Syarce

Syarce adalah singkatan dari syair cerita. Syair cerita bentuk penggabungan cerita dan syair sehingga pembaca dapat mengerti makna dan maksud dari isi syair.

Apero Mart

Apero Mart adalah tokoh online dan ofline yang menyediakan semua kebutuhan. Dari produk kesehatan, produk kosmetik, fashion, sembako, elektronik, perhiasan, buku-buku, dan sebagainya.

Apero Book

Apero Book adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi semua jenis buku. Buku fiksi, non fiksi, buku tulis. Selain itu juga menyediakan jasa konsultasi dalam pembelian buku yang terkait dengan penelitian ilmiah.

Apero Popularity

Apero Popularity adalah layanan jasa untuk mempolerkan usaha, bisnis, dan figur. Membantu karir jalan karir anda menuju kepopuleran nomor satu.

@Kisahku

@Kisahku adalah bentuk karya tulis yang memuat tentang kisah-kisah disekitar kita. Seperti kisah nyata, kisah fiksi, kisah hidayah, persahabatan, kisah cinta, kisah masa kecil, dan sebagaginya.

Surat Kita

Surat Kita adalah suatu metode berkirim surat tanpa alamat dan tujuan. Surat Kita bentuk sastra yang menjelaskan suatu pokok permasalaan tanpa harus berkata pada sesiapapun tapi diterima siapa saja.

Sastra Kita

Sastra Kita adalah kolom penghimpun sastra-sastra yang dilahirkan oleh masyarakat. Sastra kita istilah baru untuk menamakan dengan sastra rakyat. Sastra Kita juga bagian dari sastra yang ditulis oleh masyakat awam sastra.

Apero Gift

Apero Gift adalah perusahaan yang menyediakan semua jenis hadia atau sovenir. Seperti hadia pernikahan, hadia ulang tahun, hadiah persahabatan, menyediakan sovenir wisata dan sebagainya. Melayani secara online dan ofline.

6/18/2021

Sirene Musi Banyuasin Masuk 10 Besar Inovasi Layanan Publik 2021

APERO FUBLIC.- MUSI BANYUASIN. Salah satu inovasi layanan publik Pemkab Musi Banyuasin yakni Sirene Muba berhasil masuk 10 besar terbaik finalis Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2021. Capaian Pemkab Muba dalam layanan ambulan gratis dan kegawatdaruratan 24 jam ini dikukuhkan panitia KIPP Kementrian PAN/RB nomor B/112/PP.00.05/2021 pada 16 Juni 2021 tertanggal 16 Juni 2021.

"Inovasi ini kita buat untuk mempermudah akses masyarakat pada pemenuhan hak dasar yakni layanan kesehatan. Kita buat sebelum ada kompetisi. Dan sudah dijalankan sejak 26 Nopember 2019. Ini komitmen Pemkab Muba selalu hadir di tengah warganya.  Seperti yang ditunjukkan Bupati Muba DR Dodi Reza Alex selalu fokus pada kesehatan masyarakat. Saat MenPAN/RB mengadakan KIPP kita ikutkan dan Alhamdulillah masuk 20 besar terbaik. Semoga hasil akhirnya memuaskan. Namun lebih utama layanan ini harus meningkatkan pelayanan kesehatan bagi warga Muba,"terang Kadinkes Muba dr Azmi Dariusmansyah, Jumat, (18/06/2021).

PSC 119 SIRENE MUBA, tambah Azmi didampingi Jonadi, Kasi Pelayanan Rujukan Kesehatan,  layanan ambulans gratis dan kegawatdaruratan medik pra rumah sakit 24 jam ini berbasis aplikasi android. 

"Implementasinya,  saat masyarakat memencet tombol gawat darurat atau emergency button pada aplikasi Sirene Muba maka  petugas akan merespon dan mengirimkan bantuan medis yg dibutuhkan,"rincinya.

Untuk memperluas jangkauan, PSC 119 juga melayani  homecare atau panggilan darurat medis di rumah. Untuk langkah ini Pemkab Muba menyediakan  bus rujukan pasien rawat jalan. Tak hanya lewat aplikasi berbasis android, Pemkab Muba melalui Finkes Muba membuka  layanan telepon GSM di nomor 0812-3000-119.

Sebagai instrumen pelayanan, program Sirene Muba dirancang mampu menjangkau  seluruh wilayah Muba yang akan direspon cepat oleh  petugas puskesmas dan petugas kesehatan di desa.  Sejak diluncurkan program ini sudah  melayani 3000an panggilan baik melalui aplikasi maupun saluran telepon. Terkait kompetisi inovasi pelayanan publik, Sirene Muba ikut bersama instansi lain yang dikoordiniir Bagian Organisasi Setda Muba.

"Setelah membuat laporan dan menyiapkan data, Dinkes memasukkan proposal lomba Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) KemenPAN/RB melalui Bagian Organisasi pada April 2021. Lalu 20 Mei 2021 diumumkan lulus administrasi dan pada  17 Juni 2021 diumumkan masuk urutan 10 Besar TOP 15 Replikasi Inovasi Pelayanan Publik 2021 dari 1.619 proposal yg masuk se Indonesia yg terdiri dari 3 kategori yaitu Umum, Replikasi dan Khusus. Selanjutnya dalam waktu dekat akan dipilih TOP 5. Masyarakat dapat berpartisipasi dengan mengirimkan dukungan melalui email ke infosinovik@menpan.co.id," terangnya. (HS).

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 18 Juni 2021.

Sy. Apero Fublic

6/17/2021

Buat Semarak APKASI Otonomi Expo, Muba Tampilkan Berbagai Potensi Unggulan

APERO FUBLIC.- MUSI BANYUASIN. Bertempat di Ruang Rapat Serasan Sekate, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Dinas Pengindustrian dan Perdagangan Kabupaten Muba menggelar Rapat Persiapan Pameran Apkasi Otonomi Expo 2021.

Tentunya rapat ini menjadi point yang sangat penting untuk mensukseskan acara Apkasi Otonomi Expo 2021. Karenanya event ini merupakan kesempatan serta ajang untuk mempromosikan segala potensi yang ada di Muba kepada semua pihak. Event pameran ini juga berskala Nasional yang diikuti oleh seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota se-Indonesia. Jadi kesiapan serta pemantapan secara teknisnya harus dapat dituntaskan. Kepada  semua OPD yang terlibat langsung dalam kegiatan Pameran APKASI untuk segera menyiapkan data potensi di Organisasi Perangkat Daerah masing-masing.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba Drs Yusuf Amilin MSi, saat memimpin rapat pada Kamis (17/6/2021).

Sambung Yusuf, meskipun di tengah Pandemi COVID-19.  Pameran Apkasi Otonomi Expo 2021, harus bisa tampil lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang secara ketat sudah di atur oleh panitia Apkasi Pusat. 

Saat ini, Kabupaten Muba sedang terkenalnya dengan Aspal Karet dan Peremajaan Sawit Rakyat atau Replanting Sawit. Diharapkan untuk kedua pembahasan ini untuk bisa diprioritaskan, agar dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi yang berkunjung.

"Bukan berarti materi yang lainnya tidak menarik, namun kita dapat berbangga hati karena Aspal Karet dan Replanting Sawit dapat kita prioritaskan karena masih sangat minim untuk di kabupaten lain. Nantinya juga akan ada banyak investor besar hadir pada forum tersebut. Mereka ingin melihat dan mendengar potensi yang kita miliki. Ini dapat momentum yang tepat bagi kita untuk menampilkan dan menyampaikan segala potensi yang kita miliki kepada investor,"bebernya.

Sementara, Kepala Dinas Pengindustrian dan Perdagangan Kabupaten Muba Azizah SSos MT menyampaikan,  Pameran Apkasi Otonomi Expo 2021 memiliki tema "Daerah Bangkit Ekonomi Maju". Melalui tema ini dapat menjadi gambaran terhadap materi apa saja yang akan ditampilkan pada saat pelaksanaan Apkasi.

Apkasi Otonomi Expo 2021 akan berlangsung selama 3 hari yang dimulai pada tanggal 7 Juli 2021 sampai dengan 9 Juli 2021 di Jakarta Convention Center. Adapun rangkaian acara dalam pameran ini antara lain Businness Mathcing, UMKM Fair, Fashion Show dan Pemilihan Putri Otonomi Daerah.

Muba memiliki banyak potensi yang dapat dipamerkan mulai dari potensi Pertanian, Perkebunan Aspal Karet, Sawit dan beberapa layanan Publik yang diantaranya, Smart City, SIP OK Muba, Siskuedes, PSC 119, SAJI dan Perpustakaan Online. Potensi ini yang harus dapat di kemas dengan bagus dan didukung data akurat sehingga bisa memberikan informasi yang lengkap kepada pengunjung pameran nantinya.

