Syarce

Syarce adalah singkatan dari syair cerita. Syair cerita bentuk penggabungan cerita dan syair sehingga pembaca dapat mengerti makna dan maksud dari isi syair.

Apero Mart

Apero Mart adalah tokoh online dan ofline yang menyediakan semua kebutuhan. Dari produk kesehatan, produk kosmetik, fashion, sembako, elektronik, perhiasan, buku-buku, dan sebagainya.

Apero Book

Apero Book adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi semua jenis buku. Buku fiksi, non fiksi, buku tulis. Selain itu juga menyediakan jasa konsultasi dalam pembelian buku yang terkait dengan penelitian ilmiah.

Apero Popularity

Apero Popularity adalah layanan jasa untuk mempolerkan usaha, bisnis, dan figur. Membantu karir jalan karir anda menuju kepopuleran nomor satu.

@Kisahku

@Kisahku adalah bentuk karya tulis yang memuat tentang kisah-kisah disekitar kita. Seperti kisah nyata, kisah fiksi, kisah hidayah, persahabatan, kisah cinta, kisah masa kecil, dan sebagaginya.

Surat Kita

Surat Kita adalah suatu metode berkirim surat tanpa alamat dan tujuan. Surat Kita bentuk sastra yang menjelaskan suatu pokok permasalaan tanpa harus berkata pada sesiapapun tapi diterima siapa saja.

Sastra Kita

Sastra Kita adalah kolom penghimpun sastra-sastra yang dilahirkan oleh masyarakat. Sastra kita istilah baru untuk menamakan dengan sastra rakyat. Sastra Kita juga bagian dari sastra yang ditulis oleh masyakat awam sastra.

Apero Gift

Apero Gift adalah perusahaan yang menyediakan semua jenis hadia atau sovenir. Seperti hadia pernikahan, hadia ulang tahun, hadiah persahabatan, menyediakan sovenir wisata dan sebagainya. Melayani secara online dan ofline.

5/01/2021

MUSI BANYUASIN: Update Covid-19 Bertambah 4 Kasus Sembuh dan 7 Positif.

APERO FUBLIC.- MUSI BANYUASIN. Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Muba, Sabtu (1/5), mengkonfirmasi penambahan 4 kasus sembuh dan 7 terkonfirmasi positif corona.

“Ada penambahan 4 kasus sembuh dan 7 terkonfirmasi positif Covid-19 per 1 Mei 2021,” ungkap Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Muba, Seftiani Peratita SS MKes.

Sefti merinci, adapun penambahan 7 kasus positif yakni diantaranya kasus 1282 laki-laki 27 tahun asal Desa Macang Sakti, kasus 1283 perempuan 19 tahun asal Simpang Tungkal, kasus 1284 laki-laki 39 tahun asal Lawang Wetan. “Kemudian, kasus 1285 laki-laki 12 tahun asal Lawang Wetan, kasus 1286 perempuan 18 tahun asal Lawang Wetan, kasus 1287 perempuan 62 tahun asal Serasan Jaya, dan kasus 1288 laki-laki 65 tahun asal Serasan Jaya,” terangnya.

Diketahui, hingga 1 Mei 2021 ada sebanyak 1288 kasus diantaranya 1147 kasus sembuh. Kemudian, 86 masih dirawat, dan 55 kasus meninggal dunia.

Sementara itu, berdasarkan data update Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Muba 1 Mei 2021 tercatat ada sebanyak 429 ODP 429 selesai pemantauan 0 masih dipantau, 1.199 kontak erat 1.199 kontak selesai pemantauan 0 kontak erat yang masih dipantau, 191 PDP 1 proses pengawasan 190 selesai pengawasan. (HS)

Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 1 Mei 2021.

Sy. Apero Fublic

Masjid Bambu Mir'atul Hayat: Ketaqwaan Dalam Kesederhanaan.

