Syarce

Syarce adalah singkatan dari syair cerita. Syair cerita bentuk penggabungan cerita dan syair sehingga pembaca dapat mengerti makna dan maksud dari isi syair.

Apero Mart

Apero Mart adalah tokoh online dan ofline yang menyediakan semua kebutuhan. Dari produk kesehatan, produk kosmetik, fashion, sembako, elektronik, perhiasan, buku-buku, dan sebagainya.

Apero Book

Apero Book adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi semua jenis buku. Buku fiksi, non fiksi, buku tulis. Selain itu juga menyediakan jasa konsultasi dalam pembelian buku yang terkait dengan penelitian ilmiah.

Apero Popularity

Apero Popularity adalah layanan jasa untuk mempolerkan usaha, bisnis, dan figur. Membantu karir jalan karir anda menuju kepopuleran nomor satu.

@Kisahku

@Kisahku adalah bentuk karya tulis yang memuat tentang kisah-kisah disekitar kita. Seperti kisah nyata, kisah fiksi, kisah hidayah, persahabatan, kisah cinta, kisah masa kecil, dan sebagaginya.

Surat Kita

Surat Kita adalah suatu metode berkirim surat tanpa alamat dan tujuan. Surat Kita bentuk sastra yang menjelaskan suatu pokok permasalaan tanpa harus berkata pada sesiapapun tapi diterima siapa saja.

Sastra Kita

Sastra Kita adalah kolom penghimpun sastra-sastra yang dilahirkan oleh masyarakat. Sastra kita istilah baru untuk menamakan dengan sastra rakyat. Sastra Kita juga bagian dari sastra yang ditulis oleh masyakat awam sastra.

Apero Gift

Apero Gift adalah perusahaan yang menyediakan semua jenis hadia atau sovenir. Seperti hadia pernikahan, hadia ulang tahun, hadiah persahabatan, menyediakan sovenir wisata dan sebagainya. Melayani secara online dan ofline.

8/14/2021

Update COVID-19 Muba: Bertambah 40 Kasus Sembuh, 20 Positif, 2 Meninggal Dunia

APERO FUBLIC.- MUSI BANYUASIN. Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Muba, Sabtu (14/8/2021) mengkonfirmasi penambahan 40 kasus sembuh, 20 positif, dan 2 meninggal dunia.

"Ada penambahan 40 kasus sembuh, 20 positif, dan 2 meninggal dunia per 14 Agustus 2021," ungkap Jubir Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Muba, dr Povi Pada Indarta SP P.

Povi merinci, adapun penambahan kasus positif diantaranya kasus 2687 Laki-laki 61 tahun Sekayu, kasus 2688 perempuan 45 tahun Sekayu, kasus 2689 Laki-laki 40 tahun Sungai Lilin, kasus 2690 Laki-laki 19 tahun Plakat Tinggi, kasus 2691 Laki-laki 33 tahun Sekayu, kasus 2692 perempuan 30 tahun Sekayu, kasus 2693 Laki-laki 23 tahun Sekayu, kasus 2694 perempuan 20 tahun Sekayu, kasus 2695 Laki-laki 23 tahun Lumpatan, kasus 2696 Laki-laki 20 tahun Sekayu.

"Kemudian, kasus 2697 Laki-laki 23 tahun Sekayu, kasus 2698 perempuan 27 tahun Sekayu, kasus 2699 Laki-laki 55 tahun Sekayu, kasus 2700 Laki-laki 20 tahun Sekayu, kasus 2701 Laki-laki 14 tahun Sekayu, kasus 2702 perempuan 25 tahun Keluang, kasus 2703 laki-laki 23 tahun Babat Toman, kasus 2704 Laki-laki 42 tahun Bayung Lencir, kasus 2705 perempuan 23 tahun Bayung Lencir, dan kasus 2706 perempuan 19 tahun Bayung Lencir," urainya.

"Untuk kasus meninggal dunia dialami kasus 2530 Laki-laki 82 tahun Lalan dan kasus 2573 Laki-laki 62 tahun Keluang. Keduanya telah dimakamkan sesuai prokes pemakaman COVID-19," tambahnya.

Diketahui, hingga 14 Agustus 2021 ada sebanyak 2706 kasus diantaranya 2401 kasus sembuh, 169 masih dirawat, 136 kasus meninggal dunia," urainya.

Sementara itu, berdasarkan data update Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Muba 14 Agustus 2021 tercatat ada sebanyak 429 ODP 429 selesai pemantauan 0 masih dipantau, 1.199 kontak erat 1.199 kontak selesai pemantauan 0 kontak erat yang masih dipantau, 191 PDP 0 proses pengawasan 191 selesai pengawasan. (HS).

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 14 Agustus 2021.

Sy. Apero Fublic.

8/13/2021

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Disematkan Lencana Melati oleh Kwarnas Gerakan Pramuka

Dodi Reza Dinilai Berjasa Besar untuk Gerakan Pramuka.

APERO FUBLIC.- CIBUBUR. Kontribusi besar Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA terhadap kemajuan Gerakan Pramuka kembali mendapatkan pengakuan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Setelah pada 2018 lalu Dodi Reza yang juga Kamabicab Gerakan Pramuka Muba disematkan Lencana Darma Bakti langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Tahun 2021 ini pada rangkaian HUT Pramuka ke-60, Kepala Daerah Inovatif Indonesia ini kembali disematkan Lencana Melati yang merupakan tanda penghargaan dalam gerakan Pramuka kepada seorang yang berjasa besar bagi pembinaan dan pengembangan gerakan Pramuka di daerah.

"Kalau bicara kontribusi terhadap kemajuan Gerakan Pramuka, Kakak Dodi Reza Alex ini tak perlu diragukan lagi. Oleh sebab itu, pada rangkaian HUT Pramuka ke-60 ini beliau diamanahkan untuk mendapatkan Lencana Melati," ungkap Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs Budi Waseso di sela Penyematan Lencana Melati untuk Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jumat (13/8/2021).

Menurutnya, sosok Dodi Reza tidak hanya sekedar peduli terhadap Gerakan Pramuka tetapi juga sangat aktif turut serta dalam kegiatan-kegiatan Pramuka terlebih yang bersifat sosial. "Sangat jarang ada sosok Kepala Daerah seperti ini, beliau mempunyai peranan yang sangat besar memajukan Gerakan Pramuka yang ada di Muba," tuturnya.

Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA mengucapkan Terima kasih kepada Kwarnas Gerakan Pramuka yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya untuk mendapatkan Lencana Melati.

"Terima kasih atas kepercayaan ini, semoga kami bisa terus berbuat bersama Gerakan Pramuka di Muba," ujar Ketua Umum Kamar Dagang Industri Indonesia (KADIN) Sumsel tersebut.

Ia menambahkan, Muba juga telah menyiapkan Bumi Perkemahan (Bumper) di beberapa Kecamatan di Muba. "Upaya ini dilakukan agar Gerakan Pramuka terus hadir ditengah masyarakat dan selalu memberikan kontribusi besar untuk warga masyarakat di Musi Banyuasin," tandasnya. (HS).

Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 13 Agustus 2021.

Sy. Apero Fublic

Thia Yufada Beri Bantuan Pangan untuk Warga Isoman di Kabupaten Musi Banyuasin.

TP PKK Muba Peringati HUT RI Ditengah Pandemi dengan Berbagi.

APERO FUBLIC.- MUSI BANYUASIN. Jumat Berkah dan Berbagi, suasana inilah yang tampak dilakukan oleh Ketua TP PKK Muba Hj Thia Yufada Dodi Reza yang menyerahkan sebanyak 178 paket bantuan pangan bagi warga yang sedang isolasi secara mandiri yang layak menerima bantuan di Kecamatan se-Kabupaten Muba, Jumat (13/8/2021). Bantuan tersebut, menurut Hj Thia Yufada dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 76 Tahun 2021 di Kabupaten Muba.

Kenapa dilakukan kegiatan tersebut, lanjut Thia karena memang sebetulnya kalau tidak 17 Agustus bantuan ini tetap pihaknya berikan. "Tapi kita ingat bahwa sejatinya 17 Agustus selalu disambut oleh warga dengan riang gembira dari anak-anak sampai yang tua banyak lomba dan sebagainya," ujar Wanita Inspiratif Sumsel itu.

Thia juga berharap pengertian dari masyarakat kabupaten Muba agar tetap menahan diri, sudah dua tahun tidak ada keriaan, tapi tentunya peringatan ini tetap harus kita adakan tapi lain bentuknya yaitu sekarang bentuk adalah kepedulian terhadap sesama bagi warga yang isoman.

"Bantuan pangan ini adalah hasil sumbangan pribadi dari pengurus TP PKK Muba sebagai bentuk tali asih serta support kepada Warga yang mengisolasi diri secara mandiri. Kami berharap bantuan ini dapat memberikan dampak positif bagi penerimanya," ungkap Thia.

Terakhir, Thia juga minta kepedulian warga sekitar agar tidak mengucilkan para warga yang terjangkit. Ia juga ingatkan warga agar tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

"Saya apresiasi setinggi-tingginya kepada ibu-ibu TP PKK Kecamatan, saya perhatikan pak camat dan bu camat aktif dan peduli kepada warga dengan memberikan bantuan isoman secara door to door," tandasnya.

Sementara, Ketua TP PKK Kecamatan Lais, Susriati Demoon menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan untuk warga di kecamatan Lais.

"Alhamdulillah, untuk kecamatan Lais sendiri mendapatkan 15 paket bantuan pangan untuk warga isoman. Saya mewakili warga yang isoman mengucapkan terima kasih atas kepedulian Bu Hj Thia Yufada. Kami warga Lais bangga atas perhatian dan kepedulian ketua TP PKK dan seluruh jajarannya. Semoga kebaikan yang diberikan kepada masyarakat kami dibalas Allah SWT dengan keberkahan kesehatan dan kejayaan," pungkasnya. (HS)

Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 13 Agustus 2021.

Sy. Apero Fublic

Menjelang HUT RI: Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Kukuhkan 75 Anggota Paskibraka.

APERO FUBLIC.- MUSI BANYUASIN. Langkah tegap dan serentak dengan balutan seragam rapi, dipertontonkan oleh 75 anggota pasukan pengibar bendera (Paskibra) merah-putih Musi Banyuasin. Mereka tampak sangat siap menunggu prosesi pelantikan yang dihadiri langsung Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA, Jumat (13/8/2021) di Griya Serasan Sekate.

Meskipun masih dalam masa pandemi Covid-19, berbagai persiapan tetap dilakukan menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-76.  Para anggota paskibraka Kabupaten Musi Banyuasin ini akan bertugas mengawal dan mengibarkan bendera pusaka, Sang Saka Merah Putih.

Acara pengukuhan berjalan lancar dan khidmat.  Anggota Paskibraka tahun ini berjumlah 75 orang terdiri dari 45 orang putri dan 30 orang putra yang berasal dari 15 kecamatan di Kabupaten Muba. Dalam kesempatan ini, Bupati Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA menyampaikan selamat kepada putra-putri yang terpilih menjadi anggota Paskibraka Kabupaten Muba Tahun 2021.

Menurutnya, putra-putri terpilih tersebut memiliki keistimewaan, bukan hanya sebagai pasukan pengibar bendera pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan yang ke-76 Republik Indonesia, akan tetapi mampu menunjukkan keteladanan sebagai pelajar berjiwa nasionalisme  tinggi.

"Rasa syukur karena pada hari ini, kita berada di tengah-tengah putra dan putri terbaik Kabupaten Muba yang akan mengemban tugas bersejarah sebagai Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik - detik Proklamasi 17 Agustus 2021 tingkat Kabupaten Muba,"ungkapnya.

Dodi berharap para anggota paskibraka mampu menunjukkan keteladanan sebagai pelajar yang berprestasi, disiplin, dan bermoral serta memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi.

"Saya berpesan jadilah kalian sebagai generasi masa depan yang maju dan unggul, yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta teruslah berkarya. Dan saya juga ingatkan tetap patuhi protokol kesehatan. Kalian harus jaga kesehatan dan tetap bersemangat walaupun bertugas di tengah pandemi Covid-19," tandasnya.

Senada, Kepala Dispopar Muba Muhammad Fariz SSTP MM juga berpesan agar para anggota paskibraka menjaga kesehatan dan memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Baik pelatih maupun anggota paskibraka agar senantiasa sehat, bugar saat menjalankan tugas nanti.

"Kepada adik-adik paskibraka saya ucapakan selamat menjalankan tugas mulia mengibarkan bendera pusaka merah putih, pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2021," pungkasnya. (HS).

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 13 Agustus 2021.

Sy. Apero Fublic

8/12/2021

Thia Yufada: Kreatif Ditengah Pandemi dengan Tanaman Hidroponik.

CSR Bank Sumsel Babel Cabang Sekayu Dukung Program TP PKK Musi Banyuasin.

APERO FUBLIC.- MUSI BANYUASIN. Sebanyak 80 unit sarana prasarana Tanaman Hidroponik serta 600 baju seragam diterima Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Musi Banyuasin Hj Thia Yufada Dodi Reza dari Bank Sumsel Babel Cabang Sekayu melalui program CSR Bank Sumsel Babel cabang Sekayu, Kamis (11/8/2021) di halaman Bank Sumsel Babel cabang Sekayu.

Bantuan CSR Bank Sumsel Babel cabang Sekayu ini diserahkan langsung secara simbolis oleh pimpinan cabang Bank Sumsel Babel cabang Sekayu Dedek Abdul Halim kepada ketua TP PKK kabupaten Muba Hj Thia Yufada dan Dinas Pemberdayaan masyarakat dan desa Kabupaten Muba.

Dalam kesempatan ini, Thia Yufada mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Bank Sumsel Babel cabang Sekayu atas respon positifnya telah memberikan bantuan paket hidroponik dan baju kepada TP PKK kabupaten Muba.

Menurutnya, Hidroponik ini adalah sebuah solusi untuk masyarakat luas, tidak hanya di masyarakat perkotaan, khususnya di wilayah Sekayu, tapi di pedesaan ini pun menjadi solusi.

Thia juga menerangkan bantuan yang diberikan tersebut akan disalurkan di kecamatan-kecamatan dalam wilayah Kabupaten Muba, terutama di kecamatan Lais, Sekayu, dan Plakat Tinggi.

"Hari ini, saya sangat berbahagia, berbangga terutama kepada bank Sumsel Babel cabang Sekayu atas perhatiannya yang sangat tinggi. kami ingat beberapa bulan lalu di pasar KWT pada saat itu, kita tunjukkan tanaman hidroponik vertikal ini kepada teman-teman di bank Sumsel Babel yang langsung merespon dengan sangat positif pada saat itu," ungkapnya.

Lanjut Thia, bisa dibayangkan di masa pandemi saat ini, jika setiap warga masyarakat di rumahnya punya satu saja hidroponik seperti ini, tidak perlu urusan tidak punya lahan tidak ada tanah tidak ada orang yang untuk membantu merawat dan lain-lainnya, pot seperti ini saja akan sangat terbantu masyarakat dalam hal pemenuhan kebutuhan makanan dan gizinya sehari-hari," ujarnya.

Terakhir, Thia juga ingatkan masyarakat tetap patuhi patuh terhadap protokol kesehatan (Prokes), seperti disiplin memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Pimpinan Bank Sumsel Babel cabang Sekayu Dedek Abdul Halim mengatakan bahwa pihaknya bersinergi dan mendukung program program TP PKK kabupaten Muba mensejahterakan masyarakat dan mewujudkan visi misi Pemerintah Muba maju berjaya 2022.

"Saya sampaikan disini bahwa sesuai dengan undang-undang nomor 40 tahun 2007 tentang perseroan terbatas, bank Sumsel Babel sengaja menyisihkan dan menganggarkan sebagian laba dari bank Sumsel Babel ini untuk CSR bagi masyarakat maupun lingkungan wilayah kerja bank Sumsel Babel Kabupaten Musi Banyuasin bapak ibu sekalian pada siang hari ini kami menyampaikan sebanyaknya 80 sarana dan prasarana hidroponik beserta 600 visit baju dalam rangka kegiatan jambore PKK Kabupaten Musi Banyuasin. Tentunya kami dari bank Sumsel Babel berharap apa yang kami sampaikan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi semua anggota PKK Kabupaten Muba," pungkasnya. (HS).

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 12 Agustus 2021.

Sy. Apero Fublic

Bupati Dodi Reza Fasilitasi Bantuan Hukum Warga Musi Banyuasin Bersama LPBH-NU

Resmi: Musi Banyuasin Miliki LPBH-NU.

APERO FUBLIC.- MUBA. Bupati Musi Banyuasin (Muba) yang juga Mustasyar PWNU Sumsel Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA menghadiri pelantikan pengurus Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum Nahdlatul Ulama (LPBH-NU) Kabupaten Muba di Auditorium Pemkab Muba, Kamis (12/8/2021).

"Dilantiknya kepengurusan LPBH-NU ini saya sambut baik, terobosan yang luar biasa dalam rangka memberikan perlindungan hukum bagi warga indonesia dan warga NU pada khususnya. Segera lengkapi administrasi, nanti kita buat MoU dengan Pemkab Muba, dengan begini akan menambah gerakan bantuan hukum gratis bagi warga, dan tentu LPBH-NU sebagai pilar untuk bantu warga,” ucap Bupati Dodi.

Dikatakan Dodi, Pemkab Muba dalam rangka melindungi semua warga Muba tanpa perbedaan telah banyak melakukan kegiatan kemanusiaan, penyuluhan, bantuan hukum dan sebagainya.

"Perlindungan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas dari Perda Bantuan hukum dilakukan dengan program bantuan hukum gratis melalui lembaga bantuan hukum (LBH) yang bekerjasama dengan Kabupaten Muba. Ini menjadi role model di pengadilan agama. Maka dari itu kami sangat apresiasi dengan disahkannya LPBH-NU ini yg akan menjadi mitra Pemkab Muba,"ujarnya.

Dewan Pembina GP Ansor Sumsel ini juga mengungkapkan, Pemkab Muba bukan hanya fokus pada pembangunan fisik saja tapi juga fokus pada pembangunan spiritual, rohani dan mental. Saat ini program Pemkab Muba juga fokus dengan pembinaan santri dan peningkatan mutu serta kualitas pondok-pondok pesantren di Muba. 

"Di Muba, kita juga telah mendirikan pondok pesantren yang biayanya gratis dikhususkan bagi anak-anak yatim piatu di Muba. Alhamdullilah memang pertumbuhan ponpes dalam empat tahun terakhir ini dua kali lipat menjamur, artinya gairah dari para kaum umat islam untuk membangun insan yang religius terus meningkat," terangnya

Ketua LPBH-NU Muba Fahmi SH MH mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Muba telah berkenan memfasilitasi kegiatan silaturahmi, pelantikan LPBH-NU Muba sekaligus kegiatan seminar hukum LPBH-NU Kabupaten Muba.

"Tujuan sosialisasi ini untuk memberikan edukasi tentang hukum kepada masyarakat, nantinya akan di siarkan secara streaming di youtube. Sosialisasi ini dikuti LPBH-NU di setiap kecamatan dalam Kabupaten Muba. Diharapkan menjadi bekal tambahan ilmu yang nantinya di setiap desa ada perwakilan LPBH-NU, sehinggan bisa melakukan pendampingan hukum, maupun bantuan hukum bagi rakyat," paparnya.

Ketua PCNU Muba H Muhammad Jazuli SIKom, menyampaikan dirinya memberikan dukungan penuh telah hadir lembaga hukum NU. Semoga menjadi contoh yang baik untukk lembaga yang lain.

"Dengan adanya LPBH-NU ini artinya NU berkembang,  mudah-mudahan hadirnya lembaga bantuan hukum ini kita warga nahdliyyin akan faham dengan diberikan pencerĂ han dan pengetahuan tentang hukum, serta akan mendapatkan bantuan pendampingan jika nantinya ada yang sampai terkena dengan masalah hukum " ujarnya. (HS)

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 12 Agustus 2021.

Sy. Apero Fublic

8/11/2021

Update COVID-19 Muba: Bertambah 24 Kasus Sembuh, 21 Positif, 2 Meninggal Dunia.

APERO FUBLIC.- MUSI BANYUASIN. Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Muba, Rabu (11/8/2021) mengkonfirmasi penambahan 24 kasus sembuh, 21 positif, dan 2 meninggal dunia.

"Ada penambahan 24 kasus sembuh, 21 positif, dan 2 meninggal dunia per 11 Agustus 2021," ungkap Jubir Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Muba, dr Povi Pada Indarta SP P.

Povi merinci, adapun penambahan kasus positif diantaranya kasus 2597 Laki-laki 41 tahun asal Sekayu, kasus 2598 Laki-laki 57 tahun Sungai Keruh, kasus 2599 perempuan 36 tahun Sekayu, kasus 2600 Laki-laki 43 tahun Sekayu, kasus 2601 perempuan 34 tahun Sekayu, kasus 2602 Laki-laki 58 tahun Sekayu, kasus 2603 Laki-laki 58 tahun Sungai Keruh, kasus 2604 Laki-laki 64 tahun Plakat Tinggi, kasus 2605 Laki-laki 46 tahun Sekayu, kasus 2606 perempuan 23 tahun Sekayu.

"Kemudian, kasus 2607 perempuan 28 tahun Sekayu, kasus 2608 perempuan 43 tahun Sekayu, kasus 2609 perempuan 36 tahun Lawang Wetan, kasus 2610 perempuan 26 tahun Sekayu, kasus 2611 Laki-laki 69 tahun Keluang, kasus 2612 Laki-laki 33 tahun Sekayu, kasus 2613 perempuan 20 tahun Babat Supat, kasus 2614 Laki-laki 63 tahun Babat Supat, kasus 2615 Laki-laki 52 tahun Babat Supat, kasus 2616 perempuan 56 tahun Bayung Lencir, dan kasus 2617 perempuan 61 tahun Bayung Lencir," urainya.

"Untuk kasus meninggal dunia dialami kasus 2431 perempuan usia 49 tahun asal Sungai Lilin dan kasus 2561 perempuan 57 tahun asal Lawang Wetan. Keduanya sudah dimakamkan sesuai prokes COVID-19," tambahnya.

Diketahui, hingga 11 Agustus 2021 ada sebanyak 2617 kasus diantaranya 2283 kasus sembuh, 202 masih dirawat, 132 kasus meninggal dunia," urainya.

Sementara itu, berdasarkan data update Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Muba 11 Agustus 2021 tercatat ada sebanyak 429 ODP 429 selesai pemantauan 0 masih dipantau, 1.199 kontak erat 1.199 kontak selesai pemantauan 0 kontak erat yang masih dipantau, 191 PDP 0 proses pengawasan 191 selesai pengawasan. (HS)

Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 11 Agustus 2021.

Sy. Apero Fublic

Kompak: Dua Perwira Ini Sebut Musi Banyuasin Luar Biasa

AKBP Erlin Tangjaya Sebut Musi Banyuasin Gudang Prestasi.

Pisah-Sambut Kapolres Musi Banyuasin.

APERO FUBLIC.- MUSI BANYUASIN. Dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19, Pemkab Musi Banyuasin (Muba) gelar Malam kenal pamit Kapolres Muba dari AKBP Erlin Tangjaya SH SIk kepada AKBP Alamsyah Pelupessy SH SIk MSi.

Acara yang berlangsung di Guest House Griya Bumi Serasan Sekate, Selasa malam (22/3/2018), dihadiri Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA, Ketua DPRD Muba Sugondo SH, Dandim 0401 MUBA Letkol Arh Faris Kurniawan SST MT, Kajari Muba Marcos Marudut Mangapul Simaremare SH MHum, perwakilan Ketua Pengadilan Agama dan perwakilan Ketua Pengadilan Negeri serta Sekretaris Daerah Kabupaten Muba Drs H Apriyadi MSi bersama istri masing-masing.

Pada kesempatan itu, Bupati Dodi Reza memberikan apresiasi atas dedikasi serta loyalitas AKBP Erlin Tangjaya SH SIk selama setahun menjabat sebagai Kapolres Muba. Dimata Dodi, AKBP Erlin berhasil menjaga kondusifitas dan situasi Kamtibmas di Bumi Serasan Sekate ini.

"Saya ingat betul 1 tahun seminggu yang lalu, setelah pelantikan beliau datang ke kantor saya mengenalkan diri dan bilang ke saya, Pak Bupati mohon di berikan bimbingan untuk bertugas di sini, namun terbukti tanpa bimbingan ternyata AKBP Erlin Tangjaya salah satu kapolres terbaik,"ucap Dodi.

Lanjut Bupati Dodi, "Berbagai pengungkapan kasus-kasus besar, penangkapan penyalagunaan narkoba di wilayah Muba dan juga berbagai aksi sosial telah dilakukan selama pandemi COVID-19, serta banyak inovasi yang diterapkan, terbukti masuk kategori inovasi pelayanan publik tingkat nasional, ini bukan main-main tentunya pencaian luar biasa, saya yakin adinda Erlin membawa kenangan yang baik dan akan torehkan prestasi dintempat yang baru,"pungkasnya.

Kepala Daerah Inovatif ini juga menyebutkan, AKBP Alamsyah Pelupessy ini adalah kapolres yang kelima sejak dirinya menjabat sebagai Bupati Muba. Banyak yang sudah menjabat jadi Kapolres Muba sampai sekarangpun masih saling bertemu dan saling berkomunikasi hingga silaturahmi masih terus berjalan.

"Saya lihat beliau Kapolres berprestasi di Kabupaten OKI, saya yakin Polres Muba akan dibawa beliau menjadi polres yang terbaik, dan melanjutkan apa yang sudah di canangkan dan dirintis sehingga bisa lebih baik lagi. Selamat datang kami ucapkan dengan rasa bangga, kapolres hebat dari Kabupaten OKI, kami yakin akan membawa Kabupaten Muba lebih maju lagi, semoga kerjasama dengan unsur Forkopimda lebih sinergis lagi," pungkasnya.

Bupati DRA juga menyampaikan permohonan maaf kepada Kapolres Muba yang lama dan baru, karena seharusnya acara kenal pamit ini bisa lebih meriah, mengundang banyak orang, tapi karena masih dalam pandemi COVID-19 semua harus dibatasi, sampai makan malam saja tidak disajikan demi meminimalisir terjadinya penularan, namun tidak mengurangi rasa persaudaraan.

AKBP Erlin Tangjaya SH SIk didampingi istri dalam sambutannya menyampaikan bahwa dirinya sudah bertugas di Polres Muba selama 1 tahun  seminggu. Ada suka dan dukanya, namun dirinya mengaku lebih banyak sukanya.

"Kami berterimakasih kepada Pak Dodi Reza, beliau Bupati Muba yang luar biasa, banyak terobosan yang beliau cetuskan, takjub saya karet saja bisa jadi aspal, luar biasa sekali kepala daerah inovatif ini, maka dari itu kita harus mengimbanginya," ucap Erlin.

Erlin menyebutkan selama dirinya menjabat Kapolres Muba, banyak penghargaan dari kementerian yang di raih Pemkab Muba dibawah komando Bupati Dodi Reza, salah satunya SIRENE MUBA yang merupakan inovasi pelayanan publik.

"Kami sangat terkesan dengan inovasi-inovasi di lakukan Bupati Dodi Reza. Selama kami bertugas di sini apabila ada yang kurang berkenan kami mohon maaf, kami pamit berangkat untuk pindah tugas di Polda Sulawesi Selatan sebagai Wadir Binmas," ucapnya.

Sementara itu Kapolres Muba, AKBP Alamsyah Pelupessy SH SIk MSi bersama istri menyampaikan rasa syukur malam ini telah diterima oleh Bupati Muba dan seluruh keluarga besar Forkopimda, meski ditengah pandemi banyak pembatasan.

"Saya berasal dari Ambon, istri saya dari Banjarmasin dan anak kami ada empat, sebelumnya kami bertugas di Kapolres OKI. Kesan pertama masuk ke Kabupaten Muba luar biasa, karena tadi di tengah rangkaian giat pisah sambut di Polres Muba sudah mendengarkan langsung video conference dengan Pemkab Muba, melihat inovasi-inovasi yamg dilakukan Muba luar biasa. Kabupaten Muba layak menjadi nomor satu di Provinsi Sumsel, karema segala program yang telah dilakukan termasuk penanganan COVID-19 semua sudah dikomandoi Bupati Dodi Reza dengan sukses, tinggal kita yang harus menyesuaikan," paparnya.

Alamsyah juga bersyukur Kabupaten Muba sudah level 3 PPKM, kondisi kabtimas yang aman serta inovasi layanan publik yang bagus luar biasa.

"Masuk kesini tinggal duduk manis saja, minimal kami bisa mempertahankan, saya malu jika tidak mampu mempertahankan prestasi yang lama, dengan dukungan Pemkab dan Forkopimda, kami yakin dan percaya bisa menjalankan tugas di Muba di bawah komando Bupati Dodi Reza bisa berjakan lancar," tuturnya. (HS).

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 11 Juli 2021.

Sy. Apero Fublic

8/10/2021

MUBA: Update COVID-19: Bertambah 21 Kasus Sembuh, 39 Positif.

APERO FUBLIC.- MUSI BANYUASIN. Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Muba, Selasa (10/8/2021) mengkonfirmasi penambahan 21 kasus sembuh dan 39 terkonfirmasi positif.

"Ada penambahan 21 kasus sembuh dan 39 terkonfirmasi positif per 10 Agustus 2021," ungkap Jubir Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Muba, Seftiani Peratita SS MKes.

