia menemukan sejenis senjata api tradisional, meriam. Meriam adalah prototipe senjata api pertama yang dibuat manusia. Dengan alasan ingin memiliki senjata yang dapat menembak lebih ringan, serta dapat dibawak kemana-mana. Maka manusia memunculkan ide membuat meriam lebih kecil, dinamakan meriam tangan. Ukuran sebesar bambu betung atau sedikit lebih besar.


Seiring waktu meriam tangan berkembang dan berubah menjadi bedil. Karena manusia ingin yang lebih praktis lagi terutama saat perang dan berburu. Dapat menembak dengan akurat dan terorganisasi, ringan. Maka inovasi meriam tangan berubah menjadi senjata api tradisional atau bedil. Bedil merupakan prototive kedua dari perkembangan senjata api yang kita kenal sekarang.

Pada masa kesultanan-kesultanan senjata api tradisional adalah komoditas perdagangan (abad 15-19 M). Tentu pada masa itu, bedil termasuk barang mahal. Pihak kesultanan, para bangsawan dan prajurit-prajurit memiliki senjata tradisional tersebut. Banyak juga masyarakat biasa yang memiliki. Mereka membeli dari pedagang-pedagang Cina, Jepang, Inggris dan lainnya. Baik membeli senjata sudah jadi atau berupa pipa besi untuk senjata api tradisional.


Kemudian senjata api tersebut ditiru oleh penduduk lokal Indonesia. Dengan membuat tipe senjata api tradisional sendiri. Tapi memiliki kualitas yang sama dari produksi orang luar. Penduduk membeli pipa besi dari pedagang untuk merakit sendiri. Pipa bedil yang siap pasang. Penduduk tidak perlu lagi modipikasi. Seperti membuat lobang picu atau menyumbat salah satu ujung pipa dengan tima.


Oleh karena itu, di Nusantara dan Asia Tenggara umumnya berkembang senjata api tradisional Kecepek. Di Indonesia berkembang corak asli aliran senjata api tradisional Indonesia. Ukuran pipa besi seukuran jari telunjuk manusia. Panjang pipa kurang lebih satu meter. Ukuran yang disukai satu setengah meter. Karena bentuk ukuran pipa yang ideal. Ukuran tersebut tidak terlalu panjang untuk dibawak-bawak kemana-mana di dalam hutan. Pipa panjang memiliki tenaga dorong kuat untuk peluru.


Penduduk kadang  membuat kecepek dari pipa ranjang kuno. Pada lobang pipa belakang di sumbat dengan tima. Caranya, timah dipanaskan dan mencair lalu dituangkan sampai kurang lebih sepanjang 30 cm. Bagian yang disumbat diletakkan pada gagang kayu. Fungsi sumbatan untuk menutup lobang pipa dan menahan mesiu. Sekaligus menciptakan landasan dorong peluru dan tekanan udara.

Berjarak 5 cm dari sumbatan pipa. Dibuat lobang sebesar jarum. Istilah penduduk menyebutnya, lobang pusat. Dari samping gagang dipasang pemantik atau pelatuk. Pelatuk terhubung ke pemicu bagian bawah gagang. Saat pemicu diraih maka pelatuk akan memukul tepat diatas lobang kecil. Sehingga tercipta pijaran api yang masuk melalui lobang kecil dan menyambar mesiu yang ada di dalam pipa. Saat itulah ledakan terjadi dengan asap yang mengepul dari ujung pipa.


Dalam pembuatan gagang atau rumah-rumah kecepek. Penduduk memilih kayu-kayu berkualitas. Terutama kayu-kayu yang berwana indah seperti kayu sungkaileban, dan lainnya. Pipa dan gagang disatukan dengan sejenis plat tipis yang melingkar dan dipaku pada gagang kayu. Di ujung gagang tepat sejajar dengan pipa kecepek, dibuat lobang untuk menempatkan palasak. Palasak terbuat dari besi kecil memanjang. Kalau sekarang seperti behal besi bangunan ukuran 6 ks. Panjang palasak sedikit lebih panjang dari pipa agar memudahkan saat pengisian kecepek.

Palasak alat pelengkap kecepek untuk pengisian. Palasak berfungsi untuk mendorong racikan mesiu. Karena racikan mesiu perlu dipadatkan dengan inal. Agar mesiu, peluru tidak tertumpa. Inal juga berfungsi untuk menciptakan tekanan dan ledakan. Tanpa inal tidak akan terjadi ledakan. Inal menjadi pengunci api mesiu saat dipantik dari atas pipa. Inal terbuat dari sobekan-sobekan sabut kelapa.


Ukuran pengisian mesiu dibuat dari potongan bambu yang seukuran dengan lobang pipa bedil kecepek. Panjang disesuaikan menurut pemilik, antara 15 sampai 30 cm. Penduduk menamakan dengan mentron. Senjata moderen sama dengan selonsong peluru namanya. Satu kali mengisi dituangkan beberapa mentron mesiu. Untuk peluru terbuat dari tima yang dibulatkan atau bulat panjang. Peluru dimasukkan setelah mesiu. Lalu dipadatkan dengan sabut kelapa (inal). Semakin erat inal maka akan semakin kuat dorongan peluru keluar.


Biasanya penduduk membuat sejenis keranjang kecil untuk wadah peralatan mesiu kecepek. Terbuat dari anyaman rotan atau anyaman bambu. Mesiu masyarakat lokal menyebutnya obat. Terbuat dari sejenis senyawa kimia dan bubuk arang. Bubuk arang kayu yang ringan dicampur bahan tersebut, lalu diapanaskan di dalam wadah penggorengan, misalnya kuali. Mesiu tradisional ini harus sejuk dan terjaga dari kelembaban.


Senjata kecepek tersebar luas di tengah masyarakat. Karena pada masa Kesultanan-kesultanan, harga bedil sangat mahal. Maka masyarakat petani berinisiatif membuat sendiri senjata tradisional kecepek. Sehingga masyarakat di Pulau Sumatera dan Kalimantan pada umumnya memiliki senjata kecepek.