Apero Fublic.-
Sekayu. Jum'at, 30 April 2021, tak banyak orang yang mengetahui bahwasanya di Kabupaten Musi Banyuasin khususnya di Kota Sekayu berdiri sebuah masjid yang hampir seluruh pondasinya dibangun dari bambu.

Masjid yang sangat istimewa ini bernama Mir'atul Hayat atau dalam terjemahan Indonesianya berarti Cermin Kehidupan. Di bangun pada tahun 2005 atas inisiasi Ustad M Aryono serta dengan gotong royong warga sekitar, masjid ini awalnya hanya berukuran 4 x 6 meter persegi. Seiring perkembangan waktu sekarang masjid ini telah bertambah seluas 8 x 10 meter persegi.

Dora Eka Kembara, salah satu pengurus masjid menerangkan, "Masjid ini mewakili simbol kesederhanaan dan refleksi diri. Telah 15 tahun berdiri namun tetap mempertahankan karakter dari keinginan sang pendiri. Di sini kita punya pengajian rutin anak-anak dan dewasa. Untuk anak-anak tak kurang dari 70an santri, sedangkan dewasanya ada belasan. Kita juga punya Badan Amil Zakat dan berbagai aktivitas keagamaan lainnya di sini. Pada saat bulan ramadhan, masjid ini lebih ramai dari bulan biasanya".

Miratul Hayat barangkali adalah satu-satunya masjid atau mushola di Kabupaten Musi Banyuasin yang pondasinya menggunakan mayoritas bambu dan masih aktif hingga saat ini. Ketika penulis menanyakan alasan dibalik pemilihan nama Miratul Hayat dan bambu sebagai pondasi, Pengurus Masjid Dora Eka Kembara hanya menjawab dengan pantun:

Jangan susah mencari bilah.
Bilah itu ada di dalam bambu.
Jangan susah mencari Allah.
Allah itu ada di dalam Qalbu.

Oleh. Herdoni Syafriansyah.
Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 1 Mei 2021.

Sy. Apero Fublic

Peringatan Hari Pendidikan Nasional Ditengah Pandemi Covid-19.

Apero Fublic.- Opini. 2 Mei merupakan salah satu tanggal bersejarah di Indonesia yang mana pada tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS), dan pada tanggal itu pula lahirlah seorang pahlawan Indonesia yaitu, Ki Hajar Dewantara beliau merupakan sosok pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa atau sering disebut dengan bapak pendidikan Indonesia.

Lembaga Pendidikan Taman Siswa tersebut merupakan lembaga pendidikan pertama di Indonesia yang menjadi pencetus berdirinya suatu lembaga pendidikan yang bertujuan untuk mencerdaskan anak bangsa. Seperti diketahui sebelumnya pada masa penjajahan Belanda masyarakat pribumi (Indonesia) tidak dapat mengenyam bangku pendidikan, dikarenakan lembaga pendidikan pada saat itu hanya di peruntukan untuk orang kelas atas asli Belanda.   Hal tersebut membuat Ki Hajar Dewantara bertekat untuk mendirikan suatu lembaga pendidikan tersebut agar masyarakat pribumi dapat meraskan juga bangku pendidikan dan hal tersebut juga semata-mata dilakukan untuk melahirkan generasi yang cerdas agar dapat memajukan bangsa.

Peringatan hari pendidikan nasional lazimnya dirayakan dengan melakukan upacara bendera yang dilakukan pada setiap lembaga ataupun institusi pendidikan di Indonesia. Namun ditengah pandemi covid-19 ini maka pelakasanaan upacara hari pendidikan di tiadakan, hal tersebut dilakukan mengikuti protokol kesehatahan pemerintah untuk tidak membuat kerumunan agar meminimalisir penyebaran virus corona.