Sefti merinci, adapun penambahan kasus positif diantaranya kasus 2558 perempuan usia 40 tahun asal Sekayu, kasus 2559 Laki-laki 71 tahun Sekayu, kasus 2560 perempuan 51 tahun Babat Supat, kasus 2561 perempuan 57 tahun Lawang Wetan, kasus 2562 perempuan 33 tahun Sungai Keruh, kasus 2563 Laki-laki 53 tahun Plakat Tinggi, kasus 2564 perempuan 65 tahun Sekayu, kasus 2565 Laki-laki 67 tahun Tungkal Jaya, kasus 2566 Laki-laki 66 tahun Sungai Lilin, kasus 2567 perempuan 36 tahun Sekayu.

"Kasus 2568 perempuan 35 tahun Sekayu, kasus 2569 perempuan 43 tahun Bintialo, kasus 2570 perempuan 52 tahun Sekayu, kasus 2571 perempuan 30 tahun Sekayu, kasus 2572 perempuan 25 tahun Babat Toman, kasus 2573 Laki-laki 62 tahun Keluang, kasus 2574 Laki-laki 26 tahun Sekayu, kasus 2575 perempuan 49 tahun Bayung Lencir, kasus 2576 Laki-laki 57 tahun Plakat Tinggi, kasus 2577 perempuan 50 tahun Plakat Tinggi," urainya.

Selain itu, kasus 2578 Laki-laki 4 tahun Sekayu, kasus 2579 perempuan 63 tahun Sekayu, kasus 2580 Laki-laki 15 tahun Lawang Wetan, kasus 2581 Laki-laki 7 tahun Lawang Wetan, kasus 2582 perempuan 33 tahun Lawang Wetan, kasus 2583 Laki-laki 10 tahun Lawang Wetan, kasus 2584 Laki-laki 16 tahun Lawang Wetan, kasus 2585 Laki-laki 49 tahun Keluang, kasus 2586 perempuan 56 tahun Sungai Keruh, dan kasus 2587 perempuan 40 tahun Sekayu.

"Lalu, kasus 2588 perempuan 45 tahun Lais, kasus 2589 Laki-laki 37 tahun Babat Toman, kasus 2590 perempuan 52 tahun Sekayu, kasus 2591 Laki-laki 70 tahun Tungkal Jaya, kasus 2592 perempuan 41 tahun Bayung Lencir, kasus 2593 perempuan 54 tahun Tungkal Jaya, kasus 2594 perempuan 33 tahun Lalan, kasus 2595 perempuan 38 tahun Sungai Lilin, kasus 2596 Laki-laki 57 tahun Lalan," ulasnya.

Diketahui, hingga 10 Agustus 2021 ada sebanyak 2596 kasus diantaranya 2259 kasus sembuh, 207 masih dirawat, 130 kasus meninggal dunia," urainya.

Sementara itu, berdasarkan data update Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Muba 10 Agustus 2021 tercatat ada sebanyak 429 ODP 429 selesai pemantauan 0 masih dipantau, 1.199 kontak erat 1.199 kontak selesai pemantauan 0 kontak erat yang masih dipantau, 191 PDP 0 proses pengawasan 191 selesai pengawasan. (HS).

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 11 Agustus 2021.

Sy. Apero Fublic

MUSI BANYUASIN: Pisah Sambut Kapolres Musi Banyuasin

APERO FUBLIC.- SEKAYU. Dengan Menerapkan Protokol Kesehatan yang sangat ketat dan peserta yang hadirpun terbatas, Polres Muba menggelar Pisah Sambut Kapolres Muba dari Akbp Erlin Tangjaya, SH, S.ik kepada Akbp Alamsyah Pelupessy, SH, S.ik, M. Si di Halaman Mapolres (10/8/2021).

Kegiatan Pisah sambut Kapolres Muba tersebut ditandai dengan penyambutan pengalungan bunga. Selanjutnya, Akbp Erlin Tangjaya, SH, S.ik dipromosikan menjadi Wadir binmas Polda Sulawesi Selatan.

Dalam kesempatan itu Akbp Erlin Tangjaya mengatakan dalam pidatonya mengucapakan ribuan terima kasih kepada seluruh anggota Polres Muba yang sudah membantu nya selama menjabat di wilayah hukum Polres Musi Banyuasin.

"Saya beserta keluarga mengucapakan ribuan terima kasih kepada seluruh anggota Polres Muba yang selama ini telah membantu Saya di Muba ini. Saya juga meminta maaf jika banyak kesalahan selama ini." Ujar Erlin.

Di kesempatan itu juga Kapolres Muba yang baru Akbp Alamsyah Pelupessy dalam pidatonya dihadapan untuk memberikan dukungan kepada nya sebagai kapolres yang baru.

"Insyallah Saya akan melanjutkan program Kapolres yang lama Dan Saya juga Mohon dukungan dari rekan rekan semua nya. Semoga kita semua sehat selalu Dan dalam perlindungan Allah Swt." Kata Kapolres Muba Akbp Alamsyah dalam sambutannya.

Harus diketahui, Tongkat komando Polres telah di sertijabkan oleh Kapolda Sumatera Selatan pada Senin di Mapolda Sumatera Selatan (9/8/2021). (HS).

Sy. Apero Fublic

KECAMATAN LAIS: Warga Serahkan Siamang Langka ke BKSDA Sumatera Selatan.

Komitmen Lindungi Hewan Langka di Musi Banyuasin.

APERO FUBLIC.- MUBA-LAIS. Satu ekor satwa liar Siamang langka yang memiliki nama ilmiah Symphalangus Syndact­ylus, diserahkan Hairul Yusama warga Dusun III Desa Lais Kabupaten Musi Banyuasin ke Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Sumatera Selatan (10/8/2021).

Hairul sudah 10 tahun merawat siamang  tersebut di rumahnya. Dia mendapatkan hewan langka itu  dari membelinya di Pasar 16 Ilir, Kota Palembang. Setelah mendapatkan informasi bahwa satwa yang dipelihara tersebut merupakan satwa yang dilindungi undang-undang. Maka dirinya menghubungi Pemerintah Kecamatan Lais untuk menyerahkan secara sukarela kepada Balai KSDA Sumatera Selatan.

Kepala Resort Wilayah II SM Dangku Gatot Supriyanto mengatakan, setelah mendapatkan informasi dari masyarakat melalui Camat Lais,  adanya hewan dilindungi pihaknya melakukan evakuasi dan observasi.

"Setelah kita evakuasi, langkah selanjutnya kita laporkan kepada Kepala Seksi Wilayah I Musi Banyuasin dan akan dikarantina di kantor resort Puntikayu," jelasnya.

Menurutnya, hewan ini adalah salah satu hewan yang dilindungi dan memiliki habitat penyebarannya dari Aceh hingga Lampung. Oleh karena itu, jika ada masyarakat yang memelihara hewan tersebut agar menyerahkan kepada pihak berwenang (BKSDA-red) untuk dievakuasi dan akan dilepas liarkan pada habitatnya.

Camat Lais, Bapak Demoon Hardian Eka Suza SSTP MSi saat dikonfirmasi mengaku, sangat mendukung hal tersebut. Dia menceritakan, bahkan sebelumnya pihaknya bersama masyarakat juga telah melepaskan ikan pari seberat 200 kilogram di Sungai Musi, Desa Teluk Kijing I, Kecamatan Lais-Muba.

"Kita sangat mendukung dalam upaya melindungi satwa-satwa langka tersebut," pungkasnya.

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 10 Agustus 2021.

Sy. Apero Fublic

8/09/2021

PPKM Darurat di Kabupaten Musi Banyuasin Turun Level

Tetap Patuhi Prokes 5 M dan 3 T, Gercarkan  Vaksinasi.

APERO FUBLIC.- MUSI BANYUASIN. Penguatan 3T (testing, tracing, treatment) di Kabupaten Musi Banyuasin berjalan sangat baik. Ini terbukti setelah sebelumnya Kabupaten Muba menjadi daerah yang melaksanakan PPKM Darurat Level IV, terhitung sejak 9 Agustus 2021 Kabupaten Muba turun level menjadi PPKM Level III berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 32 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pelaksanaan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2 dan Level 1 serta mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran Corona Virus Disease 2019.

"Penguatan 3T akan terus dimasifkan. Meski turun level kita jangan lengah, selain penguatan 3T dan tetap aktif 5 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas) juga inventarisir warga hinga ke pelosok untuk melaksanakan vaksin terus digencarkan," ungkap Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA.

Dikatakan, dengan turun level tersebut aktifitas dapat berjalan normal dan tetap mematuhi prokes. "Intinya jangan lengah, kesadaran untuk mematuhi prokes harus benar-benar ditaati demi kebaikan kita bersama," ujarnya.

Lanjutnya, untuk aktifitas perkantoran diberlakukan 75 persen WFH dan 25 persen WFO. "Untuk pelaksanaan kegiatan sektor esensial seperti Toko dan pasar Tradisional, pelaku UMKM bisa operasional 100 persen dengan tetap diatur jam operasionalnya dan penerapan prokes," jelasnya.

Dodi mengingatkan, pentingnya mengikuti pelaksanaan vaksin guna mengantisipasi penularan wabah COVID-19 yang sangat masif. "Warga saya imbau untuk ikut vaksin," ujarnya.

Dikatakan, untuk pelaksanaan vaksin Muba sudah tersebar di seluruh Kecamatan yang di fasilitasi Dinas Kesehatan, puskesmas setempat, dan stakeholder lainnya. "Sasaran target kita bisa menyentuh 462.546 warga yang mengikuti vaksin," harapnya.

Sementara itu, Kadinkes Muba dr Azmi Dariusmanysah MARS menyebutkan, capaian vaksinasi di Muba hingga Agustus 2021 mencapai 13.80 persen dari total sasaran termasuk usia 12 tahun ke atas.

"Total dosis vaksin yang sudah diterima Muba yakni sebanyak 121.220 dosis, dan hingga Agustus 2021 ini sudah 96.576 dosis vaksin yang sudah disuntikkan untuk seluruh warga masyarakat Muba," terang Azmi. (HS).

Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 10 Agustus 2021.

Sy. Apero Fublic.

Perjuangkan Vaksin Warga: Bupati Musi Banyuasin Lobi Menko Perekonomian.

Minta Tambahan Kuota dan Jatah Vaksin AstraZeneca.
Target 460 Ribu Warga, Hampir 80 Persen Warga Muba Akan di Vaksin.
Dodi Reza Tinjau Vaksinasi Warga Binaan Lapas Sekayu.

APERO FUBLIC.- MUSI BANYUASIN. Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA memastikan sebaran pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Muba disambut antusias oleh masyarakat. Bahkan, Dodi Reza telah melobi Kementerian Bidang Perekonomian untuk meminta  vaksin tambahan dan vaksin jenis AstraZeneca guna kebutuhan warga Muba.

Vaksinasi ini program nasional yang sasarannya seluruh kelompok masyarakat termasuk warga binaan di Lapas Sekayu, meski Kepala Lapas dan petugas Lapas Sekayu sudah di vaksin, tidak menutup kemungkinan warga binaan bisa terpapar virus COVID-19.

"Oleh karena itu saya minta jatah khusus vaksin dan langsung berkoordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI untuk menambah kuota  jumlah dosis di Kabupaten Muba karena memang kita dalam kondisi sangat membutuhkan vaksin. Alhamdulilah, Menteri Kesehatan memberikan vaksin sebanyak 2000 vial untuk sekitar 20.000 dosis, jenis vaksin yang diberikan yaitu AstraZeneca," paparnya di sela Pelaksanaan kegiatan vaksinasi di Lapas Kelas II B Sekayu kerjasama dengan Pemkab Muba melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Muba, Senin (9/8/2021).

Dikatakan Dodi, menurut penelitian vaksin AstraZeneca sangat efektif untuk COVID-19 varian Delta, karena varian ini menyebarnya cepat dan menyebabkan angka kasus COVID-19 melonjak. Oleh karena itu serentak di seluruh kecamatan dalam Kabupaten Muba hari ini dilaksanakan vaksin, dengan sistem jemput bola termasuk di Lapas Sekayu.

"Saya sudah minta kepada KONI segera mendata para atlet untuk dilakukan vaksin juga. Mereka  ini nanti akan berlaga di Poprov dan PON. Agar tak khawati menjadi cluster baru, nanti saat kembali ke Muba bisa jadi bahaya, maka dari itu nanti di Stable Berkuda akan dilaksanakan vaksin khusus untuk para atlet,"ucap Dodi.

