Syarce

Syarce adalah singkatan dari syair cerita. Syair cerita bentuk penggabungan cerita dan syair sehingga pembaca dapat mengerti makna dan maksud dari isi syair.

Apero Mart

Apero Mart adalah tokoh online dan ofline yang menyediakan semua kebutuhan. Dari produk kesehatan, produk kosmetik, fashion, sembako, elektronik, perhiasan, buku-buku, dan sebagainya.

Apero Book

Apero Book adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi semua jenis buku. Buku fiksi, non fiksi, buku tulis. Selain itu juga menyediakan jasa konsultasi dalam pembelian buku yang terkait dengan penelitian ilmiah.

Apero Popularity

Apero Popularity adalah layanan jasa untuk mempolerkan usaha, bisnis, dan figur. Membantu karir jalan karir anda menuju kepopuleran nomor satu.

@Kisahku

@Kisahku adalah bentuk karya tulis yang memuat tentang kisah-kisah disekitar kita. Seperti kisah nyata, kisah fiksi, kisah hidayah, persahabatan, kisah cinta, kisah masa kecil, dan sebagaginya.

Surat Kita

Surat Kita adalah suatu metode berkirim surat tanpa alamat dan tujuan. Surat Kita bentuk sastra yang menjelaskan suatu pokok permasalaan tanpa harus berkata pada sesiapapun tapi diterima siapa saja.

Sastra Kita

Sastra Kita adalah kolom penghimpun sastra-sastra yang dilahirkan oleh masyarakat. Sastra kita istilah baru untuk menamakan dengan sastra rakyat. Sastra Kita juga bagian dari sastra yang ditulis oleh masyakat awam sastra.

Apero Gift

Apero Gift adalah perusahaan yang menyediakan semua jenis hadia atau sovenir. Seperti hadia pernikahan, hadia ulang tahun, hadiah persahabatan, menyediakan sovenir wisata dan sebagainya. Melayani secara online dan ofline.

11/26/2020

Ayla Breast Care: Solusi Masalah Wanita Modern

Apero Fublic.- NASA. Ayla Breast Care merupakan krim yang diformulasikan khusus bagi kaum wanita untuk membantu merawat kekencangan kulit sekitar payudara. Berisi Ekstrak Pueraria Mirifica yang telah digunakan secara turun temurun untuk merawat payudara agar tetap terlihat kencang dan indah. Manfaat utama membantu merawat kekencangan kulit sekitar payudara.


The Miracle, Pueraria Mirifica Extract.

Memiliki payudara kencang dan besar secara alami sudah tentu menjadi dambaan setiap wanita. Ada banyak cara untuk bisa mendapatkan hal tersebut. Tapi apabila itu ingin bersifat alami maka pasti akan bermuara pada satu hal yakni estrogen. Estrogen merupakan hormon alami dalam tubuh yang membuat seseorang terlihat perempuan. Dalam hal ini estrogen bertanggung jawab untuk pertumbuhan payudara dan mengatur siklus menstruasi.


Pada umur 12 hingga 18 tahun, wanita melewati perubahan besar berupa perkembangan dan pertumbuhan dalam tubuhnya. Ini merupakan masa pubertas. Saat ini wanita mendapati periode pertamanya dan membuat ciri fisik kewanitaannya makin berkembang. Pada masa pubertas ini seluruh tubuh wanita penuh dengan hormon estrogen yang membuat semua bagian dari kewanitaan mengembang termasuk payudara.


Masalahnya adalah bahwa ketika masa puber telah selesai telah mencapai usia matang, tubuh tidak menghasilkan estrogen sebanyak saat masa puber dan hanya akan memproduksi estrogen secukupnya untuk mempertahankan kemajuan yang diluar pada masa pubertas. Ini berarti bahwa banyak wanita yang payudaranya tidak berkembang seperti yang mereka harapkan.


Dalam beberapa kasus ada wanita yang memiliki payudara besar setelah masa pubertas. Tapi dengan berjalan seiring waktu payudara kehilangan kekencangan dan elastisitas yang disebabkan berkurangnya hormon estrogen karena faktor usia. Ini adalah masalah besar, akan tetapi hal tersebut dapat dihindari jika wanita rutin melakukan perawatan payudara hingga batas usia tertentu.


Karena pentingnya estrogen terhadap wanita maka para ahli berusaha mendapatkan estrogen dari alam (tumbuh-tumbuhan) yang saat ini lebih dikenal dengan nama phytoestrogen. Melalui berbagai penelitian berbagai jenis tanaman.


Didapatkan kandungan phythoestrogen tertinggi berada dalam sejenis umbi-umbian yang bernama Pueraria MirificaZat aktif yang terkandung pada pueraria mirifica berupa miroestrol dan deoxymiroestrol. Zat ini telah terbukti 3.000 kali lebih kuat sebagai estrogen, daripada kedelai.


Efek pembesar payudara dari pueraria mirifica merupakan salah satu pembesar payudara yang paling banyak dicari para wanita. Studi pembesaran efek payudara pada manusia pertamakali dilakukan pada tahun 1999 oleh profesor Karamosi (Jepang) dan Yuthana (Thailand).


Mereka menguji pada 50 wanita Jepang, antara usia 20 dan 49 tahun. Secara keseluruhan, lebih dari 70% dalam setiap kelompok menunjukkan pembesaran payudara atau firming. Pemeriksaan lebih lanjut yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa tanaman pueraria mirifica memiliki efek menguntungkan juga pada kulit, rambut, dan payudara.


Saran pakai, oleskan krim merata pada payudara. Usahakan saat mengoles krim tidak mengenai puting susu. Pijat dengan lembut dengan gerakan melingkar dari bawa ke atas sampai krim meresap. Gunakan setiap sebelum tidur malam.

 

Netto. 15 ml

Badan POM NA 18140100462.

Kontak: 082179992170


Oleh. Deni Sutra

Editor. Desti, S.Sos.

Tatafoto. Dadang Saputra

Sumber. Katalog produk PT. Naturan Indonesia.

 

Sy. Apero Fublic.

11/25/2020

Webinar: Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir

Apero Fublic.- Palembang. Walau dalam masa pandemi virus corona atau covid 19, dimana sistem kulia tatap muka diliburkan. Namun tidak memutus mahasiswi dan mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang,  untuk menimba ilmu.

Beberapa hari yang lalu telah melaksanakan Webinar dengan tema, “Motovasi Mahasiswa-Mahasiswi Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Raden Fatah Palembang.”

Untuk kamu yang belum tahu apa itu Webinar. Webinar adalah kegiatan seminar yang diselenggarakan secara daring atau melalui jaringan internet dan menggunakan aplikasi tertentu, seperti website atau zoom meeting.

Seminar diselenggarakan oleh Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin UIN Raden Fatah Palembang. Dengan ketua pelaksana Mathias Raihan dan diikuti oleh sekitar 90 orang mahasiswa jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

Jurusan yang diketuai Thohir Usman itu sukses menyelenggarakan Webinar secara daring, yaitu dengan via zoom meeting. Acara berlangsung pukul 00:08 sampai dengan selesai pada 23 November 2020.

Webinar diisi oleh tiga orang pemateri, yaitu Bapak Pathur Rahman, M. Ag., Ibu Halimatussadiyah, M.Ag., dan Bapak Rahmat Hidayat, Lc. M. Phil. Tujuan dari penyelenggaraan Webinar agar mahasiswa dan mahasiswi Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir termotivasi dan memahami tentang bidang studi jurusan dimana mereka menuntut ilmu.

Seminar memang sangat membantu mahasiswa dan mahasiswi jurusan dalam memahami bidang studi mereka. Sehingga Ibu Halimatussadiyah, M.Ag berpesan pada semua mahasiwa jurusan yang mengikuti Webinar. "Selagi ada kemauan tidak ada alasan untuk tidak belajar." Dengan maksud semua orang berhak sukses dan dapat menguasai pelajaran dengan baik.

Oleh. Seniana
Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 23 November 2020.

Sy. Apero Fublic.

11/24/2020

IKPM: Peringati HUT Muara Enim

Apero Fublic.- Palembang. Kabupaten Muara Enim adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan. Kabupaten yang kaya Sumber Daya Alam seperti minyak bumi, batu bara, dansalah satu daerah sentra penghasil kopi dan sayuran di Sumatera Selatan. Kabupaten Muara Enim berdiri satu tahun setelah kemerdekaan Republik Indonesia. Sehingga pada tahun 2020 Kabupaten Muara Enim memasuki usia yang ke 74 tahun.