Senjata kecepek paling banyak dan populer di provinsi Sumatera Selatan. Dibawah tahun 2000 hampir setiap rumah memiliki senjata api tradisional kecepek. Bahkan sampai sekarang dipedalam-pedalaman senjata api tradisonal kecepek masih digunakan penduduk untuk menjaga ladang, kebun dari gangguan hama babi. Karena mayoritas muslim membuat babi hutan sangat banyak hidup di dalam kebun-kebun karet, hutan-hutan.


Manfaat senjata api tradisional kecepek dari dahulu samapai sekarang tetap. Penduduk menggunakan senjata api tradisional kecepek untuk menjaga diri dan menjaga ladang. Karena penduduk di Pulau Sumatera dan Kalimantan mata pencahariannya berladang. Mereka harus berhadapan dengan harimau, beruang, dan ular piton besar. Maka senjata kecepek menjadi kebutuhan untuk bertahan hidup. Senjata kecepek juga dijadikan senjata berburu.

Kadang senjata kecepek ada yang menggunakan untuk kejahatan. Misalnya merampok atau membunuh orang. Namun biasanya apabila masyarakat telah menembak seseorang. Biasanya yang ditembak itu orang jahat dan mengganggu kehidupan mereka. Tahun delapan puluhan pernah terjadi gariti harimau atau krisis harimau. Dimana serangan harimau sangat tinggi. Sehingga penduduk harus memburu harimau. Kecepek menjadi senjata andalan masyarakat dalam mempertahankan diri.

Pada masa perang kemerdekaan, kecepek juga menjadi senjata andalan menghadapi penjajah. Banyak penembak gelap dengan kecepek. Di Sumatera Selatan ada tiga jenis atau tipe senjata kecepek. Jenis pertama kecepek pipa 38. Jenis senjata kecepek besar yang sangat mengerikan. Kedua, jenis kecepek pipa kipas kuat. Jenis ini ukuran pipanya lebih kecil dari jenis pipa 38.

Tapi kekuatan terjangan peluru dua kali lipat jenis pipa 38. Jenis ketiga yaitu pistol kecepek. Atau kecepek pipa pendek dengan jangkau peluru 50-an meter. Senjata api tradisional kecepek satu kali menembak dan diisi kembali. Lama pengisian antara lima sampai sepuluh menit tergantung keahlian pemiliknya.

Pemerintah dan aparat penegak hukum tidak perlu khawatir dengan keberadaan senjata kecepek di tengah masyarakat. Senjata ini sudah menjadi budaya bagi masyarakat pedalaman. Mereka menggunakan untuk kepentingan pertanian. Sekarang sedikit demi sedikt senjata api kecepek mulai hilang. Penduduk mulai tidak lagi peduli dengan kecepek.

Hanpir habisnya harimau di hutan-hutan membuat senjata ini tidak lagi begitu diperlukan. Pemerintah baiknya membuat sebuah musium kecepek. Sehingga masyarakat yang ingin menyerahkan senjata tradisionalnya dapat ditampung. Lalu menjadi bagian koleksi senjata tradisional Indonesia, tempat wisata. Sesungguhnya penduduk banyak yang ingin menyerahkan senjata kecepek mereka. Tapi mereka takut nanti berurusan dengan hukum, maka masih banyak yang menyimpannya.

Di kawasan Pulau Sumatera dan Kalimantan kecepek di digunakan penduduk di daerah pedalaman, misalnya suku anak dalam dan di petalangan. Di daerah yang sudah maju penduduk tidak lagi menyimpan kecepek karena kesadaran mereka. Mereka memusnakan atau senjata kecepek rusak tidak terawat lagi.

Oleh. Joni Apero.
Palembang, 4 Januari 2019.
Sumber foto kecepek Internet.

Sy. Apero Fublic

1/02/2020

Laporan Internasional: Gejolak di Xinjiang dan Akar Permasalahannya

Apero Fublic.- Agama Islam sudah hadir di Cina sejak 1400 tahun yang lalu. Menurut catatan Islam sampai pada tahun 618 Masehi, semasa pemerintahan Dinasti Tang.[1] Sahabat Rasulullah SAW  yang datang langsung berdakwah diantaranya,  Saad bin Abdul Qais, Qais bin Abu Hudhafah, Urwah bin Abi Uththan dan Abu Qais bin Al-Harits.

Dari mereka dakwah Islam yang dilanjutkan para pedagang dan mubaliq lokal terus berkembang. Sehingga melahirkan lebih dari 136 juta umat Islam di seluruh dataran negara Cina. Namun Pemerintahan Cina menutupi jumlah umat Islam yang sebenarnya untuk kepentingan politik mereka. Sebut saja misalnya pada tahun 1990 Pemerintah Cina menyebutkan jumlah umat Islam hanya 17 juta saja.

Namun L. Stoddard memberi penjelasan, bahwa jumlah umat Islam setelah pemadaman pemberontakan di Turkestan dan Yunan  tahun 1870 Masehi berkurang sangat drastis. Setelah pembunuhan-pembunuhan yang mengerikan oleh Pemerintahan Tiongkok. Sekarang kaum muslimin Tiongkok hanya tiggal 10 juta saja.[2] Dari keterangan buku tersebut yang terbit pertama tahun 1921 jumlah umat Islam di Cina tersisa 10 juta. Kemudian tahun 1990 apakah wajar jumlah hanya 17 juta saja. Kecuali kalau ada pembantaian masal yang berkelanjutan pada masa Komunis. Itulah para analis memperkirakan sekarang (2019) jumlah umat Islam Cina sudah jauh lebih besar.