Meskipun tidak dapat melakukan peringatan hari pendidikan dengan upacara seperti tahun-tahun sebelumnya tidak mengurangi nilai atau makna dari hari pendidikan itu sendiri.  Karena upacara bendera tersebut merupakan suatu serimonial atau secara simbolis dalam memperingati hari pendidikan, adapun hal yang harus dilakukan pada hari pendidikan ini adalah yang pertama mendoakan para pahlawan Indonesia karena berkat para pahlawan lah kita ada sampai saat ini, kita dapat mengenyam bangku pendidikan, kita dapat hidup tentram, nyaman dan damai bebas tanpa bayang-bayang penjajah.

Peringatan hari pendidikan ditengah pandemi covid saat ini diharapkan  dapat mampu meninjau kembali sudah sejauh kontribusi masyarakat Indonesia dalam memajukan pendidikan di Indonesia terutama ditengah pandemi covid-19 ini. Pada saat pandemi covid-19 ini juga menghambat kegiatan belajar mengajar pada lembaga pendidikan yang membuat sistem belajar yang semula dilakukan secara tatap muka menjadi daring (dalam jaringan/online) dan hal tersebut memiliki kelebihan dan keurangannya. Namun hal tersebut tidak lantas menjadikan alasan untuk bermalas-malasan saat belajar secara online. Jika dilihat pada masa penjajahan saat itu begitu berat perjuangan para pahlawan untuk mendirikan suatu lambaga pendidikan agar masyarakat Indonesia merasakan bangku pendidikan.

Lantas apakah kita tidak malu jika hanya bermalas-malasan saat belajar, setidaknya yang dapat kita lakukan dalam memperingati hari pendidikan di tengah pandemi covid-19 ini ialah dengan belajar dengan giat dan bersungguh-sungguh agar menjadikan generasi kita saat ini cerdas dan berakhlak yang mulia seperti apa yang diharapkan para pahlawan saat itu. Karena generasi kita inilah yang menjadi harapan untuk memajukan bangsa ini, jika bukan kita siapa lagi dan jika bukan sekarang kapan lagi???.

Oleh. Aulia Tahniah M.
Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 1 Mei 2021.
Mahasiswi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Fakultas Adab dan Humaniora. Jurusan Ilmu Perpustakaan.

Sy. Apero Fublic.

4/30/2021

MUSI BANYUASIN: Tanamkan Jiwa Kebangsaan Cara Menjaga Zero Konflik

APERO FUBLIC.- MUSI BANYUASIN. Beragam suku dan agama terdapat di tiap masyarakat di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Namun meski demikian, daerah yang dipimpin Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA ini sangat komitmen dan konsisten menjaga daerahnya zero konflik.

“Tanamkan jiwa kebangsaan di setiap individu adalah salah satu cara jitu menjaga Muba agar selalu zero konflik, dan ini terus digencarkan Pemkab Muba bersama Forkopimda,” ungkap Sekretaris Daerah Muba, Drs Apriyadi MSi di sela mengikuti acara apel kebangsaan tahun 2021, Jumat (30/4), bertempat di halaman Polres Musi Banyuasin.

Apriyadi juga mengapresiasi atas langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Kapolres dan jajaran hingga hari ini melaksanakan apel kebangsaan tahun 2021. “Alhamdulillah kalau sinergi di Kabupaten Muba antara TNI, Polri dan juga masyarakat sudah berjalan dengan baik. Dengan adanya kegiatan hari ini, semoga dapat ditingkatkan lagi sinergi tentang rasa kebersamaan dalam rangka menghadapi dan menangani Covid-19,” ujarnya.

Adapun untuk persoalan mudik di hari raya Idul Fitri, Pemkab Muba mendukung dan mengikuti perintah dari pusat, bahwa akan melakukan penyekatan dan melakukan pelarangan. Serta akan menyiapkan peralatan-peralatan untuk melakukan uji klinis pada masyarakat yang apabila mereka masuk Kabupaten Musi Banyuasin juga wajib membawa hasil uji klinis yang telah dilakukan. “Jika dari hasil uji klinis ternyata ada terindikasi positif harus balik arah atau masuk rumah karantina,” tegasnya.

Kapolres Muba AKBP Erlin Tangjaya SH SIK mengatakan, apel kebangsaan tahun 2021 ini mengusung tema ‘Membangun Kebersamaan dalam Keberagaman Guna Bhakti Untuk Negeri Menuju Indonesia Unggul dan Sehat’. “Sebagaimana kita ketahui Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara yang berdiri atas perjuangan seluruh anak bangsa. Untuk kemajuan serta kesejahteraan bangsa Indonesia tanpa mengenal batas wilayah, suku, ras, agama dan golongan serta status sosial,” imbuhnya.

“Semua elemen anak bangsa tidak ada yang tertinggal dalam kiprahnya mengambil peran untuk memajukan bangsa guna mewujudkan cita dan tujuan nasional sebagaimana yang diamanatkan dalam pembukaan UUD 1945. Sementara itu, kondisi yang aman dan kondusif merupakan dambaan setiap warga negara, karena masyarakat dapat menjalankan aktifitasnya dengan optimal tidak diliputi oleh rasa khawatir dan takut,” tambahnya.

Namun pada era revolusi 4.0 & society 5.0 ini kita dihadapkan pada tantangan yakni pandemi Covid-19 yang membuat dampak pada berbagai sektor kehidupan. Hingga saat ini kondisi penambahan kasus aktif masih terus meningkat.

Menyikapi kondisi tersebut, selaras dengan program prioritas Kapolri pada transformasi operasional bidang pemantapan dukungan Polri dalam penanganan Covid-19. Polda Sumsel termasuk Polres Muba hari ini melaksanakan apel kebangsaan dengan tujuan menyatukan visi dan misi seluruh stakeholder, TNI, Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat dan ormas dalam menghadapi tantangan pandemi Covid-19.

“Serta melalui apel kebangsaan ini saya mengajak untuk kita bersama-sama merajut kemajemukan dalam jalinan persaudaraan sesama anak negeri mencegah dan menghindari permusuhan, pertikaian, dan perpecahan demi mewujudkan Indonesia unggul dan sehat,” ucapnya.

Melalui momen ini juga, dalam menyambut hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Polri telah menyiapkan pengamanan melalui operasi kepolisian terpusat dengan sandi Operasi Ketupat 2021 dengan mengedepankan penerapan protokol kesehatan.

Kegiatan Ops Ketupat 2021 merupakan bentuk dukungan Polri beserta stakeholder, TNI, tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam mendukung kebijakan Presiden dan surat edaran & adendum Kasatgas Covid-19 Nomor 13 Tahun 2024 tentang diberlakukannya peniadaan mudik pada hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah, guna menekan angka penyebaran corona di Indonesia. (HS).

 

Editor. Selita, S.Pd.

Tatafoto. Dadang Saputra.

Palembang, 30 April 2021.

 

Sy. Apero Fublic

4/29/2021

Bupati Dodi Reza: Berjumpa Keluarga Besar TNI Terasa Seperti di Rumah Sendiri.

PEPABRI Sumsel Apresiasi Perhatian Bupati Dodi Reza untuk Forum Silaturahmi Keluarga Besar TNI.

Deteksi Dini Potensi Karhutlah, Fokus Atasi Hot Spot.

Apero Fublic.- Sumatera Selatan. Berbagai organisasi dari Forum Silaturahmi Keluarga Besar TNI yang terdiri dari PEPABRI, FKPPI, PPM, dan beberapa organisasi lainnya, Kamis (29/4/2021) melaksanakan silaturahmi dengan Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi bersama Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA di Gedung Sudirman Makodam II/Sriwijaya.

"Berada di tengah-tengah keluarga besar TNI ini saya berasa seperti di rumah sendiri," ungkap Cucu Pejuang Noerdin Pandji tersebut.

Kepala Daerah Inovatif 2020 ini menyebutkan, dirinya tidak bisa dipisahkan dengan keluarga besar TNI, terlebih semasa kecil dirinya sangat akrab dengan lingkungan TNI. "Kalau untuk keluarga besar TNI saya selalu menjadikannya prioritas," ucapnya.

Dodi mengajak, agar Forum Silaturahmi Keluarga Besar TNI selalu mengedepankan untuk patuh protokol kesehatan untuk memininalisir penularan wabah COVID-19. "Tetap patuhi prokes dan menerapkan pola hidup sehat," ajaknya.

Sementara itu, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi mengucapkan Terima kasih kepada Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA yang telah menyempatkan waktu hadir pada kegiatan silaturahmi.

"Kalau pak Dodi tidak bisa dipisahkan dengan keluarga besar TNI, nah kalau saya sendiri juga tidak bisa dipisahkan dengan pak Dodi, karena saat ini beliau tengah menjadi dosen saya pada program Doktoral di kampus Unsri," bebernya.

Ia menambahkan, berdasarkan data BMKG pada Mei nanti Sumsel akan dihadapkan pada musim kemarau kering tentu warga masyarakat diajak untuk menjaga linkungan masing-masing. "Kita cegah karhutlah bersama-sama, dan lindungi wilayah kita agar terhindar dari bencana karhutlah," ucapnya.

Ketua Persatuan Purnawirawan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (PEPABRI) Sumsel Mayjen TNI (Purn), Syahrial BP Peliung mengucapkan Terima kasih kepada Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin dan Pangdam II Sriwijaya yang selama ini sangat maksimal memberi support untuk Forum Silaturahmi Keluarga Besar TNI.

"Pak Dodi selalu support untuk Keluarga Besar TNI, semoga beliau selalu diberikan kesehatan dan selalu menjalankan amanah dengan baik," ujar Mantan Pangdam II Sriwijaya tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Dr Dodi Reza turut didampingi Dandim 0401 Muba Letkol Arh Faris Kurniawan SST MT, Kadin Kominfo Muba Herryandi Sinulingga AP dan juga turut dihadiri Ketua PD LVRI Sumsel, Drs Ramses Nababan. (HS).

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 29 April 2021.

Sy. Apero Fublic.

4/28/2021

Bupati Dodi Reza Beri THR 11 Ribu Pegawai Non ASN

APERO FUBLIC.- MUSI BANYUASIN. Kabar gembira bagi tenaga kontrak atau pegawai non ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin. Kebijakan ini terus direalisasikan setiap tahunnya oleh Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA.

Dodi Reza Alex menyiapkan tunjangan hari raya (THR) sebesar Rp 5.511.000.000 bagi 11.022 orang pegawai non aparatur sipil negara (ASN) di Bumi Serasan Sekate. “Untuk tahun ini, kita kembali mengganggarkan THR untuk pegawai non ASN,” ujar Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Mirwan Susanto, Rabu (28/4).

Rincian pegawai non ASN yang menerima THR yakni tenaga administrasi perkantoran sebanyak 1.991 orang, tenaga kebersihan 1.505 orang, tenaga keamanan 713 orang, trnaga pendidik 5.373 orang, pramusaji/ pramu tamu 19 orang, resepsionis 83 orang, sopir 244 orang, pengelola informasi publik 8 orang. Lalu, tenaga penyuluh 15 orang, pemadam kebakaran 80 orang, jasa paramedis 931 orang, petugas penjaga pintu air 50 orang dan petugas pemeliharaan lampu listrik 10 orang.

“Besaran THR yang diberikan yakni Rp 500.000,” kata dia.

Lebih lanjut Mirwan mengatakan, pemberian THR belum dapat diberikan saat ini. Sebab, masih dalam proses pengajuan ke Bagian Hukum Setda Muba agar dibuatkan payung hukum dengan Perbub.

Disampingi itu, dalam pemberian THR bagi pegawai kontrak sebagaimana dimaksud pada point 1 harus memenuhi persyaratan sebagai berikut gajinya dibebankan pada APBD tahun anggaran pada SKPD bersangkutan, diangkat oleh pejabat yang berwenang atau telah menandatangani SPK sesuai dengan DPA SKPD bersangkutan dan bukan merupakan karyawan outsourcing dari perusahaan yang mempekerjakan untuk memberikan jasa pelayanan kantor di perangkat daerah.