"Kesuksesan dari acara ini tentunya menjadi harapkan serta keinginan untuk kita semua. Untuk mewujudkan kesuksesan ini, maka dukungan keikutsertaan dari setiap OPD yang terkait sangat dibutuhkan," ungkapnya. 

OPD terkait diberikan kesempatan untuk menyampaikan bahan-bahan pameran yang akan diikusertakan dalam Apkasi Otonomi Expo 2021 untuk diinventarisir sehingga pada saat rapat akhir bisa dicek kesiapan bahan pameran.

"Demikian juga dengan data-data dari OPD yang akan dibuatkan video potensi daerah untuk ditampilkan secara audio visual nantinya sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih detail kepada pengunjung pameran utamanya produk unggulan seperti Aspal Karet dan Replanting Sawit", tambahnya. (HS).

Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 18 Juni 2021.

Sy. Apero Fublic

6/16/2021

Tampilkan Berbagai Program Unggulan, Muba Targetkan Peningkatan Grade Smart City

Program Replanting, Tuai Pujian Tim Kemenkominfo.

APERO FUBLIC.- MUSI BANYUASIN. Guna memaksimalkan rangkaian dari penilaian smart city tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muba menggelar Bimbingan Teknis Tinjauan Lapangan (Field Evaluation) Smart City, Rabu (16/6/2021) di Ruang Rapat Serasan Sekate.

Bimtek dihadiri oleh Dewan Smart City Kabupaten Musi Banyuasin, tim Pelaksana Smart City Kabupaten Musi Banyuasin, Direktur Sekolah Tinggi Ekonomi Rahmaniyah Sekayu, Direktur Politeknik Sekayu, serta  Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Muba. Tampil sebagai narasumber via virtual adalah Pembimbing Smart City Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Hari Kusdaryanto, Chief Strategic Officer Citiasia Inc, Smart City Expert, dan Citiasia Center For Smart Nation (CCSN).

Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA melalui Sekretaris Daerah Muba Drs H Apriyadi MSi saat membuka acara menyampaikan gerakan 100 smart city bertujuan membimbing kabupaten/kota dalam menyusun masterplan smart city agar bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

"Dengan hadirnya narasumber dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, harusnya dapat menjadi semangat tersendiri bagi kita. Meskipun bimbingan disampaikan secara virtual namun diharapkan kita semua mampu mendorong pemerintah daerah untuk lebih maju lagi dalam mewujudkan Smart City di Kabupaten Musi Banyuasin," ucapnya.

Lanjut Sekda, kegiatan smart city merupakan salah satu prioritas pembangunan daerah dalam rangka mewujudkan visi Muba  Maju Berjaya 2022 yaitu menjadikan Musi Banyuasin sebagai kabupaten cerdas yang hijau, kreatif, inovatif berdaya saing dan terdepan. Guna mendukung terwujudnya Muba Maju Berjaya 2022. Smart city menjadi faktor penting dalam pelaksanaan pembangunan dan pemberian pelayanan publik di Kabupaten Musi Banyuasin.

Diharapkan dengan implementasi smart city, pengelolaan kabupaten akan lebih berkelanjutan dan berdaya saing melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi serta inovasi yang diarahkan untuk melakukan perbaikan kinerja, peningkatan efisiensi dan partisipasi masyarakat, sehingga dapat terwujudnya kehidupan masyrakat yang lebih aman, nyaman dan sejahtera.

"Sejak tahun 2018 Muba masuk kedalam bagian smart city. Telah banyak progam inovasi yang  terlaksana, dan selalu di evaluasi untuk setiap tahunnya. Semoga di tahun 2021 dengan  menampilkan 6 progam unggulan Pemerintah Kabupaten Muba dapat menaikan grade dalam penilaian dan menjadi yang terdepan. Untuk itu, kembali saya tegaskan terhadap ODP terkait untuk mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh," ungkapnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muba Herryandi Sinulingga AP mengatakan, dalam rangka mewujudkan kota cerdas smart city di Indonesia, Kementerian Kominfo bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Kementerian PPN/ BAPPENAS, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Keuangan, Kementerian PANRB menyelenggarakan program 100 smart city.

Bimbingan Teknis Tinjauan Lapangan (Field Evaluation) Smart City ini, menjadi salah satu agenda dalam melakukan pembimbingan terhadap segenap unsur pemerintah daerah yang terlibat agar mengetahui, mengerti, memahami dan dapat mengaktualisasi program Smart City secara nyata.

Serta melakukan pemeriksaan kembali (cross check) terhadap hasil evaluasi yang diperoleh pada kurun waktu tahun 2018 sampai dengan tahun 2021 dengan melakukan kunjungan langsung ke lapangan secara daring melalui aplikasi zoom. Kegiatan bimtek dan evaluasi lapangan ini dilakukan selama dua hari yaitu pada Rabu,16 Juni sampai dengan Kamis, 17 Juni 2021.

"Sedangkan untuk tinjauan lapangan dilakukan pada beberapa titik dari 6 program unggulan yaitu, Smart Governance, Pesona Mas Pandu di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Kantor Camat Lawang Wetan. Smart Economy, Peremajaan Sawit Rakyat di Kantor Dinas Perkebunan, Kecamatan Sungai Lilin dan Kecamatan Keluang.

Smart Living, Sirene Muba di Kantor Dinas Kesehatan. Smart Environment, Bank Sampah Mart di Kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Bank Sampah Prima Sekayu. Smart Society, Aplikasi I MUBA di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Smart Branding, di Kantor Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata," bebernya.

Sebagai narasumber dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Hari Kusdaryanto berpendapat bahwa, Kabupaten Musi Banyuasin sejak 3 tahun  menjadi kabupaten yang smart telah banyak menciptakan berbagai inovasi yang tertuang pada setiap programnya, serta memiliki komitmen dan infrastruktur yang baik. Dari 6 program unggulan yang telah di sampaikan tadi, ada program yang menjadi anugerah alam bagi Muba yaitu pada smart economy dengan program Peremajaan Sawit Rakyat/Replanting, karena bisa jadi program tersebut tidak dapat ditemukan pada kabupaten/kota lainnya. Tentu kelebihan ini harus dilakukan secara kolaborasi agar memiliki hasil yang maksimal.

"Semoga Kabupaten Muba dapat meningkatkan grade penilaian sesuai dengan apa yang diinginkan oleh Pemerintah. Evaluasi ini kita dilakukan sebanyak 2 kali dalam setahun, dan untuk evaluasi akbar nya akan dilaksanakan pada bulan November 2021,"tandas Hari. (HS).

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 16 Juni 2021.

Sy. Apero Fublic.

6/15/2021

TMMD Terbesar Indonesia Dimulai dari Kabupaten Musi Banyuasin.

Pangdam II Sriwijaya Apresiasi Semangat Bupati Dodi Reza Bangun Daerah Pelosok.

APERO FUBLIC.- MUSI BANYUASIN. Secara serentak pembukaan  program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 tahun Anggaran 2021, dimulai Selasa (15/2021). Begitu juga TMMD di wilayah Kodim 0401 Musi Banyuasin dimulai.

Program TMMD di Muba dibuka langsung oleh Panglima Kodam II Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi bersama Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA, di Opp Room Pemerintah Kabupaten Muba.

"Di Kodam II Sriwijaya ada lima  kabupaten yang hari ini juga diresmikan. Kita hadir langsung di Muba karena di Muba ini TMMD anggarannya Rp 14 miliar lebih dan terbesar se Indonesia," ujarnya.

Atas penganggaran ini Pangdam II Sriwijaya mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas perhatian, semangat Pemkab Muba yang dikomandoi Bupati Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA membangun akses Kecamatan Lalan yang merupakan kecamatan terpelosok di Bumi Serasan Sekate.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada Pak Bupati sudah memprogramkan TMMD nomor satu se Indonesia terbesar, kemudian terima kasih untuk satgas yang bekerja, baik itu TNI, Polri dan masyarakat yang tergabung bahu-membahu  menyelesaikan program ini. Mudah-mudahan hasil kerja kita ini berdampak pada masyarakat yang muaranya meningkatkan kesejahteraan masyarakat," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA mengatakan TMMD ke-111 Kodim 0401 Muba yang salah satunya membuka jalan poros penghubung antar desa di Kecamatan Lalan adalah program yang luar biasa dan membuktikan kemanunggalan antara TNI, rakyat dan pemerintah.

"Kenapa kita anggarkan terbesar se Indonesia ini, karena masyarakat Lalan yang berada di kecamatan terpelosok di Muba membutuhkan jalan poros, jalan penghubung ke Kecamatan Sungai Lilin (lintas timur) sudah kita bangun tahun lalu sekarang jalan poros dari barat sampai ke timur yang menghubungkan ke jalan tembus. Dan itupun kami pilih program TMMD, walaupun ini bisa saja dikerjakan dengan program kegiatan reguler. Kenapa saya pilih itu, karena saya ingin kemanunggalan antara masyarakat dan TNI di Muba ini semakin baik. Oleh karena itu saya kira ini program yang sangat bagus bukan hanya bagi Pemerintah Kabupaten Muba tapi juga bagi TNI dan masyarakat," ucap Dodi.

