4/12/2020

Mengenal Buah Srikaya.

Apero Fublic.- Srikaya adalah tumbuhan buah yang dikelompokkan kedalam keluarga genus Annona. Nama ilmia dari srikaya adalah annona Squamosa. Habitat asli srikaya adalah wilayah iklim tropis. Batang pohon srikaya tingginya mencapai delapan meter. Isi daging buah berwarna putih. Sedangkan warnah kulit buah hijau kadang agak kekuningan atau kemerahan. Srikaya juga dikenal dengan nama apple custard. Termasuk jenis buah yang banyak disukai orang.

Daging buah srikaya rasanya manis. Saat makan buahnya agar jangan sampai memakan biji hitamnya. Ada yang berkata kalau bijinya agak beracun. Srikaya dapat dikonsumsi langsung, dibuat minuman segar jus, dan dijadikan es. Adapun manfaat buah srikaya adalah. Bagus untuk kesehatan jantung, kesehatan kulit, kesehatan rambut. Menjaga tekanan darah tetap stabil dan normal. Menyehatkan tulang-tulang tubuh.

Banyak yang bilang kalau daun buah srikaya bermanfaat dalam penyembuhan kanker. Sedangkan kulit batang pohonya dapat dimanfaatkan untuk mengobati sakit gigi dan nyeri gusi. Bagi anda yang memang mudah naik berat badan. Agar jangan terlalu banyak mengkonsumsi buah srikaya. Karena buah srikaya dapat menambah nafsu makan. Selain itu, adanya kandungan vitamin A dan vitamin C membuat buah srikaya bermanfaat untuk kesehatan mata.

Buah srikaya dapat diolah menjadi bermacam-macam panganan. Seperti dijadikan kue Bu’uk yang dipadukan dengan ketan. Kue ini adalah hasil kreasi seorang ibu-ibu dalam Festival Srikaya 2019 Lapangan Karapan Sapi, di Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep (24/03/20290. Tentu, masih banyak lagi jenis-jenis olahan makanan lainnya berbahan srikaya. Srikaya juga sering dijadikan slay untuk roti siap saji.

Demikian sedikit informasi tentang buah srikaya. Apabila anda tertarik untuk membudidayakan tanaman srikaya di Indonesia yang beriklim tropis. Tentu akan menjadi suatu lahan bisnis baru bagi Anda. Pangsa pasar yang luas dan didukung iklim yang baik. Srikaya akan menjadi sebuah indurtri tersendiri nantinya. Semoga bermanfaat terimakasih sudah berkunjung ke Apero Fublic.

Oleh. Rama Saputra
Editor. Selita. S.Pd.
Palembang, 12 April 2020.


Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment