Syarce

Syarce adalah singkatan dari syair cerita. Syair cerita bentuk penggabungan cerita dan syair sehingga pembaca dapat mengerti makna dan maksud dari isi syair.

Apero Mart

Apero Mart adalah tokoh online dan ofline yang menyediakan semua kebutuhan. Dari produk kesehatan, produk kosmetik, fashion, sembako, elektronik, perhiasan, buku-buku, dan sebagainya.

Apero Book

Apero Book adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi semua jenis buku. Buku fiksi, non fiksi, buku tulis. Selain itu juga menyediakan jasa konsultasi dalam pembelian buku yang terkait dengan penelitian ilmiah.

Apero Popularity

Apero Popularity adalah layanan jasa untuk mempolerkan usaha, bisnis, dan figur. Membantu karir jalan karir anda menuju kepopuleran nomor satu.

@Kisahku

@Kisahku adalah bentuk karya tulis yang memuat tentang kisah-kisah disekitar kita. Seperti kisah nyata, kisah fiksi, kisah hidayah, persahabatan, kisah cinta, kisah masa kecil, dan sebagaginya.

Surat Kita

Surat Kita adalah suatu metode berkirim surat tanpa alamat dan tujuan. Surat Kita bentuk sastra yang menjelaskan suatu pokok permasalaan tanpa harus berkata pada sesiapapun tapi diterima siapa saja.

Sastra Kita

Sastra Kita adalah kolom penghimpun sastra-sastra yang dilahirkan oleh masyarakat. Sastra kita istilah baru untuk menamakan dengan sastra rakyat. Sastra Kita juga bagian dari sastra yang ditulis oleh masyakat awam sastra.

Apero Gift

Apero Gift adalah perusahaan yang menyediakan semua jenis hadia atau sovenir. Seperti hadia pernikahan, hadia ulang tahun, hadiah persahabatan, menyediakan sovenir wisata dan sebagainya. Melayani secara online dan ofline.

10/20/2021

Lagu Kota Wisata Olahraga Ciptaan Guru Honor di Muba Ramaikan Jagad Media Sosial.

APERO FUBLIC.- MUBA-SEKAYU. Oi Sanak Dulur, Berkunjunglah ke Kota Kami, Jelajalah Seluruh Tempat Wisata. Musim Kemarau Kitek Pacak Bekarang Ikan, Serte Pacak Ngelek Festival Bongen.

Begitulah lirik lagu yang berjudul Kota Wisata Olahraga ciptaan guru honorer di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Muba yang baru-baru ini ramai di Jagad media sosial (medsos). Lagu berdurasi 5 menit 7 detik ini bercerita keindahan wisata Olahraga yang dimiliki Bumi Serasan Sekate.

"Inspirasinya karena sejak empat tahun terakhir ini di Muba wisata alamnya dan fasilitas olahraganya terus berkembang, pesat jadi saya tergerak untuk membuat lagu," ungkap Novia Wulandari SPd, sang Penyanyi Lagu Kota Wisata Olahraga.

Perempuan kelahiran 13 September 1996 ini mengaku, tak menyangka lagu yang dinyanyikannya tersebut viral di medsos dan mendapat respon positif dari banyak pihak.

"Saya sangat berterima kasih kepada masyarakat Muba dan Pemkab Muba atas dukungannya, semoga lagu ini bisa lebih mengangkat potensi wisata yang ada di Muba," ungkap peraih Juara pertama lomba Senjang Festival Randik tahun 2018 itu.

Sementara itu, Plt Bupati Muba Beni Hernedi SIP mengatakan dirinya sangat bangga dengan potensi dan bakat yang dimiliki generasi muda di Muba. "Ini karya positif dan memberikan kontribusi sangat baik untuk mengangkat potensi yang ada di Muba," kata Beni yang juga Ketua PMI Muba.

Ia berharap, dengan karya seni dari Novia ini dapat memacu motivasi generasi muda lainnya di Muba untuk berlomba-lomba menghasilkan kreatifitas positif yang bermanfaat. "Ini wujud nyata untuk andil berkontribusi membangun daerah," ulasnya.

Kepala Dispopar Muba, Muhammad Fariz SSTP MM mengatakan secara langsung karya dari Novia dapat lebih mengenalkan potensi wisata dan fasilitas Olahraga yang ada di Muba.

"Semoga pariwisata dan sarpras Olahraga yang ada di Muba dapat lebih baik lagi tersampaikan ke khalayak, demi mewujudkan Muba Maju Berjaya di tahun 2022," harapnya.

Pantauan di media sosial, tampak lagu Kota Wisata Olahraga tersebut diunggah dan ditonton puluhan ribu warganet. Mari bersinergi dalam harmonisasi dan kreasi mendukung visi Muba Maju Berjaya yang tinggal beberapa bulan lagi. Semoga berkenan dengan sebuah lagu karya putri daerah Muba. (HS).

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 20 Oktober 2021.

Sy. Apero Fublic

Lagu Wisata Olahraga Musi Banyuasin Viral Jelang Anugerah Pesona Indonesia 2021.

APERO FUBLIC.- MUSI BANYUASIN. Di penghujung pelaksanaan puncak Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2021  Nopember mendatang, di Sekayu, Musi Banyuasin, sebuah lagu khas Muba  viral di media. Tampak sudut-sudut keindahan Muba pada lagu berjudul Kota Wisata Olahraga. Nyaris seluruh objek wisata alam dan tradisi serta fasilitas olahraga ditampilkan secara epik. Lagu Kota Wisata Olahraga ini dikarang dan dibawakan Novia Wulandari, seorang guru kelahiran Plakat Tinggi sekaligus kreator seni.

"Irama lagunya optimis, penuh semangat. Sambil menyimak lirik lagu, mata kita pun dibimbing menikmati pesona wisata Muba yang elok. Gambaran suasana pada video lagu ini bikin penasaran dan ingin datang langsung ke lokasi," tutur Ina, saat ditemui sedang kongkow di Taman Air Sekayu.

Bagi warga luar kota yang melintasi kota Sekayu cocok singgah di taman ini. Seperti diungkapkan CEO Ayo Jalan-jalan Indonesia, Muhammad Syafa'at bersama tim lainnya saat berada di Kabupaten Muba.

"Kami datang dari Jakarta sejak kemarin dan sudah keliling langsung Kota Sekayu, melihat langsung objek wisata dan keunggulan yang ada di Muba, sungguh luar biasa. Selaku penyelenggara ajang API kami sangat mengapresiasi kesiapan Kabupaten Muba untuk menyelenggarakan malam puncak Anugerah Pesona Indonesia Ke-6 tahun 2021," ucapnya, Senin (20/9/2021).

"Ini wujud kebanggaan warga Muba menampilkan keindahan daerah sendiri. Cara ini sangat pas untuk  pengembangan  pariwisata dan perekonomian daerah. Dari cerita mulut ke mulut atau juga lewat lagu yang renyah wisatawan lebih mudah menangkap pesan. Sinergi warga dan pemerintah ini cocok diteruskan," beber Kadin Kominfo Muba Herryandi Sinulingga, AP Rabu, (20/10/2021).

Sinulingga menyebut lewat lagu dan video Novia, terpapar banyak potensi Muba. Menurutnya penggambaran itu sangat efektif menarik minat masyarakat.

"Ada objek wisata alam, event olahraga, fasilitas seni dan pusat pembinaan atlet usia dini.  Ada juga potensi dari sisi fashion yakni Gambo Muba yang berasal dari limbah gambir, lalu oantai bongen, serta kearifan sosial bekarang dan lainnya yang ditampilkan dalam video lagu itu. Partisipasi warga yang seperti ini layak disupport," jelas dia

Novia sebagai pencipta lagu menyebut seni, olahraga dan pariwisata bisa dipadukan. Pemerintah punya konsep dan dia senang terlibat di dalamnya.  "Lewat cara yang saya tekuni yakni lagu saya sengaja menghadirkan keindahan,keelokan, potensi wisata serta optimisme dalam lagu ini. Kalau sebarannya bisa maksimal ya  sangat bagus. Syukur bisa  mencuri perhatian wisatawan lokal dan mancanegara," ungkap Novia yang juga kondang sebagai artis Senjang. Ia tercatat beberapa kali memenangi kejuaraan tarik suara di Muba. (HS).

Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 20 Oktober 2021.

Sy. Apero Fublic