Syarce

Syarce adalah singkatan dari syair cerita. Syair cerita bentuk penggabungan cerita dan syair sehingga pembaca dapat mengerti makna dan maksud dari isi syair.

Apero Mart

Apero Mart adalah tokoh online dan ofline yang menyediakan semua kebutuhan. Dari produk kesehatan, produk kosmetik, fashion, sembako, elektronik, perhiasan, buku-buku, dan sebagainya.

Apero Book

Apero Book adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi semua jenis buku. Buku fiksi, non fiksi, buku tulis. Selain itu juga menyediakan jasa konsultasi dalam pembelian buku yang terkait dengan penelitian ilmiah.

Apero Popularity

Apero Popularity adalah layanan jasa untuk mempolerkan usaha, bisnis, dan figur. Membantu karir jalan karir anda menuju kepopuleran nomor satu.

@Kisahku

@Kisahku adalah bentuk karya tulis yang memuat tentang kisah-kisah disekitar kita. Seperti kisah nyata, kisah fiksi, kisah hidayah, persahabatan, kisah cinta, kisah masa kecil, dan sebagaginya.

Surat Kita

Surat Kita adalah suatu metode berkirim surat tanpa alamat dan tujuan. Surat Kita bentuk sastra yang menjelaskan suatu pokok permasalaan tanpa harus berkata pada sesiapapun tapi diterima siapa saja.

Sastra Kita

Sastra Kita adalah kolom penghimpun sastra-sastra yang dilahirkan oleh masyarakat. Sastra kita istilah baru untuk menamakan dengan sastra rakyat. Sastra Kita juga bagian dari sastra yang ditulis oleh masyakat awam sastra.

Apero Gift

Apero Gift adalah perusahaan yang menyediakan semua jenis hadia atau sovenir. Seperti hadia pernikahan, hadia ulang tahun, hadiah persahabatan, menyediakan sovenir wisata dan sebagainya. Melayani secara online dan ofline.

3/03/2022

Bupati Beni Hernedi Hadiri Peringatan Hari Raya Nyepi di Desa Suka Maju.

APERO FUBLIC.- PLAKAT TINGGI. Pelaksana Tugas Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi SIP melakukan kunjungan kerja ke Desa Suka Maju Kecamatan Plakat Tinggi dalam rangka bersilaturahmi dengan masyarakat sekaligus menghindari Peringatan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1944, Kamis (2/3/2022).

Bertempat di Pure Buana Sakti Desa Suka Maju Plt Bupati Muba bersama masyarakat melakukan kegiatan seremonial menyambut Hari Raya Nyepi yang akan dilaksanakan besok (3/3/2022) dengan Tema “Mari Tingkatkan Sradha dan Bhakti Kita Agar Terciptanya Kesucian Diri dan Alam Semesta Menuju Kehidupan yang Shanti”.

Dalam kesempatan itu Beni mengatakan, merupakan suatu hal wajar dan biasa dilakukan seorang pemimpin daerah untuk bersilaturahmi dengan masyarakat, tak terkecuali Pemerintah Kabupaten Muba terutama mengingat Bumi Serasan Sekate dengan luasannya memiliki masyarakat yang beraneka ragam suku, adat dan keyakinan.

"Kehadiran kami disini wajib dilakukan, untuk mengayomi masyarakat sekaligus memberi contoh menanamkan sifat toleransi, dan menghormati antar umat beragama di Kabupaten Muba," ujarnya.

Selain bersilaturahmi, ia menyampaikan kehadirannya bersama jajaran Pemkab Muba ke Desa Suka Muba ingin mengetahui kondisi masyarakat di desa tersebut yang akan melakukan puasas elama 24 jam bagi Umat Hindu di Hari Raya Nyepi.

"Dalam kesempatan kesempatan ini juga ingin menyaksikan langsung kondisi di desa-desa untuk dijadikan pertimbangan dalam mengambil kebijakan pembangunan dengan apa yang dibutuhkan masyarakat," bebernya.

Ketua Adat Kecamatan Plakat Tinggi Wayan Gena mengucapkan terima kasih kepada Plt Bupati Muba yang telah sengaja melakukan kunjungan kerja, mengayomi masyarakat terutama warga Desa Suka Maju yang bertepatan umat Hindu di desa itu akan Merayakan Hari Raya Nyepi.

"Kami tidak henti-hentinya bersyukur,  dari awal kedatangan ke Muba pada tahun 1982 melalui program transmigrasi, saat ini sudah mencapai 35 KK. Mudah-mudahan kegiatan kami ini bisa selalu membawa keberkahan untuk kita semua. Dan kita terus menjalankan toleransi beragama, saling menjunjung tinggi keharmonisan  untuk kita tanamkan ke generasi yang akan datang," ungkapnya.

Lanjutnya, menyambut Perayaan Hari Raya Nyepi warga Desa Suka Maju melakukan pembersihan sumber air dan sedekah bumi.

"Untuk penutupan besok menjelang puasa selama 24 jam, kami sudah berkoordinasi serta didukung pemerintah kecamatan, desa dan Polsek Plakat Tinggi. Pukul 05.00 WIB kita sudah mulai. Tanpa dukungan dari Pemerintah Kabupaten Muba kegiatan ini tidak akan berjalan dengan baik, untuk itu kami ucapkan terimakasih dan izinkan kami menjalankannya dengan tenang," ucap Wayan Gena.

Dikatakannya, terkhusus di Desa Suka Maju, ada beberapa kendala yang di hadapi masyarakat yang perlu diperhatikan Pemkab Muba diantaranya perbaikan jalan, dan jembatan.

"Mudah-mudahan kedepannya dapat diteruskan pembangunan dengan apa yang menjadi angan-angan kami," imbuhnya.

Sementara Wakil Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Wayan Aryawan juga mengucapkan terima kasih kepada Plt Bupati Muba yang merakyat bersilaturahmi dengan Umat Hindu Desa Suka Maju menyentuh umat kami. Yang kami harapkan seperti inilah.Pemimpin yang menyentuh ke umat kami.

"Umat Hindu di Muba saat ini kurang lebih 7.000 jiwa yang sudah terdaftar di (PHDI ) tersebar dibeberapa kecamatan, dan tetap saling menghormati antar umat beragama," pungkasnya.

Turut hadir diantaranya, Wakil Ketua DPRD Muba Jon Kenedi, Wakil Ketua I TP PKK Muba Susi Imelda Beni, Kasat Pol PP Muba Erdian Syahri, Camat Plakat Tinggi Yugo Valentino, dan Kabag Kesra Setda Muba H Opi Pahlopi. (HS)

Editor. Totong Mahipal
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 3 Maret 2022.

Sy. Apero Fublic

3/01/2022

MUSI BANYUASIN: Pastikan Jadi Tuan Rumah Terbaik Liga Nusantara

APERO FUBLIC.- SEKAYU. Liga Nusantara (Linus) Futsal tahun 2022 se-Sumatera Selatan dipastikan semarak dan meriah. Hal ini juga didukung dengan ditunjuknya Kabupaten Muba oleh Asosiasi Futsal Sumatera Selatan untuk menjadi tuan rumah perhelatan olahraga bergengsi tersebut.

Hal ini disampaikan langsung Kepala Dinas Perkebunan Muba sekaligus Ketua Umum Asosiasi Futsal Muba Ahmad Toyibir SSTP MM saat menggelar Rapat Bersama Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Muba, Rabu (02/3/2022) berlangsung di Ruang Rapat Disbun Muba.

Menurut Ahmad Toyibir, kegiatan Linus tersebut akan dilaksanakan mulai tanggal 7- 15 Maret 2022 di Stable Berkuda Sekayu dan dengan tetap akan mengedepankan protokol kesehatan COVID-19, serta menggunakan aplikasi Peduli Lindungi menjadi syarat utama dalam kegiatan tersebut sebagai antisipasi pencegahan lonjakan kasus COVID-19.

Ibir juga berharap semua pihak dapat mendukung dan mensupport penuh kegiatan Linus tersebut sehingga sukses dan menambah harum Kabupaten Muba.

"Kami mohon dukungan dari OPD agar acara ini berjalan lancar dan sukses. Jadi, perlu kita ketahui Tanggal 7 ini kita akan mulai gelar laga untuk pemain lokal. Diharapkan Kick-off pada tanggal 10 Gubernur Sumatera Selatan bisa berkesempatan hadir langsung menyaksikan dan memeriahkan ajang ini,"ungkapnya.

Menanggapi yang disampaikan, seluruh OPD terkait siap memberikan bantuan dan mendukung sehingga Liga Nusantara Futsal berjalan lancar dan sukses. "Kami pada prinsipnya sangat mendukung dan mensupport serta siap mensukseskan acara ini sesuai dengan harapan kita bersama,"ungkap  Kepala Dispopar Muba Muhammad Fariz SSTP MM.

Sementara, Ketua Asosiasi Futsal Sumsel Ir Islah Taufik MSi dalam sambutannya mengatakan bahwa Kabupaten Musi Banyuasin memang layak menjadi tuan rumah di Liga Nusantara Futsal ini. Selain fasilitas memadai, Pemkab Muba juga sangat maksimal dalam melaksanakan berbagai event, sehingga selalu sukses menjadi tuan rumah berbagai event.

"Untuk kegiatan ini kami akan segera koordinasi dengan Gubernur Sumsel H Herman Deru, kalau bisa tanggal 10 nanti, kita harapkan pak gubernur bisa hadir langsung. Dan harapan kita, semoga nantinya Muba bisa menjadi tuan rumah yang terbaik dan maksimal dalam kesuksesan acara Liga Nusantara Futsal ini," tandasnya. (HS)

Editor. Melly
Tatafoto. Dadang Saputra
Palembang, 2 Maret 2022.

Sy. Apero Fublic

MUSI BANYUASIN: Update COVID-19 Muba: Bertambah 7 Kasus Sembuh, 8 Positif

APERO FUBLIC.- SEKAYU. Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Muba, Rabu (2/3/2022) mengkonfirmasi penambahan 7 kasus sembuh dan 8 positif.

"Ada penambahan 7 kasus sembuh dan 8 positif per 2 Maret 2022," ungkap Jubir Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Muba, Seftiani Peratita SS MKes.

Sefti merinci, adapun penambahan kasus positif diantaranya kasus 3227 Laki-laki usia 39 tahun asal Batanghari Leko, kasus 3228 perempuan 36 tahun Lawang Wetan, kasus 3229 perempuan 88 tahun Lais, kasus 3230 Laki-laki 56 tahun Sanga Desa.

"Kemudian, kasus 3231 Laki-laki 41 tahun Keluang, kasus 3232 perempuan 24 tahun Tungkal Jaya, kasus 3233 perempuan 10 tahun Batanghari Leko, dan kasus 3234 perempuan 31 tahun Sungai Lilin," urainya.

Diketahui, hingga 2 Maret 2022 ada sebanyak 3234 kasus. Diantaranya 3011 kasus sembuh, 63 kasus dirawat, dan 160 kasus meninggal dunia," urainya.

Sementara itu, berdasarkan data update Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Muba 2 Maret 2022 tercatat ada sebanyak 429 ODP 429 selesai pemantauan 0 masih dipantau, 1.199 kontak erat 1.199 kontak selesai pemantauan 0 kontak erat yang masih dipantau, 191 PDP 0 proses pengawasan 190 selesai pengawasan. (HS)

Editor. Rama Saputra.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 2 Maret 2022.

Sy. Apero Fublic