Muslim Uyghur adalah kelompok masyarakat Islam Cina terbesar kedua setelah etnis Hui, mereka mendiami wilayah Xinjiang (Turkistan Timur) sudah ribuan tahun lampau.[3] Di dalam perjalanan sejarah wilayah ini pernah memerintah dataran luas Asia Tengah termasuk memerintah seluruh Cina, India, Rusia, Eropa dan Timur Tengah. Zaman kemudian berbalik orang Cina yang menguasai masyarakat Xinjiang. Berikut tiga pokok masalah Xinjiang yang rumit.

1. Permasalahan Sejarah
Masyarakat Xinjiang atau Turkistan Timur memiliki sejarah besar pada masa-masa lampau. Nenek moyang mereka adalah kelompok suku petarung yang ulung. Mereka memiliki sejarah-sejarah penaklukan-penaklukkan. Suku Uyghur bangsa yang ganas dan sangat suka berpetualang berperang. Mereka keturunan penakluk-penakluk dunia. Seperti Jengis Khan, Kubilai Khan, Hulagu Khan, Timur Leng, Kaisar-Kaisar Mongol. Atilah yang terkenal adalah salah satu nenek moyang dari orang-orang di daerah Xinjiang ini.[4]

Wilayah ini dahulunya adalah wilayah tanpa tuan, masyarakatnya dipimpin oleh Khan-khan yang merdeka. Khan gelar pemimpin persatuan kepala suku. Sampai munculnya kekuatan komunis di Rusia dan bangkitnya komunis di Cina. Wilayah khan-khan ini kemudian dianeksasi oleh kedua kekuatan besar tersebut. Sehingga menjadi dua kawasan wilayah, Turkistan Timur dikuasai Cina. Sedangkan Turkisatan Barat oleh komunis Rusia. Masyarakat yang sudah hidup merdeka ribuan tahun kemudian harus tunduk pada satu kekuatan politik.

Permasalahan Uyghur sudah sangat lama bagi Cina. Penguasaan Cina dan aneksasi Rusia di daerah Xinjiang telah membuat penderitaan berkepanjangan di kawasan ini. Seperti pada tahun 1933 Masehi penduduk Xinjiang memberontak dan memproklamasikan Republik Turkistan Timur. Ketika kaum Komunis Cina memenangkan perang melawan Kaum Nasionalis. Mereka kembali menganeksasi Xinjiang. Pada tahun 1949 Xinjiang kembali dikuasi Cina Komunis dan menghapus Republik Turkistan Timur.

Kemudian ada exsodus suku Kazakh kurang lebih 40.000 orang membawa semua ternak mereka. Dalam perjalanan mereka diserang dan di bombardir oleh pesawat komunis Rusia. Sehingga tinggal 8.500 saja yang hidup. Kemudian sepanjang jalan mereka terus diburu pasukan komunis Cina. Ditambah cuaca yang tidak bersahabat. Dari 8.500 muslim Kazak yang tersisa berhasil mencapai Kasmir hanya sekitar 3.000 orang. Kemudian beberapa tahun kemudian pelarian dari penguasaan komunis cina berlangsung. Sekitar 19 ribu orang Kazak di Xinjiang pergi menuju Turki. Tapi yang sampai ke Turki hanya 400 orang saja.[5]

Wilayah Xinjiang yang terus bergolak sudah lebih dua abad lamanya, sampai sekarang. Pergolakan sejak masa-masa, dinasti Manchu. Berlanjut sampai Pemerintahan Komunis Cina sekarang. Pergolakan Muslim sedikit terhenti semasa Pemerintahan Demokrasi Cina. Permasalahan yang paling kental adalah pertarungan paham komunis dan Islam. Ketahanan dan militannya orang-orang Xinjiang berlanjut. Begitupun dengan saudara mereka muslim Turkistan Barat pada umumnya tidak menyerah menghadapi Komunis Rusia. Sampai terbentuk negara-negara Islam Asia Tengah setelah runtuhnya Uni Soviet. Seperti Republik Kazakhstan, Usbekistan, Tajikistan, Kirgistan.

Sejarah panjang telah membentuk identitas muslim Uyghur. Mereka punya akar sejarah yang tidak dapat dihapus. Walau di hapus di Cina namun wilayah lain di dunia telah mencatatnya. Mereka yang telah ditempa oleh sejarah akan menjadi sangat kuat. 

Pada awal Dinasti Manchu belum terjadi pergolakan. Tapi ketika dinasti Manchu Xinjiang mulai mengganggu Islam pergolakan terjadi. Berawal dari larangan membangun masjid, melarang kaum muslimin berangkat haji, melarang ulama masuk Cina. Terjadi pergolakan selama 107 tahun di daerah Xinjiang (1782-1889). Dinasti Manchu menumpas ganas, membantai penduduk desa-desa kecil yang mereka temui.

Menurut keterangan Kolonel Bell, akibat perang-perang tersebut telah mengurangi populasi Muslim daerah Xinjiang yang diperkirakan sekitar 15.000.000 orang. Hanya tersisa 1.000.000 orang saja. Beberapa waktu kemudian penduduk Khokand dengan 40.000 orang berhasil menguasai keadaan, Yaqub Khan. Membebaskan kota-kota di daerah Xinjiang dan menjadikan Xinjiang di bawa kekuasaannya.

Kemerdekaan kemudian diakui oleh Rusia pada tahun 1872 dan diikuti Sultan Turki dan Inggris. Ditahun 1877 kembali peperangan terjadi memperubutkan Xinjiang. Dinasti Manchu mengirim jendral Tso Chung Tang dengan kekuatan 100.000 prajurit. Kekalahan disebabkan Rusia menghianati perjanjian dan membantu Cina. Kemudian Yaqub Khan diracuni oleh penghianat. Selama dinasti Manchu terjadi 490 pemberontakan kaum muslim Cina. Kemudian terjadi revolusi demokratis tahun 1911. Pemerintahan demokratis Cina ini membuat kedamaian di dataran Cina. Kaum muslimin mendapat kedudukan dan perlakuan yang sama dari orang Cina non-muslim lainnya.

Terdapat lima golongan besar masa demokratis, Tibet, Mongol, Manchu, Han, dan Muslim.[6] Orang-orang Muslim Cina menempati kedudukan tinggi negara. Seperti Jendral Omar Pei Chung-hsi yang menjadi Kepala Stapf Umum Angkatan Darat-Laut-Udara Tiongkok. Pada tahun 1912 Ma Lin Yee seorang Muslim dari Hunan diangat menjadi Mentri Pendidikan.[7] Suasana demokratis terus bergolak dengan ideologi Komunisme-Leninisme. Hingga akhirnya komunis berkuasa dan keadaan kaum muslim kembali berubah. Namun walau dizaman demokratis ini. Ketika politik tidak menentu. Daerah Xinjiang tetap kemvali memberontak dan masyarakat mendirikan Negara Republik Turkistan Timur (1933). Proklamasi kemerdekaan kedua Xinjiang.

2. Kesukuan dan Budaya
Orang-orang Uighur mereka merasa berbeda dengan orang Cina. Kehidupan yang lebih dipengaruhi kebudayaan Asia Tengah. Bentuk fisik yang berbeda dari orang Cina pada umumnya. Kehidupan yang bebas kelompok suku-suku yang tidak bertuan dalam waktu yang lama. Kemudian mereka sekarang pada masa moderen memiliki tuan yang harus dituruti dengan ketat.

Orang Uyghur memiliki bahasa yang berbeda dengan bahasa Cina pada umumnya. Suku Uyghur kalau di Asia Tenggara sama seperti orang Melayu. Dimana tradisi kehidupan sangat kental dengan Islam. Bahasa mereka serumpun dengan bahasa Turki (Turko-Altaic). Mereka juga lebih dekat dengan ras Asia Tengah. Telah memiliki sejarah sejak 300 tahun sebelum Masehi. Cara berpakaian mereka berwarna warni dengan warna mencolok. Kaum laki-laki memakai jubah panjang, celana besar, bersepatu boot. Kaum wanita memakai gaun dan rok dengan jaket tanpa lengan yang dipadukan dengan baju. Memakai topi bersegi empat empat bernama duopa dengan hiasan sulaman dan berjahit tampal.[8]

Setelah Suku Uyghur yang mendiami wilayah Xinjiang adalah suku Kazakh. Suku kazakh sama dengan orang Kazakhtan di Turkistan Barat. Ciri fisik mereka, berambut kemerahan, bermata biru, dan wajah cantik. Menurut perkiraan etnis Kazakh sudah mendiami Xinjiang atau Turkistan Timur sejak abad ke dua sebelum Masehi. Kemudian etnis Muslim DongXiang mereka mendiami wilayah Xinjiang dan Gansu. Mereka berbahasa Altaic Mongolia. Kata Dongxiang berari Kampung Timur.

Mereka menyebut dirinya dengan Santa.[9] Kemudian ada kelompok Kirghis yang juga sama suku Kirghistan. Lalu suku Tajik yang juga mendiami wilayah Xinjiang dan sama dengan orang Tajikistan. Mereka penganut syiah sama seperti di Tajikistan dan Iran. Bahasa mereka juga bahasa pengaruh Parsi. Kemudian etnis Usbek juga sama dengan saudara mereka di Usebekistan di Asia tengah atau bagian dari Turkistan Barat dahulu dikuasai Komunis Rusia. Kelompok terakhir adalah etnis Tatar. Mereka juga bagian dari etnis Tatar di Rusia.[10]

Apabila kita melihat dari segi kebudayaan. Maka penduduk Xinjiang memang berbeda dari penduduk Cina. Wilayah kebudayaan Xinjiang atau Turkistan Timur adalah wilayah kebudayaan Asia Tengah. Xinjiang secara geografis memang masih masuk geografis wilayah Asia Tengah. Perbedaan kemudian menjadi sangat kontras ketika Pemerintahan Komunis-Leninisme Cina berkuasa. Dari sini kita juga dapat mengerti mengapa Pemerintah Komunis Cina memindahkan etnis Han ke daerah Xinjiang untuk mengimbangi jumlah penduduk dan menduduki secara politis.

3. Kesalahan Pendekatan Pemerintahan Cina
Agama Islam sesungguhnya tidak bermasalah dengan jenis pemerintahan apapun. Tetapi Islam selalu digunakan sebagai bahan bakar untuk tujuan tertentu. Islam sebagai agama selalu mengajarkan kebaikan dan perdamaian. Komunitas Muslim Hui yang menjadi komunitas terbesar hidup damai dengan Pemerintah Cina.

Muslim Hui yang memakai mazhab Syafiih. Selain itu, mereka juga merasa orang Cina tulen. Sehingga mereka tidak ada alasan melawan apalagi berperang. Dari pokok sejarah dan budayalah masyarakat Xinjiang merasa berbeda dengan orang Cina lainnya. Sehingga mereka terus melakukan perlawanan berabad-abad. Kalau melihat Muslim Hui, muslim Yunan menunjukkan Islam tidak bermasalah dengan Pemerintahan Cina sekarang. Beberapa aspek kesalahan Pemerintahan Cina dalam mendekati masyarakat Xinjiang. Berikut empat kesalahan kebijakan dan pendekatan oleh Pemerintahan Komunis Cina.

I. Revolusi Kebudayaan
Untuk melawan paham komunis Muslim Xinjiang menggunakan agama Islam untuk kekuatan dan penentangan terhadap doktrin komunisme. Komunisme sangat bertentangan dengan keislaman. Revolusi kebudayaan yang dilakukan oleh komunis Cina tahun 1960-an tidak dapat memadamkan Islam. Sementara kebudayaan lain dan agama-agama telah menyerah pada tangan besi komunis. Akibatnya kaum Muslimin mendapat penindasan. Serta upaya-upaya komunis untuk menghancurkan Islam. Menghapus sistem budaya masyarakat, seperti sistem Khan.

Berusaha mengubah bahasa dan semua kebudayaan masyarakat Xinjiang dengan radikal. Dari bahasa, sistem tulisan, hukum, menghapus pendidikan Islam. Membatasi jumlah masjid atau membongkar bangunan masjid. Tentu semua usaha ini akan menimbulkan perlawanan. Upaya revolusi kebudayaan untuk menciptakan Cina yang satu tanpa retak oleh budaya dan agama. Sesuai dengan doktrin Komunisme-Leninisme. Dimana menempatkan negara sebagai borjuisme baru. Manusia menjadi mesin negara, alat negara. Bukan makhluk hidup yang berbudaya dan beragama.

II. Menindas Islam
Menindas keislaman disini adalah upaya-upaya paham komunis mengikis Islam dari masyarakat Xinjiang. Seperti melarang berpuasa, melarang berhaji, tidak memberikan pendidikan Islam. Menutup sekolah-sekolah Islam dan melarang atribut keislaman misalnya jilbab. Melarang berorganisasi keislaman, menghilangkan pengadilan Islam dan sebagainya. Upaya menindas Islam untuk melemahkan perlawanan masyarakat Muslim Xinjiang. Tapi apakah program berhasil sudah 80 tahun Komunis Cina berkuasa.

III. Memindahkan Etnis Lain
Masyarakat Xinjiang merasa terancam keberadaan mereka. Dengan banyaknya perpindahan penduduk dari daerah lain membuat mereka menjadi minoritas di wilayah nenek moyang mereka. Timbul kecemburuan sosial yang melahirkan perlawanan. Kemudian terjadi kesenjangan ekonomi dan kesejahteraan. Yang membuat penduduk asli Xinjiang merasa dijajah dan di nomor duakan.

IV. Cara-Cara Tangan Besi
Cara-cara tangan besi belum pernah berhasil dalam mengendalikan manusia. Seumpama seorang anak yang nakal. Kemudian didik secara keras belum tentu menjadi sesuai harapan. Manusia memiliki sifat pembangkangan ketika dikeraskan. Saat dikeraskan akan timbul marah, dendam, kebencian dan perlawanan. Jiwa manusia memerlukan tempat berlabu dalam menenangkan jiwa yang terus bergolak. Cara-cara tangan besi ada baiknya dirubah menjadi cara-cara berbudi luhur. Contoh tangan besi seperti memenjarakan imam masjid. Memenjarakan orang yang tetap puasa di bulan ramadhan. Menghilangkan nyawa orang yang dianggap memberontak. Membuat kamp konsentrasi tawanan, dan lainnya.

Pemerintahan Cina mengira dengan menindas Islam mereka akan mampu memadamkan api perlawanan masyarakat Xinjiang. Sehingga bermacam-macam program mereka untuk menghancurkan Islam. Berharap dengan hancurnya Islam maka akan berakhir perlawanan. Namun perlawan masyarakat Xinjiang terus berlanjut walau Islam ditindas. Karena akar masalah bukan pada  Islam. Tapi pada sejarah, ras dan kebudayaan. Kalau permasalahan Islam cukup diberikan kemerdekaan beragama sudah cukup.

Pemerintah Cina menindas Islam adalah kesalahan kebijakan tidak tepat sasaran. Sebab Islam hanya menjadi bahan bakar bagi perlawanan masyrakat Xinjiang. Bukan hanya di dalam negara Cina khususnya di Xinjiang. Penindasan terhadap Islam juga menjadi bahan bakar di luar negara Cina. Dapat kita saksikan sekarang, Amerika Serikat memantik bahan bakar itu. Kemudian banyak umat Islam yang tersulut dan berdemolah di seluruh dunia. Ada baiknya pemerintah Cina mulai menggandeng negara-negara Islam untuk menyelesaikan masalah Uyghur.

Agama Islam hanya diselesaikan oleh orang Islam. Hindari menegarakan manusia seperti selama ini. Tapi negara membentuk kesatuan dengan rakyat. Memberikan hak sosial budaya dan kemerdekaan beragama. Pemerintah Cina dapat berunding dengan tokoh muslim dunia terutama ulama Indonesia. Kemudian menjadi mediasi dalam perdamaian. Menjadi peninjau dalam pelaksanaannya. Para ulama dapat bermusyawara untuk menyadarkan masyarakat Xinjiang. Tapi Cina lebih suka memvangun kamp kosentrasi. Lalu menjejalkan paham komunisme-Leninisme. Beberapa waktu lalu Taliban datang menemui ulama Indonesia. Itu menunjukkan adanya kepercayaan pada Ulama-ulama Indonesia.

Sebagai pendukung rekonsiliasi Islam dan Pemerintah ada baiknya muslim Uyghur dan Pemerintah Cina untuk saling bijaksana. Pemerintah Cina memberikan hak-hak beragama dan berbudaya, pendidikan sesuai dengan Islam. Memberikan otonomi khusus, memiliki pengadilan agama Islam, dan pemimpin wilayah orang Islam. Menghidupkan bahasa asli, sistem Khan juga dikembalikan sebagai bentuk penghormatan kebudayaan.  Pemerintah Cina mendapat pengakuan atas wilayah Xinjiang atau Turkistan Timur bagian dari Republic Rakyat Tiongkok.

Kalau masyarakat merasa tidak terancam exsistensi mereka. Tidak semuanya akan mendukung pemisahan diri atau pemberontakan. Tapi kalau semuanya ditindas. Dibuat program mengkomuniskan pahan hidup masyarakat Xinjiang. Maka ini tidak akan pernah menemukan titik temu antara Islam dan Komunis.

Pemerintah Cina mulailah belajar dari sejarah, belajar dari Rusia yang menjadi kiblat mereka dahulu mendapatkan paham komunis. Rusia sudah memberikan semua hak muslim dan menghidupkan budaya etnis Muslim. Sehingga semua pemberontakan Muslim di Rusia beransur-ansur berakhir dengan sendirinya. Rusia sekarang sudah memasuki  masa tenang dan damai. Seperti pemberontakan Muslim Chenya, Muslim tatar Sudah surut dan berakhir di Rusia.

Karena peperangan, kekerasan dan kekacauan tidak pernah melahirkan kemajuan selain kehancuran. Kerugian di kedua belah pihak. Kehidupan muslim di Xinjiang yang hancur dan negara Cina yang terus bergejolak. Masyarakat Xinjiang menjadi terbelakang dan terpuruk. Lebih baik bekerja sama, antara Muslim Xinjiang dan Pemerintah Cina.

Untuk terciptanya kemajuan di wilayah Xinjiang. Energi besar seharusnya digunakan pada hal-hal positif bukan hal-hal yang berbau perang dan perlawanan. Bukankah sudah lebih dua ratus tahun wilayah Xinjiang bergolak terus. Semuanya di atasi dengan kekerasan dan pembantaian. Apakah semua itu dapat menyelesaikan masalah sampai sekarang?. Begitupun rakyat Xinjiang apakah itu menyelesaikan masalah.

Untuk muslim Xinjiang berjuanglah dengan cara-cara moderat. Tinggalkan cara-cara tradisional dan bergeraklah pada bidang ekonomi, kebudayaan, pendidikan, dan dakwah. Karena kalian memiliki tugas dakwah untuk seluruh Cina. Belajarlah dari perjanjian hudaibiyah semasa Rasulullah SAW. Karena Islam adalah masa depan Cina yang akan menggantikan Kong Hu Cu dan Komunisme. Sebab bangsa Cina selalu membutuhkan kekuatan dari dalam untuk menegakkan Imperium besarnya.

Saya rasa pemerintah Indonesia dan negara Muslim lainnya tidak salah membantu Cina dalam masalah Uyghur. Disamping kerja sama ekonomi, teknologi. Jangan pula kita ikut skenario Amerika Serikat yang berkepentingan menjatuhkan Cina. Tapi membantu bersifat mediasi damai dan kemanusiaan. Kalau pemerintah tidak mau turun langsung. Bisa melalui tangan para ulama-ulama, organisasi keislaman. Bukan membatu bersifat politis yang bertentangan dengan piagam PBB. Sekian semoga bermanfaaf. Aminnnnnnn.

Oleh. Joni Apero
Editor. Desti. S. Sos.
Palembang, 2 Januari 2020.

Daftar Pustaka:
Lothrop Stoddard. Dunia Baru Islam. Jakarta: Menteri Kordinator Kesejahteraan Rakyat, 1965.
Ann Wang Seng. Rahasia Sukses Muslim Cina: Kegemilangan Islam di Negeri Komunis. Jakarta: Hikmah, 2008.
Hans Kohn. Dasar Sedjarah Rusia Moderen. Terj. Hasjim Djalal. Jakarta: Bhratara, 1966.
Leo Agung. Sejarah Asia Timur. Yogyakarta: Ombak, 2012.



[1]An Wan Seng, Rahasia Sukses Muslim Cina: Kegemilangan Islam di Negeri Komunis, Jakarta: Hikmah, 2008, h. 23.
[2]Lothrop Stoddard, Dunia Baru Islam, Jakarta: Menteri Kordinator Kesejahteraan Rakyat, 1965, h. 60.
[3]Ann Wang Seng, Rahasia Sukses Muslim Cina, h. 83.
[4]Rafiq Khan, Isam di Tiongkok. Terj. Sulaimansah. Jakarta: Tintaemas, 1967, h. 55.
[5]Rafiq Khan, Isam di Tiongkok, h. 55-58.
[6]Rafiq Khan, Isam di Tiongkok, h. 14.
[7]Rafiq Khan, Isam di Tiongkok, h. 16-18.
[8]Ann Wan Seng, Rahasia Sukses Muslim di Cina, h. 83-85.
[9]Ann Wan Seng, Rahasia Sukses Muslim di Cina, h 88
[10]Ann Wan Seng, Rahasia Sukses Muslim di Cina, h 83-93.


Sy. Apero Fublic

1/01/2020

Kenali Jenis-Jenis Akun Facebook di Beranda Kita

Apero Fublic.- Kamu punya akun facebook, sudah tahu jenis-jenis akun facebook!!. Masuk jenis apa akun facebook kamu?. Facebook adalah media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di dunia. Didirikan oleh Mark Zuckerberg dan rekan-rekan di Amerika Serikat (US).

Facebook sudah sangat akrab dengan masyarakat zaman android atau smartphone sekarang. Setiap duduk santai dan waktu senggang, akun facebook selalu menjadi permainan serta pengobat kejenuhan. Sekaligus untuk mengekpresikan diri.

Mengupload momen-momen penting, dan menjadi catatan perjalanan hidup secara tidak langsung. Facebook menjadi tempat melampiaskan emosi dan sarana berkomunikasi. Berkenalan dan saling sapa melalui facebook. Bersilaturahmi dengan sahabat-sahabat dan keluarga.

Dengan adanya facebook, saat ini bukan hanya para selebritis yang dapat mempublikasikan kegiatan sehari-hari melalui media. Yang dapat dilihat oleh masyarakat luas. Tapi seluruh lapisan masyarakat yang memiliki jaringan internet dapat eksis dan disaksikan masyarakat luas.

Perkenalan antar negara dan lintas provinsi. Dalam perkembangannya jenis-jenis akun facebook muncul beragam-ragam. Tergantung dari pemilik akun masing-masing. Berikut ini beberapa jenis akun-akun facebook yang harus anda ketahui. Ambil kebaikan dan hindari keburukan. Kita hidup bersama, kebaikan-kebaikan dunia ada di tangan kita.


1. Akun Pelon (Pelacur Online)

Akun media sosial yang diistilahkan dengan akun pelon. Adalah akun-akun orang (laki-laki dan perempuan) yang menawarkan jasa mesum melalui media sosial. Baik itu tawaran mesum atau zinah secara langsung (panggilan). Atau jasa mesum lewat media komunikasi. Seperti melalui panggilan telpon atau melalui video call seks (VCS), whasApp dan lainnya.

Mereka menggunakan media sosial (facebook) untuk promosi dan menjajakan layanan seks online. Mereka berani cheating, telponan dan video call. Untuk menawarkan jasa mereka. Kalau anda suda terlanjur berteman segerah hapus pertemanan dan blokir akun pelon tersebut. Coba cek pertemanan facebook suami, istri, anak, adik, keluarga anda. Apakah ada diantara teman facebook mereka ada akun Pelon, alngsung blokir. Apabila ada konten tidak senono segera laporkan ke facebook dengan mengklik tombol titik tiga di sisi pstingan mereka.


Jangan mengkonfirmasi permintaan pertemanan facebook akun pelon.  Untuk mengenali akun pelon dapat dilihat dari foto profil latar belakang foto. Kalau bisa buka semua postingan yang diupload pada akun tersebut. Biasanya ada promo pelacur online tertulis di bawah foto profil atau di postingannya. Misalnya tertulis “Open BO dan VCS berbayar Ovo, pulsa dan uang.”

Kalau tidak tertulis promo seperti itu. Biasanya memajang foto-foto seksi di beranda. Foto profilnya dan foto latar belakang akunya foto wanita bugil dan sejenisnya. Foto yang digunakan biasanya foto-foto model. Jarang mereka menggunakan foto mereka sendiri. Nama akun mereka bukan nama yang sebenarnya.

Pertemanan akun pelon dikirim ke akun laki-laki. Setelah dikonfirmasi dia menghubungi melalui messenger. Mereka minta pulsa, dengan berbagai alasan. Minjam dan meminta uang dengan bermacam alasan, misalnya ada keperluan mendesak atau sedang terlantar. Kemudian menawarkan jasa layanan pelacur online (Pelon). Korban biasanya laki-laki yang sudah bekerja atau suami orang yang diperkirakan banyak uang.

Media sosial yang selalu dipenuhi anak-anak. Jangan sampai kita menjadi bagian dari penyebaran konten mesum tersebut. Apalagi kalau akun facebook anda sering dilihat suami, istri, tunangan, anak-anak, adik-adik anda. Sebab akan menjadi ketertarikan mereka pada akun tersebut.

Kalau mereka tertarik mereka akan meladeni pelacur online. Kalau anak perempuan, mereka akan mendapat contoh bagaimana menjadi pelon. Bagaimana kalau saudari kita yang terpengaruh dan menjadi pelon, anda setuju. Kita sendiri yang rugi, keluarga kita semua, masyarakat kita dan bangsa kita yang rusak.


Akun pelon di facebook tidak mencari sosialisasi masyarakat dunia maya. Mereka tidak berinteraksi seperti akun masyarakat pada umumnya. Mereka hanya menjajakan mesum mereka. Postingan mereka tidak jauh dari mesum dan zinah. Pelacur online cuma menambah jumlah pertemanan saja. Karena akun facebook memerlukan pertemanan untuk merambah lebih luas.

Itulah untuk menjadi pelon mereka harus memiliki cukup banyak akun pertemanan dahulu. Kalau kita tidak menerima permintaan pertemanan atau membatalkan pertemanan. Kita tidak masuk dalam jaringannya mencari mangsa. Kita yang mempunyai akal sehat baik laki-laki atau perempuan, tua atau dewasa ada baiknya memblokir atau menolak pertemanan dengan akun pelacur online.


Permasalahan akun pelon belum tahu apakah sudah ada Undang-Undang yang mengatur. Apakah sudah dapat dipidanakan atau tidak para pelakunya. Apakah masuk dalam kategori pelanggaran Undang-Undang Informasi Teknologi (IT). Namun yang jelas akun-akun pelon baik di facebook dan twitter bersileweran. Semoga pemerintah dan aparat berwenang dapat memecahkan problematika sosial ini. Ada jalan keluar yang baik untuk moral masyarakat dalam waktu jangka panjang.

2. Akun Spyghost

Diistilahkan akun spyghost karena akun ini tidak menampakkan jati diri dari pengguna. Akun ini biasanya digunakan orang-orang yang hanya untuk memata-matai saja. Di istilahkan spyghost karena akun digunakan untuk melihat-lihat akun teman dan akun orang lain. Spyghost berasal dari kosa kata dalam bahasa Inggris.

Spy bermakna mata-mata, sedangkan ghost berarti hantu. Akun spyghost mudah untuk dikenali. Lihat dari foto profil, foto latar dan biodata diri. Foto profil biasanya menggunakan foto model yang di danload dari internet. Atau menggunakan foto profil tokoh kartun, foto bunga, foto captions dan lainnya. Intinya bukan foto dirinya sendiri.


Jangan mengkonfirmasi pertemanan facebook akun seperti ini. Kalau sudah terlanjur berteman di blok saja. Biasanya dia juga memiliki akun-akun facebook lain. Akun spyghostnya hanya menyusup untuk memata-matai seseorang atau ingin mencari informasi dari pihak ketiga. Akun spyghost bisa jadi akun orang yang tidak baik juga. Misalnya akun orang yang ingin berselingkuh atau berbisnis kejahatan (pelon). Hati-hati, siapa tahu dia seorang hacker facebook atau pencari aib anda (hater).

Aksinya akun spyghost membuka sesaat dan melihat-lihat akun orang, mengecek timeline, foto-foto teman akun facebooknya. Kemudian dia menutup akun spyghostnya. Dia akan membuka sewaktu-waktu kemudian. Kerugian kita hanya memperbanyak jumlah pertemanan saja.

Tapi kita tidak mendapat teman. Berbahaya kalau dia mengintai kita. Kebiasaan kita dan sebagainya. Akun spyghost adalah salah satu penyebab dimana kita memiliki banyak teman facebook. Tapi yang like, komentar cuma puluhan saja. Membuat media sosial kita menjadi sia-sia. Tidak tercipta masyarakat sosial kita yang kita bangun.


3. Akun Islamis

Akun Islamis adalah akun yang dimiliki seseorang muslim yang sangat taat. Dimana dia tidak menampilkan foto-foto pribadi. Atau pemiliknya hanya menampilkan foto-foto dari arah belakang dengan hijab lebar dan bercadar. Kalau yang laki-laki hanya foto dari samping biasa. Tidak banyak upload foto-foto. Postingannya penuh dengan nasihat, kata-kata islami, konten keislalam, kartun muslimah. Ling ceramah dan grup-grup kajian para ulama dan ustadz.

Kemungkinan yang memiliki akun facebook ini adalah Gadis atau Bujang yang tidak mau menebar fitnah di media sosialnya. Dia sangat takut dengan dosa dan kesia-siaan. Kalau yang ini boleh berteman, sebab akunya walau kita hanya melihat postingan saja dan tidak melihat foto-fotonya.

Tapi kita tahu kalau akun facebooknya adalah akun yang baik dan aktif. Kemudian akunnya juga akan memberikan kebaikan-kebaikan nasihat. Akun facebook Islamis juga cuma satu dan dia aktif bersosialisasi di media sosial facebook miliknya. Sehingga akunya disebut akun facebook Islamis. Semoga suatu saat nanti ada aplikasi facebook syariah.


4. Akun Massa

Massa dalam bahasa Indonesia diartikan dengan sekumpulan orang yang banyak sekali di suatu tepat. Akun massa bermakna akun yang meliputi jumlah kategori terbanyak. Akun massa facebook adalah seluruh akun yang berkategori baik. Akun facebook ini adalah akun mayoritas di dunia facebook. Akun-akun ini kontras menyatu dan jujur di tengah komunitas dunia maya.

Dapat di masukkan yaitu mulai dari akun milik anak-anak, remaja, dewasa, orang yang berkeluarga, dan orang tua. Akun-akun organisasi dan akun-akun yayasan. Semua akun-akun ini adalah milik masyarskat umum yang baik dan normal. Akun massa dalam menulis status dan mengupload foto atau video selalu yang baik-baik. Membagikan post-post yang bermanfaat. Wanitanya ada yang berhijab, ada yang tidak. Tapi tetap sopan dalam meng-upload apapun.

Walau bukan muslim tapi memainkan facebook tetap sopan dan sesuai dengan ketentuan manusia normal dan berakal sehat. Ada banyak yang berdagang dan promosi usaha-usaha mereka. Akun massa adalah akun facebook yang sehat dan menjadi komunitas masyarakat umum di media sosial.


5. Akun Ancrezi

Kata ancrezi diambil dari dua suku kata, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Kata an singkatan dari kata Anjing. Sedangkan kata crezy berarti gila. Akun ancrezi berarti akun anjing gila atau akun orang yang prilakuknya seperti kelakuan anjing yang gila (pengidap penyakit rabises sosial), binatang.

Akun ancrezy termasuk akun facebook mesum. Oleh pemiliknya diupload konten fornografi, video cabul, dan forno aksi. Memuat status kotor dan mengupload foto atau video tidak senono. Biasanya foto profil dan foto latar belakangnya bergambar foto orang telanjang. Statusnya seputar berzina dan hubungan intim.

Untuk foto-foto menggunakan foto diri sendiri atau foto forno orang lain, seksi. Nama kadang disamarkan. Ada jugo menggunakan foto wanita berhijab untuk melecehkan Islam. Apakah akun ancrezi sudah diatur Undang-undang IT.


6. Akun Propaganda

Akun propaganda adalah akun-akun facebook yang selalau mengkampanyekan sesuatu. Biasanya akun facebook seperti ini banyak muncul menjelang pemilu. Baik itu pemilu skalah nasional atau skalah daerah. Isinya tentang politik, dan berkampanye. Kadang digunakan untuk mengecam lawan politik, mengecam kelompok tertentu dan sebagainya.

Akun propaganda digunakan untuk menghasut, menyampaikan ide, informasi, kampanye berpolitik. Akun ini setelah masa kampanye selesai tidak digunakan lagi. Hanya meninggalkan jumlah pertemanan saja. Terserah anda mau berteman atau tidak. Sedangkan akun propaganda jenis lain, seperti akun facebook separatis dan lainya, tertentu terus aktif dan menyuarakan gagasannya.


Cek Akun

Saat anda mendapat permintaan pertemanan cek terlebih dahulu akun tersebut. Mulai dari status-status yang pemilik akun tulis. Sebab tulisan akan menjelaskan dia orang yang berpikir atau tidak. Orang yang berpendidikan dan berkepribadian baik atau tidak. Karena pemilik akun tersebut akan tercermin dari posting-postingannya.

Kalau pada beranda halaman akunya penuh oleh foto dan video mesum, status caci maki, kata-kata kotor dan kasar. Maka akun demikian ada baiknya anda blok dan jangan terima konfirmasi pertemanan. Apalagi mengirim pertemanan pada akun tersebut. Karena secara tidak langsung saat kita berteman. Kita telah ikut menyebarkan peredaran konten dari hal-hal tidak baik tersebut. Teman mencerminkan diri kita.


Hati-hati saat membuka facebook di warnet. Jangan sampai lupa logut atau mengeluarkan media sosial anda. Jangan sampai anda menyimpan sandi setelah login. Karena disini akun anda bisa di hack dan dibajak orang. Gunakan email dan sandi yang kuat untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Bersih-bersih akun anda, membatalkan pertemanan pada akun facebook yang sudah tidak aktif selama satu tahun. Memblokir akun pelon, akun mesum dan akun spyghost.
#Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Oleh. Joni Apero
Editor. Selita. S.Pd.
Palembang, 2 Januari 2020.

Sy. Apero Fublic