Kepala Daerah inovatif ini juga menyebutkan, dirinya menargetkan sebanyak 5000 warga akan divaksin setiap harinya, jika jumlah dosisnya tercukupi. Dia yakin jika ini dilakukan,  selama tiga bulan kedepan maka Herd Immunity di Kabupaten Muba bisa tercapai.

"Ketersediaan vaksin kalau secara kovensional jatah vaksin ini dari kementerian kesehatan di drop ke Provinsi baru didistribusi ke kabupaten/kota. Oleh karena itu kita ambil jalur lobby dengan Kementerian Perekonomian, karena kondisi kita sekarang PPKM Level 4. Alhamdullilah Kemenkes langsung kirimkan vaksin Sinovac, Moderna dan juga AstraZeneca yang hari ini suntikan perdananya diberikan untuk warga binaan Lapas Sekayu,"sebutnya.

Dodi mengingatkan, pentingnya mengikuti pelaksanaan vaksin guna mengantisipasi penularan wabah COVID-19 yang sangat masif. "Warga saya imbau untuk ikut vaksin," ujarnya.

Dikatakan, untuk pelaksanaan vaksin Muba sudah tersebar di seluruh kecamatan yang difasilitasi Dinas Kesehatan, puskesmas setempat, dan stakeholder lainnya. "Sasaran target kita bisa menyentuh 462.546 warga yang mengikuti vaksin," harapnya.

Sementara itu, Kadinkes Muba dr Azmi Dariusmanysah MARS menyebutkan, capaian vaksinasi di Muba hingga Agustus 2021 sebanyak 13.80 persen dari total sasaran termasuk usia 12 tahun ke atas.

"Total dosis vaksin yang sudah diterima Muba yakni sebanyak 121.220 dosis, dan hingga Agustus 2021 ini sudah 96.576 dosis vaksin yang telah disuntikkan untuk seluruh warga masyarakat Muba," terang Azmi.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas II B Sekayu Jhonny Hermawan Gultom menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Muba melalui Dinas Kesehatan yang telah membantu melaksanakan suntik vaksin bagi warga binaan di Lapas Kelas II B Sekayu.

"Pelaksanaan vaksin hari ini bekerjasama dengan Dinkes Muba melalui tim Puskesmas Balai Agung, dengan target 350 sasaran dengan rincian 200 orang melaksanakan suntik vaksin kedua dan 150 orang melaksanakn suntik pertama, alhamdullilah sampai saat ini warga binaan Lapas Sekayu belum ada yang positif terpapar COVID-19,"ujarnya.

Salah satu warga binaan Lapas Sekayu Leo Apriansyah Simatupang (21) mengucapkan terima kasih kepada Bupati Dodi Reza yang telah memperjuangkan jatah vaksin bagi warga Binaan Lapas Sekayu.

"Alhamdullilah kami di dalam sini bisa mendapatkan jatah suntik vaksin, kami bersyukur Pak Bupati memikirkan keselamatan kami di sini. Alhamdulillah dari suntik vaksin pertama dan kedua hari ini saya pribadi dan teman yang lain tidak merasakan gejala apapun, kami semua sehat-sehat saja,"ungkapnya. (HS).

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 9 Agustus 2021.

Sy. Apero Fublic

Kabupaten Musi Banyuasin Siap Implementasi Sistem Layanan OSS.

Sekda Apriyadi Hadir Secara Virtual Peresmian Layanan OSS.

APERO FUBLIC.- MUSI BANYUASIN. Bupati Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA diwakili Sekda Drs H Apriyadi MSi hadir menyaksikan secara virtual peluncuran sistem online single submission (OSS) berbasis resiko yang diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo didampingi  Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Senin (9/8/2021) di Ruang Rapat Sekda Muba.

OSS ini merupakan sistem pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik. Seperti yang disampaikan presiden RI Jokowi, bahwa OSS berbasis risiko merupakan reformasi yang sangat signifikan dalam perizinan. Ia berharap iklim usaha di Indonesia berubah semakin kondusif hingga memudahkan UMKM untuk memulai usaha, dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

“Perizinan ini akan disesuaikan dengan tingkat risikonya. Perizinan antara UMKM dengan usaha besar tidak sama. Risiko tinggi perizinan berusaha berupa izin. Risiko menengah perizinan berusaha berupa sertifikat standar. Dan risiko rendah perizinan berusaha cukup berupa pendaftaran atau nomor induk berusaha dari OSS,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga mengimbau para pengusaha, investor dan para pelaku UMKM agar memanfaatkan OSS tersebut. "Kita akan lebih meningkatkan lagi layanan dari mudah menjadi lebih mudah yang cepat dan tidak berbelit-belit. OSS ini layanan yang super mudah. Dan yang paling penting akan menciptakan lapangan kerja yang sebanyak-banyaknya," pungkasnya.

Sementara Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menerangkan bahwa OSS berbasis risiko merupakan salah satu implementasi Undang-Undang No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UU CK).

Bahlil juga menerangkan bahwa sistem online OSS Ini sudah diuji coba pihaknya pada hari Rabu kemarin dan berhasil. Dan menurutnya dalam waktu cepat bahkan tidak sampai 10 menit usaha skala kecil yang mau memulai usaha dapat mengantongi Nomor Induk Berusaha (NIB).

Sekda H Apriyadi mengatakan bahwa Pemkab Muba menyambut baik dan siap mengimplementasikan layanan sistem online OSS tersebut.

"Pada prinsipnya, kami Kabupaten Muba sangat mensupport dan siap mensukseskan layanan ini, apalagi layanan ini sangat memudahkan perizinan usaha. Pada prinsipnya, kami Pemkab Muba sangat memprioritaskan pelayanan prima bagi masyarakat. Apalagi di tengah Pandemi Covid-19 ini, upaya-upaya akan terus kami gencarkan demi pemulihan kestabilan perekonomian di Muba,"pungkasnya. (HS).

Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 9 Agustus 2021.

Sy. Apero Fublic