“Sedangkan THR untuk ASN, kita masih menunggu juknis dari pemerintah pusat terkait penyaluran, jadi tidak menutup kemungkinan kita serentakkan ketika pembayaran THR baik itu untuk ASN maupum non ASN,” ulasnya.

Sementara itu, Bupati Dodi Reza Alex Noerdin menyebutkan, dana tersebut agar dipergunakan sebaiknya. “Gunakan sewajarnya dan dimanfaatkan sebaik mungkin,” ucapnya.

Pembina dan Penggerak Olahraga Terbaik Indonesia ini menambahkan, agar pegawai non ASN dan ASN Pemkab Muba untuk mengingatkan kepada keluarga di perantauan untuk sementara tidak pulang kampung. “Ini upaya kita agar penularan wabah Covid-19 tidak terjadi dengan masif, mari kita patuhi bersama,” pungkasnya. (HS).


Editor. Selita, S.Pd.

Tatafoto. Dadang Saputra

Palembang, 28 April 2021.

 

Sy. Apero Fublic

Tindaklanjuti Arahan Presiden: Ini Yang dilakukan Bupati Musi Banyuasin.

Apero Fublic.- Sekayu. Bupati  Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin kembali  perketat  pencegahan penyebaran COVID-19 di Bumi Serasan Sekate.

Ia menginstruksikan kepada Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Muba H Yudi Herzandi SH MH untuk membuat surat edaran keseluruh masjid dan organisasi keagamaan serta pondok pesantren agar dalam mengadakan kegiatan ibadah tetap memberlakukan protokol kesehatan COVID-19.

Instruksi ini disampaikan  Dodi usai mendengar arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo secara virtual kepada seluruh kepala daerah,  Rabu (28/4/2021).

"Tahun lalu sudah kita lakukan sekarang mulai longgar, untuk itu kita perketatkan lagi terkait pencegahan COVID-19 ini," ujar Dodi yang ditemani Dandim 0401 Muba Letkol Arh Fariz Kurniawan SST MT, Kapolres Muba AKBP Erlin Tangjaya, Kajari Muba Marcos Marudut Mangapul Simaremare SH MHum, Ketua Pengadilan Negeri Sekayu Hendra Halomoan SH MH, Ketua Pengadilan Agama Sekayu Korik Agustian SAg MAg dan Para Asisten Setda Muba.

Lanjutnya untuk di Kecamatan Sekayu khusus Desa Lumpatan dan Kelurahan Kayuara akan diberlakukan mikro lockdown, serta mengawasi orang asal luar daerah.

"Kita giatkan lagi, patroli lagi tempat kerumunan, suruh masyarakat untuk jarak, kasih masker, dan denda bagi yang melanggarnya," imbuhnya.

Adapun arahan Presiden RI pada kegiatan itu mencakupi pemulihan ekonomi dan upaya  seluruh kepala daerah untuk menekan kasus COVID-19, dan mengantisipasi penyebaran COVID-19 pada rutinitas mudik lebaran juga hari libur. Hal ini dilakukan menyusul terjadinya lonjakan kasus virus di beberapa negara lain seperti di India.

Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 28 April 2021.

Sy. Apero Fublic

4/27/2021

SEKAYU: Bupati Dodi Reza Sampaikan Jawaban Terhadap Pandangan Umum Fraksi DPRD

Apero Fublic.- Musi Banyuasin. Bupati Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA sampaikan Jawaban dan Tanggapan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin atas Pemandangan Umum Fraksi-fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Muba terhadap Penyampaian Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Muba Tahun Anggaran 2020 dan Penjelasan 5 Raperda Inisiatif Pemkab Muba 2021 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Muba, Selasa (27/4/2021).

