6/28/2019

KKN Mandiri Kelompok 7 Edukasi Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan

Apero Fublic.- Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Pepatah  lama bangsa Indonesia yang sudah menjadi motivasi dalam mengerjakan sesuatu bersama-sama. Bermakna, seberat apapun suatu pekerjaan apabila dikerjakan bersama-sama akan terasa ringan, dan akan cepat selesai. Pepatah tersebut juga mengajarkan agar selalu bersatu, selalu bekerja sama.

Tidak ada yang istimewa, tidak ada yang santai, tetapi semua bekerja sesuai dengan kemampuan. Kegiatan yang paling mencerminkan dari pepatah tersebut adalah kegiatan gotong royong. Selain pepatah tersebut, ada juha ungkapan orang Melayu, atau perkataan orang-orang tua, “tiada bukit yang tak dapat di daki, dan tak ada luran (lembah) yang tak dapat dituruni.


Berbicara soal kerja sama, atau gotong royong. Hari ini, mahasiswa KKN Mandiri Kelompok 7, Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, mengadakan agenda KKN, edukasi kebersihan lingkungan, yaitu kegiatan gotong royong bersama warga Perumnas, RT. 69, Kelurahan Talang Kelapa, Kecamatan Alang-Alang Lebar, Kota Palembang.

Kegiatan gotong royong tersebut langsung di komandoi oleh Bapak RT. 69, Bapak Arianto. Untuk memberi tahu warga, langsung diedarkan surat pemberitahuan oleh RT, setempat. Kegiatan berlangsung Minggu, 20 Januari, pukul 07:00 WIB, sampai dengan selesai, dimulai dari sekitar lapangan bola, bulu tangkis.
Dalam agama Islam, kebersihan adalah utama. Belum sempurna iman seorang muslim apabila belum mencintai kebersihan. Semua nila-nilai Islam selalu dilandaskan untuk kebersihan. Kebersihan diri individu, kebersihan jiwa, kebersihan lingkungan, kebersihan hati.

Kita dapat menarik kesimpulan, setiap ibadah kaum muslim selalu untuk kebersihan. Shalat selalu dilaksanakan dengan bersih, dari hadas kecil dan hadas besar, tempat, baju dan sebagainya. Zakat untuk membersikan harta, puasa untuk menyucikan jiwa atau kembali ke fitrah, semuanya untuk kebersihan.

Begitupun dengan kebersihan lingkungan seperti kegiatan gotong royong yang dilakukan masyarakt RT. 69, dan para mahasiswa tersebut. Adalah bagian dari edukasi kebersihan di dalam kehidupan masyarakat. Memang tidak banyak yang dilakukan, namun semangat itu, harus ditularkan. Agar masyarakat tidak merasa sendiri.
Foto suasana gotong royong mahasiswa bersama masyarakat sedang bekerja saat membersikan lingkungan RT. 69. Foto berbaju merah (bawah) bapak RT. 69 sedang membersihkan parit yang tersumbat oleh sampah.

Laporan. Julia Anggraini.
Editor. Selita. S.Pd.
Palembang, 20 Januari 2019.
Sumber foto. Julia Anggraini.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment