11/17/2020

PEKAN ADAT SUMATERA SELATAN: Kenalkan Aksara Kuno Sumatera Selatan

Beberapa anak-anak yang mulai mengenal aksara kuno Sumatera Selatan
Apero Fublic.- Palembang. Penyelenggaraan Pekan Adat Sumatera Selatan bertujuan untuk mengenalkan, melestarikan, dan mengembangkan budaya-budaya yang dimiliki masyaraat Melayu di Sumatera Selatan. Baik itu berupa warisan kebudayaan atau budaya yang masih dipergunakan.

Pada pekan adat, berlokasi di taman Bukit Siguntang Kota Palembang. Diselenggarakan acara-acara, yaitu Rembuk Adat, Pergelaran Tradisi Lisan, Lomba Lukis, Karnaval Busana Adat, Lomba Permainan Rakyat, Lomba Musikalisasi Puisi, Demo Lukis dan lainnya. Salah satu acara yang menarik adalah Pengenalan aksara kuno Sumatera Selatan, yaitu Aksara Ulu, aksara Arab Melayu, dan Aksara Pallawa.

Berkesempatan hadir dalam agenda pengenalan aksara kuno Sumatera Selatan. Diantaranya Bapak Dr. Wahyu Rizki. A, S.S., M.M, sebagai nara sumber Narasumber Aksara Pallawa. Aksara Pallawa adalah aksara yang digunakan pada masa Nusantara dipengaruhi oleh kebudayaan India.

Hadir juga Ibu Dr. Nyimas Umi Kalsum, M. Hum, sebagai narasumber Aksara Arab Melayu. Beliau memang terkenal sebagai ahli ilmu filologi di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Fakultas Adab dan Humaniora.

Untuk Narasumber Aksara Ulu seorang Mahasiswa Starta Dua di UIN Raden Fatah Palembang, Nuzulur Ramadhona, S. Hum. Pelatihan dan acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 12 - 14 November 2020 yang berlokasi di Galeri Bukit Siguntang, Palembang.

Harapan besar diadakannya iven pengenalan aksara kuno Sumatera Selatan agar masyarakat Melayu Sumatera Selatan mengenali budaya bangsa. Semoga rakyat mencintai aksara kuno dan Pemerintah mau membuat nama-nama jalan, perkantoran Pemerintah dan sekolah-sekolah disandingkan dengan aksara kuno tersebut.

Oleh. Arip Muhtiar, S.Hum.
Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 15 November 2020.

Sy. Apero Fublic.

0 komentar:

Post a Comment