Syarce

Syarce adalah singkatan dari syair cerita. Syair cerita bentuk penggabungan cerita dan syair sehingga pembaca dapat mengerti makna dan maksud dari isi syair.

Apero Mart

Apero Mart adalah tokoh online dan ofline yang menyediakan semua kebutuhan. Dari produk kesehatan, produk kosmetik, fashion, sembako, elektronik, perhiasan, buku-buku, dan sebagainya.

Apero Book

Apero Book adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi semua jenis buku. Buku fiksi, non fiksi, buku tulis. Selain itu juga menyediakan jasa konsultasi dalam pembelian buku yang terkait dengan penelitian ilmiah.

Apero Popularity

Apero Popularity adalah layanan jasa untuk mempolerkan usaha, bisnis, dan figur. Membantu karir jalan karir anda menuju kepopuleran nomor satu.

@Kisahku

@Kisahku adalah bentuk karya tulis yang memuat tentang kisah-kisah disekitar kita. Seperti kisah nyata, kisah fiksi, kisah hidayah, persahabatan, kisah cinta, kisah masa kecil, dan sebagaginya.

Surat Kita

Surat Kita adalah suatu metode berkirim surat tanpa alamat dan tujuan. Surat Kita bentuk sastra yang menjelaskan suatu pokok permasalaan tanpa harus berkata pada sesiapapun tapi diterima siapa saja.

Sastra Kita

Sastra Kita adalah kolom penghimpun sastra-sastra yang dilahirkan oleh masyarakat. Sastra kita istilah baru untuk menamakan dengan sastra rakyat. Sastra Kita juga bagian dari sastra yang ditulis oleh masyakat awam sastra.

Apero Gift

Apero Gift adalah perusahaan yang menyediakan semua jenis hadia atau sovenir. Seperti hadia pernikahan, hadia ulang tahun, hadiah persahabatan, menyediakan sovenir wisata dan sebagainya. Melayani secara online dan ofline.

6/13/2020

Mengenal Tanaman Kopi

Apero Fublic.- Tanaman kopi adalah tanaman yang erat dengan sejarah. Kopi dekat dengan kolonialisme dan ekonomi dunia. Kata kopi berasal dari bahasa Arab yang kemudian berkembang ke dalam bahasa Inggris menjadi coffea. Pesebaran kopi terjadi puncaknya semasa abad pertengahan.

Berlanjut sampai masa-masa kolonialisme Barat. Banyak perkebunan kopi bermunculan di daerah koloni orang-orang Eropa. Begitu juga di Hindia Belanda atau Indonesia tanaman kopi menyebar cepat seiring berkembangnya Islam.

Sebelumnya kopi memang sudah di tanam di Indonesia, masa Kolonial Belanda adalah masa eksploitasi kopi berskala besar. Kopi akhirnya menjadi komoditas perdagangan dunia sampai sekarang. Kedai kopi pertama di dunia muncul di Turki Usmani yang bernama Kiva Han pada tahun 1475 Masehi.

Tumbuhan kopi digolongkan kedalam kelompok coffea dari keluarga rubiaceae. Genus  coffea memiliki kurang lebih 100 jenis spesies. Tapi yang dibudidayakan hanya jenis robusta dan arabika. Pemanfaat batang pohon kopi biasnaya dibuat sovenir. Ada juga masyarakat yang menjadikan daun kopi untuk minuman. Mereka mengolah daunnya menjadi seperti daun teh.

Kopi dikenal dengan dua jenis yaitu, kopi robusta dan kopi arabika. Proses pengolahan biji kopi; buah kopi yang masak atau kulit buah sudah berwarna merah dipetik lalu di keringkan dengan cara di jemur.

Pada masa yang moderen sudah ada mesin pengeringan biji kopi. Secara tradisional biji kopi yang sudah dikeringkan ditumbuh dengan lesung atau sejenisnya. Kemudian dipisahkan dengan kulit buah. Setelah bersih biji kopi dipanggang dengan penggorengan.

Setelah biji kopi berwarna hitam kecoklatan dan menimbulkan bauh harum. Baru pemanggangan dihentikan, lalu biji kopi ditumbuk kembali sampai menjadi bubuk. Pada pengolahan yang lebih moderen penggilingan sudah menggunakan mesin.

Kopi sudah menjadi komoditas bisnis yang menjanjikan sekarang. Sebab kopi menjadi minuman semua golongan sekarang. Berbeda seperti zaman dahulu, dimana kopi hanyalah minuman orang-orang kaya dan kaum bangsawan.

Kopi tumbuh baik di dataran dengan ketinggian 800 meter dari permukaan laut. Sedangkan khusus untuk kopi jenis robusta dapat di tanam diatas permukaan laut dengan ketinggian antara 400 sampai 800 MDPL.

Kopi mengandung kafein yang berpengaruh meminumnya untuk pengidap asam lambung tinggi. Kopi dapat menyebabkan kecanduan dan bermanfaat untuk menambah energi tubuh. Sehingga dipercaya dapat mencegah kantuk.

Tanaman kopi juga memiliki hama, diantaranya hama kutu dompolan putih, penyakit kerat daun, hama bubuk cabang, dan hama bubuk buah. Untuk mengendalikan hama dapat menggunakan pestisida.
Proses pengeringan buah kopi dengan cara dijemur pada terik matahari.

Oleh. Totong Mahipal.
Editor. Selita. S.Pd.
Fotografer. Dadang Saputra.
Palembang, 14 Juni 2020.

Sy. Apero Fublic.

Mengenal Tanaman Sayuran Kubis

Apero Fublic.- Kubis adalah tanaman sayur-sayuran dari spesies brassica oleracea sebagai tanaman budidaya. Kubis termasuk tanaman pangan yang disukai oleh hampir semua manusia di bumi. Kubis mengandung vitamin K, C dan serat.

Tanaman kubis dapat langsung dimakan mentah sebagai lalap atau ulam. Dimasak dengan cara di sayur tumis, sayur bening, dibuat makanan olahan misalnya mpek-mpek atau mapek-mpek bakwan, direbus biasa untuk ulam atau lalap, dijadikan sayur tambahan kuliner gado-gado dan sebagainya.

Kubis pada umumnya tumbuh baik di dataran tinggi yang bersuhu dingin. Atau di dataran pematang berbukit seperti kaki bukit barisan, kaki gunung, atau daera berbukit-bukit tinggi, 1000 sampai 3000 di atas pemukaan laut. Seandainya kubis dibudidayakan di dataran rendah. Sangat rentan dengan hama dan penyakit. Selain itu gulungan daun kobis menjadi lebih kecil.

Cara menanam kubis yaitu dengan cara semai bibit dan dengan cara stek atau tunas batang. Dengan stek seperti jenis kubis lokal sekelas argalingga. Kubis memiliki tiga jenis umum di dunia, yaitu kubis putih, kubis merah dan kubis savoy. Pada pembahasan ini, jenis kubis hijau. Bagi kamu yang belum tahu, bukan anak petani sayur kubis.

Bahwa kubis juga memiliki bunga yang indah dengan warna kuning atau putih dengan bentuk empat kelopak. Tinggi tanaman kubis antara 40 sampai 60 cm dari permukaan tanah. Kubis memiliki daun tebal dengan keriting ujung. Kubis memiliki akar serabut yang surut. Kurang lebih antara 80-90 % akar kubis 20 sampai cm di kedalaman tanah.

Oleh. Rama Saputra.
Editor. Desti. S.Sos.
Fotografer. Dadang Saputra.
Palembang, 14 Juni 2020.

Sy. Apero Fublic.

6/07/2020

Mengenal Buah Nangka Belanda Atau Buah Sirsak.

Apero Fublic.- Kita semua mengenal buah yang bernama nangka belanda atau sirsak. Buah-buahan yang memiliki nama ilmiah annona muricata, tidak tahu pasti mengapa orang-orang menamakannya nagka belanda atau durian belanda.

Menurut banyak cerita kalau tanaman ini dibawak oleh orang-orang Belanda ke Indonesia semasa penjajahan mereka. Padahal menurut penelitian ilmuan nangka belanda atau sirsak ini berasal dari Karibia di Amerika Tenga dan Selatan.

Nangka belanda atau sirsak memiliki rasa manis-asam dengan warna daging buah putih. Biji-biji kecil pipih yang berada di dalam daging buah, berwarna hitam. Buah sirsak mengandung banyak vitamin C. Sehingga sangat baik mengkonsumsi buah sirsak untuk daya tahan tubuh. Untuk mencegah panas dalam, sakit tenggorokan, dan sariawan.

Tanaman buah sirsak atau nangka belanda ini, dapat tumbuh baik di kawasan tropis seperti di Indonesia. Tidak perlu menanam banyak pohon sirsak untuk kebutuhan keluarga. Anda cukup menanam satu batang pohon. Lalu rawat dengan baik agar tumbuh normal.

Maka, kebutuhan vitamin C keluarga akan terpenuhi. Karena, pada masa produktifnya, pohon akan berbuah berkelanjutan dan cukup banyak.
Pohon sirsak berbuah tidak bermusim seperti buah durian atau duku. Anda dapat mengolah buah nangka belanda menjadi es buah, just, sirup dan makanan segar lainnya. Buah nangka belanda baik dimakan matan.

Simpan buah di tempat sejuk dan jangan biarkan terlalu matang. Pohon sirsak dapat dijadikan tanaman pangan dan tanaman bisnis. Sehingga boleh dicoba untuk membudidayakan sirsak. Tanamlah, sebatang pohon sirsak di halaman rumah Anda.

Oleh. Totong Mahipal.
Editor. Desti. S.Sos.
Fotografer. Dadang Saputra.
Palembang, 7 Juni 2020.

Sy. Apero Fublic.