Memperingati HUT (Hari Ulang Tahun) Kabupaten Muara Enim, putra-putri Kabupaten Muara Enim turut serta memperingati HUT ke 74 Muara Enim. Seperti yang diselenggarakan oleh Mahasiswa-mahasiswi putra asli Muara Enim. Tergabung dalam Ikatan Keluarga Pemuda dan Mahasiswa (IKPM) yang menyelenggarakan kegiatan Yasin dan Nonton Bersama film Anak Kopi. Film yang sangat inspiratif bercerita tentang kehidupan masyarakat Muara Enim.

Film ini menjelaskan tentang perjuangan seorang anak buruh petani kopi hingga menjadi pemilik kebun dan cafe yang sukses. Film ini bertujuan mengenalkan lokasi wisata dan potensi daerah Kabupaten Muara Enim. Diantaranya seperti Kopi Semendo agar lebih dikenal masyarakat luas. Selain penyelenggaraan Nonton Bersama dan Yasinan kegiatan diawali dengan doa dan potong kue (24/11/2020). 

Kegiatan Yasinan dan Nonton Bersama diselenggarakan di BEM Fakultas Syari’ah, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palmbang. Kegiatan dihadiri oleh Ketua IKPM Muara Enim, Muhammad Naufal dan rekan-rekan. Acara berlangsung dengan kondusip serta mematuhi Protokol Kesehatan. Selain itu, kegiatan membatasi jumlah anggota yang hadir.

“Kegiatan ini, diselenggarakan untuk memupuk rasa cinta tanah air dan semangat pembangunan daerah Kabupaten Muara Enim. Sebagai putra daerah sudah sepantasnya kita berbuat sesuatu untuk kemajuan daerah. Saya secara pribadi dan mewakili rekan-rekan organisasi Ikatan Keluarga Pemuda dan Mahasiswa Muara Enim. Mengucapkan, SELAMAT HUT YANG KE 74 UNTUK KABUPATEN MUARA ENIM SERASAN SEKUNDANG. Semoga semakin maju dan semakin sejahtera masyarakatnya.” ujar Muhammad Naufal selaku ketua IKPM.

Oleh. Seniana
Editor. Selita, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 24 November 2020.

Sy. Apero Fublic.

Hikayat Tuan Guru

Apero Fublic.- Cerita ini, mengisahkan seorang ulama yang mengajar pada suatu desa, Tuan Guru. Dia mempunyai tiga orang istri yang rukun satu sama lain. Sebagai seorang guru, tentu banyak petuah yang diberikannya pada murid-muridnya. Petua-petua itu diantaranya agar selalu rajin bersedekah dan berbuat baik. Semua muridnya menerima dan mengamalkan dengan baik semua yang dia sampaikan.

Suatu waktu, ketiga istri Tuan Guru membicarakan ahlak suami mereka, Tuan Guru. Mereka menunjukkan keheranannya atas sikap Tuan Guru yang selalu menganjurkan bersedekah. Sementara itu, Tuan Guru hidup makmur atas sedekah murid-muridnya. Sedangkan Tuan Guru sebaliknya, kikir dari mengeluarkan sedekah.

Andaikan dia bersedekah, dia menyedekahkan barang yang sudah tidak terpakai. Melihat kenyataan itu, ketiga istrinya merasa ragu atas kepahaman suami mereka pada ilmu agama. Karena, perbuatan Tuan Guru tidak sesuai dengan apa yang dia ajarkan.

Bersepakatlah ketiga istri Tuan Guru menguji Tuan Guru dengan ajaran yang sudah pernah disampaikannya. Sekaligus memberikan pelajaran pada suami mereka. Lalu mereka menguji Tuan Guru dengan sebuah pertanyaan. Pertanyaan itu bergilir saat Tuan Guru mendatangi mereka bergilir.

Seperti yang direncanakan, tibalah waktunya Tuan Guru mendatangi istrinya yang pertama. Sebelum Tuan Guru tidur dengan istrinya, dia mengajukan syarat. Yaitu harus menjawab pertanyaan dari istri pertamanya.

Kalau tidak dapat menjawab, maka dia tidak boleh tidur dirumah istri pertamanya. “Boleh masuk, tetapi tidak boleh keluar?.” Itulah pertanyaan istri pertamanya. Karena Tuan Guru tidak dapat menjawab maka dia pergi ke rumah istri keduanya.

Akan tetapi istri keduanya juga mengajukan syarat, kalau Tuan Guru mau tidur dirumahnya. Pertanyaan hampir sama seperti pertanyaan istri pertama, hanya berubah sedikit. “Boleh keluar tetapi tidak boleh masuk?.” Tuan Guru ternyata juga tidak dapat menjawab pertanyaan dari istri keduanya.

Tuan Guru terpaksa pergi lagi, sekarang dia menuju rumah istrinya yang ke tiga. Istri ketiga Tuan Guru juga mengajukan syarat. Kalau dia ingin tidur di rumahnya, maka harus menjawab pertanyaan. Kalau tidak bisa menjawab, maka tidak boleh tidur. “Tidak boleh masuk dan tidak boleh keluar.” Pertanyaan istrinya yang ketiga juga tidak dapat Tuan Guru jawab.

Apabila Tuan Guru tidak dapat menjawab pertanyaan itu. Betullah dugaan mereka kalau suaminya tidak mengerti apa yang dia ajarkan. Sesungguhnya, pertanyaan mereka tentang ajaran agama Islam. pertanyaan istri pertama, “Boleh masuk, tapi tidak boleh keluar” jawabannya adalah menanyakan tentang hal air wuduh  yang boleh mereka minum berati masuk tetapi tidak boleh keluar, seperti buang air besar dan buang angin.

Pertanyaan istri kedua tentang puasa. “boleh keluar tapi tidak boleh masuk” bermakna tentang puasa yang boleh masuk saat sahur dan tidak boleh makan saat menjalankan puasa. Begitu juga dengan pertanyaan istri ketiga. “Tidak boleh masuk dan tidak boleh keluar” bermakna orang yang sedang berpuasa lalu mengerjakan salat, tidak boleh makan dan tidak boleh kentut (kentut bermakna keluar, makan berarti masuk).

Hikmah dari cerita ini, seorang guru jangan hanya menyampaikan teks yang dia pelajari atau hanya mengajarkan tetapi tidak tahu maknanya. Sekaligus tidak mengamalkan apa yang dia ajarkan pada orang lain.

Kalau mengajarkan tentang sedekah, sepatutnya terlebih dahulu mengamalkan. Saat Tuan Guru bertanya pada ketiga istrinya jawaban pertanyaan. Barulah sadar Tuan Guru atas kekeliruan dirinya. Selama ini merasa begitu hebat sebagai seorang guru. Tapi ternyata dia telah lalai dan khilaf.

Rewrite. Tim Apero Fublic.
Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 24 November 2020.
Sumber: Informan T. Usman, lahir di Tanjung Pura tahun 1912. Masindan, Dkk. Sastra Lisan Melayu Langkat. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1987.


Sy. Apero Fublic.

11/23/2020

HIMA Muara Enim: Peringati HUT Muara Enim 74

Apero Fublic.- Muara Enim. Himpunan Mahasiswa Muara Enim Serasan Sekundang mengadakan Acara "Mimbar Bebas," dalam Rangka merayakan HUT Kabupaten Muara Enim ke 74 tahun di Kedai Ale, Kelurahan Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul.

Acara tersebut dihadiri oleh beberapa utusan dari Pemuda, Forum Milenial Sriwijaya, Mahasiswa, Pengurus Cabang Ikatan Pelajar Nahdhatul Ulama Muara Enim, tidak ketinggalan penggiat Komunitas yang ada di Kabupaten Muara Enim (22/11/2020).

Adi Saputra, S.IP., selaku Ketua Dewan pengawas Himpunan Mahasiswa Muara Enim Serasan Sekundang mengungkapkan. “Kami sebagai Masyarakat Kabupaten Muara Enim, turut memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Muara Enim. Saya secara pribadi dan mewakili semua rekan-rekan HIMA Muara Enim mengucapkan “SELAMAT HUT KABUPATEN MUARA ENIM KE 74 TAHUN, Semoga Kabupaten Muara Enim selalu Jaya dan rakyatnya sejahtera. Saya juga berpesan kepada rekan-rekan yang hadir; bahwasanya sebagai generasi penerus bangsa, kita kedepannya harus berbuat yang positif dan bermanfaat untuk kemajuan bangsa kita, terkhusus di Kabupaten yang kita cintai ini. Bersatu dan kompak selalu, dan relah berkorban waktu atau pun materi untuk menyukseskan semua agenda-agenda organisasi.

Dalam rangka memperingati HUT Muara Enim, HIMA Muara Enim SS mengadakan kegiatan bertema “Mimbar Bebas.” Dimaksudkan mimbar bebas karena acara tidak selalu formal dan monoton. Tapi lebih kepada kreatifitas masing-masing yang hadir. Seperti, penampilan Stand Up Comedi, Games Ilmiah, Puisi, menyanyikan lagu daerah, Orasi Ilmiah, dan sharing-sharing tentang HUT Kabupaten Muara Enim.

Dalam kesempatan itu, Apero Fublic juga berkesempatan berbincang dengan Ketua Umum HIMA Muara Enim, Adie Kusuma Barkah. Saat diwawancarai tentang harapan kedepannya pada HIMA Muara Enim. “Untuk semua rekan-rekan, Kita harus dapat kompak untuk berprestasi, bersatu untuk maju, serta memberikan sumbangsi pemikiran dan aktif dalam kolaborasi kegiatan kedepannya di Kabupaten Muara Enim,” tuturnya.

Oleh. Al Ihsan.
Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Muara Enim, 23 November 2020.


Sy. Apero Fublic.

11/22/2020

Mengenal Museum Sriwijaya Kota Palembang

Apero Fublic.- Museum Sriwijaya adalah salah satu museum yang berada di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Berada di Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Gandus. Apabila ingin menuju ke lokasi Museum Sriwijaya temukan jalan Alamsyah Ratu Prawiranegara, kemudian berbelok ke hilir Sungai Musi masuk ke Jalan Syakirti.

Museum Sriwijaya didirikan di atas tanah Situs Karanganyar yang merupakan salah satu situs masa Kedatuan Sriwijaya yang berada di Kota Palembang. Setelah pendirian diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 22 Desember 1994 dengan nama Museum Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaay (TPKS).

Pada tahun 2008 Museum TPKS direnovasi total lengkap beserta perkantorannya, dan diresmikan kembali pada 5 November 2008, dengan nama “Museum Sriwijaya.” Status Museum Sriwijaya sebagai Unit Pelaksana Tugas Dinas (UPTD), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Pemerintahan Provinsi Sumatera Selatan.

Pameran Museum Sriwijaya, dimulai dari masa pra-Sriwijaya yang diawali dengan keterangan tentang tradisi megalitikum yang berkembang di daerah Kabupaten Lahat dan Pagaralam, Sumatera Selatan.

Selanjutnya ditampilkan temuan artefak pada abad ke-4 dan ke-5 Masehi. Di daerah Karang Agung dan Air Sugihan, berupa manik-manik, kendi Sui, dan perhiasan perunggu, serta penjelasan tentang jejak-jejak Kedatuan Sriwijaya pada abat tersebut.

Kemudian pameran Museum Sriwijaya berlanjut ke masa Kedatuan Sriwijaya. Tata pameran diawali dengan replika tiga prasasti utama yang menandai keberadaan Kedatuan Sriwijaya di Kota Palembang. Diantara prasasti Talang Tuo, Prasasti Telaga Batu, Prasasti Kedukan Bukit. Kedatuan Sriwijaya merupakan negara maritim yang menguasasi Asia Tenggara.

Kedatuan Sriwijaya mengalami kemunduran diawal abad ke 10, dan Pusat Pemerintahan di Kota Palembang runtuh diserang oleh Pasukan Cola dari India. Kemudian pada pertengahan abad ke 11 pusat Kedatuan Sriwijaya pindah ke Jambi.

Palembang mengalami kekosongan pemerintahan, sehingga dikuasai oleh kelompok-kelompok masyarakat. Seperti bajak laut dari Cina. Kelompok masyarakat Melayu Palembang. Barulah dipertengahan abad ke 15 Palembang masuk dalam kekuasaan Majapahit.

Bagi Anda yang tertarik dengan peninggalan peradaban Sumatera Selatan, khususnya pada masa Kedatuan Sriwijaya. Dapat berkunjung langsung ke Museum Sriwijaya. Ajak anak-anak atau adik-adik Anda agar mengetahui sejarah bangsa sendiri. Museum selain tempat wisata, juga sebagai tempat edukasi visual yang memberikan pengetahuan langsung.

Hari Senin adalah hari libur museum, hari buka dari Selasa sampai Jumat dari pukul 08:00 sampai 16:00 WIB. Untuk hari Sabtu dan Minggu 09:00 sampai 15:00 WIB. Tiket masuk sangat terjangkau, Dewasa Rp. 2000, dan anak-anak Rp. 1500. Alamat lengkap terletak di Jalan Syakirti, Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Gandus, Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.

Oleh. Rama Saputra.
Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 23 November 2020.


Sy. Apero Fublic.