Dalam penyampaiannya, Bupati Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ mengatakan bahwa apa yang telah disampaikan anggota DPRD dari masing-masing fraksi dalam pemandangan umum sudah pihaknya simak bersama.

Menurutnya, pokok-pokok pikiran berupa usul, saran, dukungan dan pertanyaan dari fraksi-fraksi tersebut bertujuan untuk melengkapi dan untuk penyempurnaan rancangan peraturan daerah yang Pemkab Muba sampaikan. Hal ini juga lanjut Bupati, menunjukkan bahwa materi yang pihaknya sampaikan telah mendapat respon positif dari anggota dewan.

"Kami mengucapkan terima kasih atas apresiasi dan penghargaan yang tinggi dari semua fraksi DPRD Kabupaten Muba atas tercapainya Opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas pemeriksaan laporan keuangan tahun anggaran 2020 oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. Pencapaian ini merupakan hasil kerjasama kita semua antara Jajaran Pemkab Muba dan Anggota DPRD serta seluruh masyarakat. Semoga dimasa yang akan datang dapat kita bertahankan dan menjadi motivasi bersama dalam mengoptimalkan kinerja kita dalam membangun Kabupaten Muba yang kita cintai ini,"ungkapnya.

Dodi Reza Alex Noerdin juga mengucapkan terima kasih atas semua dukungan, saran dan tanggapan semua fraksi DPRD Muba atas persetujuan 5 Raperda diantaranya Raperda tentang Muba Hijau, Raperda Kedua tentang Perubahan atas Perda Nomor 6 tahun 2019 tentang Pemilihan Kepala Desa, Raperda ini Raperda tentang Perubahan Ketiga atas Perda Nomor 9 tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Muba.

Selanjutnya, Raperda Keempat tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan toko modern Raperda Kelima tentang Perubahan Perda nomor 17 tahun 2011 tentang Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan.

Diterangkan Bupati Dodi Reza Alex Noerdin, Pemkab Muba menyambut baik Jawaban dan Tanggapan dari Fraksi-fraksi DPRD tersebut. Diantaranya, Pemkab Muba menyambut baik saran yang disampaikan oleh Karan Karnedi dari Fraksi Partai Golkar penganggaran pembangunan lanjutan jalan dan jembatan dalam desa Kecamatan Lalan di APBD perubahan Tahun Anggaran 2021 bahwa pada APBD induk Tahun Anggaran 2021 melalui Program TNI Manunggal Membangun Desa Kodim 0401 Muba, Pemerintah Kabupaten Muba membuka akses jalan dalam Kecamatan Lalan. Sedangkan untuk APBD perubahan Tahun Anggaran 2021 dan APBD induk Tahun Anggaran 2022 akan dilanjutkan pembangunan jalan dan jembatan agar Kecamatan Lalan terkoneksi secara keseluruhan.

"Terkait harapan saudara terhadap Raperda tentang Muba hijau yang nantinya bisa menyeimbangkan dampak pembangunan terhadap aspek ekonomi, sosial, budaya dan lingkungan hidup, kami sangat setuju dan tentunya membutuhkan kesadaran segenap warga Muba,"terangnya.

Bupati Dodi Reza juga menyampaikan tanggapan terhadap saran yang disampaikan Andik Setiawan ST juru bicara dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan terkait pelayanan jaringan listrik kepada masyarakat, Pemkab Muba akan terus mendorong PT MEP dalam penyediaan listrik baik dari segi manajemen maupun infrastruktur kelistrikan dan dalam meningkatkan kinerja PT MEP akan menjadi BUMN tersendiri yaitu PT Musi Banyuasin Elektric Power (Persoda) sehingga diharapkan pengelolaan manajemen PT MEP dan pelayanan kepada masyarakat akan lebih baik lagi.

"Terima kasih atas masukannya, kedepannya kami akan terus membantu masyarakat dalam pelaksanaan peremajaan karet dan penyediaan bantuan sarana prasarana berupa pupuk, pestisida serta handsprayer. Dan sehubungan dukungan reformasi agraria yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat, kami sangat setuju dan akan terus memberikan pendampingan dan pembinaan kepada petani perhutanan sosial dan Tanah objek agraria yang telah memiliki persetujuan untuk mengelola kawasan hutan dari kementerian lingkungan hidup dan kehutanan,"pungkasnya. (HS).

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 27 April 2021.

Sy. Apero Fublic.

4/25/2021

Perusahaan di Musi Banyuasin Serap 33 TKL Potensial

APERO FUBLIC.- MUSI BANYUASIN. Tidak hanya menguatkan dan memaksimalkan serapan tenaga kerja lokal (TKL) di perusahaan minyak dan gas (migas) saja, namun komitmen Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin di bawah kepemimpinan Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA juga ingin menyelenggarakan proses rekrutmen yang transparan agar serapan TKL benar-benar berjalan baik.

Hal ini juga dibuktikan setelah tim Disnakertrans Muba yang dipimpin langsung oleh Kepala Disnakertrans Muba H. Mursalin SE MM bersama Kabid terkait datang melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap proses seleksi tes tertulis penerimaan tenaga kerja lokal (TKL) untuk perusahaan industri pengolahan PT Banyuasin Agro Mandiri di Gedung Serbaguna Darmawangsa Satuan Angkatan Darat Arhanud, KM 18 Kelurahan Sukomoro, Kecamatan Talang Kelapa, Senin (26/4).

Mursalin menjelaskan, bahwa pemantauan yang dilakukannya langsung bersama tim hari ini adalah tes tertulis yang merupakan rangkaian proses penerimaan TKL Musi Banyuasin di PT Banyuasin Agro Mandiri. Dikatakan dia lagi, kedatangannya bersama tim hari ini adalah rangkaian upaya untuk memastikan secara langsung proses seleksi tes tertulis berjalan baik dan lancar.

“Selain itu juga untuk menjamin azas rekrutmen tenaga kerja yaitu terbuka, bebas, obyektif dan adil serta setara tanpa diskriminasi sebagaimana amanat Perda Muba No. 2 Tahun 2020 tentang pemberdayaan dan penempatan tenaga kerja dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya,” imbuhnya.

“Dan yang paling penting, hari ini kita juga ingin memastikan bahwa seluruh pelamar adalah warga Muba yang dibuktikan dengan KTP dan kartu keluarga Kabupaten Musi Banyuasin, sesuai yang dipersyaratkan,” tambah Mursalin.

Disinggung mengenai jumlah pelamar, Musalin menjelaskan bahwa pelaksanaan seleksi tertulis rekrutmen PT Banyuasin Agro Mandiri untuk mengisi 31 posisi jabatan dari 33 orang yang dibutuhkan.

“Mengingat banyaknya pelamar, kami mengingatkan agar peserta dapat melaksanakan seluruh tahapan seleksi dengan sebaik-baiknya, dan meyakinkan bahwa seleksi ini dilaksanakan secara profesional dengan mengedepankan prinsip akuntabilitas yang bisa dipertanggung jawabkan,” ulasnya.

Sementara itu, Bupati Dodi Reza Alex Noerdin meminta agar Disnakertrans memaksimalkan pengawasan dalam pelaksanaan rekrutmen. “Ini sangat penting, bagaimana agar proses rekrutmen benar-benar terlaksana secara transparan,” tegas Kepala Daerah Inovatif ini.

Menurutnya, target prioritas bukan hanya serapan TKL asal Muba saja, namun perusahaan di Muba juga benar-benar melaksanakan proses rekrutmen yang transparan baik dan benar. “Pemkab Muba melalui Disnakertrans akan terus mengawasi dan mengawal proses penyerapan TKL asal Muba oleh perusahaan-perusahaan di Muba,” tandasnya. (HS).

Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 26 April 2021.

Sy. Apero Fublic