Dodi mengucapkan terima kasih  sebesar-besarnya kepada Pangdam II Sriwijaya serta seluruh jajaran yang juga menyambut baik rencana tersebut. Dodi pun memuji  satgas yang bekerja siang malam tanpa kenal lelah di tengah pandemi.

"Ini (TMMD) menimbulkan semangat baru bagi masyarakat bahwa pembangunan tidak terhenti walaupun dimasa pandemi Covid-19. Anggaran pemerintah tetap terserap sesuai instruksi Presiden Republik Indonesia dan khususnya untuk membangun daerah infrastruktur yang terpelosok. Tolong doakan program ini supaya bisa membawa kemaslahatan bagi masyarakat. Kami sudah berkomitmen bahwa kegiatan  ini akan kita teruskan, tuntaskan sehingga makin layak untuk dilalui," bebernya.

Berdasarkan laporan Dandim 0401 Muba Letkol Arh Fariz Kurniawan SST MT waktu pelaksanaan TMMD di Kecamatan Lalan selama 30 hari dari tanggal 15 Juni - 14 Juli 2021 bersumber dana dari Anggaran Komando Atas dan APBD Kabupaten Muba untuk pembangunan bersifat fisik sejumlah Rp. 14.954.000.000.

Adapun sasaran, fisik dan non fisik meliputi, penyiapan badan jalan, pengerasan jalan, dan pembangunan jembatan komposit. Sasaran non fisik, bakti sosial pelayanan kesehatan dan KB, penyuluhan pencegahan penularan Covid-19 dan vaksinasi, penyuluhan posyandu dan bahaya stuntinng, penyuluhan bahaya narkoba, penyuluhan keamanan serta ketertiban masyarakat, dan penyuluhan pencegahan kebakaran hutan kebun dan lahan.

"Tujuan TMMD adalah membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan baik bersifat fisik dan non fisik serta memantapkan kemanunggalan TNI rakyat dalam rangka menyiapkan ruang juang, alat juang, dan kondisi juang yang tangguh," pungkasnya.

Turut hadir, Danrem 044 Gapo Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji, pejabat Kodam II Sriwijaya, Kapolres Muba AKBP Erlin Tangjaya SIk, Ketua Pengadilan Agama Korik Agustian, Kajari Muba Marcos MM Simare-mare, Sekda Muba Drs H Apriyadi MSi, Para Asisten, Kepala Perangkat Daerah, Ketua TP PKK Muba Hj Thia Yufada Dodi Reza, dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Pangdam II Sriwijaya Ny Shinta Agus Suhardi. (HS).

Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 15 Juni 2021.

Sy. Apero Fublic

6/14/2021

Mengenal Pohon Buah Mbacang (Mangifera Foetida)

APERO FUBLIC.- FLORA. Mbacang adalah nama pohon buah-buahan yang sejenis dengan buah mangga, putaran, dan sejenisnya. Perbedaan dengan buah mangga terletak pada warna kulit buah. Mangga kulit buah hijau seperti daun, sedangakan warna kulit mbacang hijau kecoklatan. Bentuk buah mbacang bulat lonjong, dengan kulit buah dan daging buahnya yang tebal. Embacang lebih dekat ke buah putaran kalau melihat bentuk buah, tebal kulit dan daging buahnya. Namun rasa mbacang hampir sama dengan rasa mangga, tidak kalah manisnya.

Mbacang tumbuh dihutan-hutan tropis (Sumatera, Kalimantan, Malaysia) dan kemudian dibudidayakan manusia. Di pedesaan embacang ditanam di talang-talang atau kebun buah-buahan tradisional, di ladang, diperkebunan masyarakat, dan di sekitar tempat tinggal mereka. Sebuah nama desa di Kecamatan Mesuji Raya, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumatera Selatan menggunakan nama embacang, Desa Embacang. Nama embacang sangat jelas diambil dari nama pohon buah mbacang.

Mbacang terdeteksi dalam kalsifikasi ilmiah mangifera foetida, dari keluarga anacardiaceae, genus mangifera. Batang pohon mbacang lurus dan bagian dedaunan atas banyak bercabang. Ketinggian batang pohon mbacang dapat mencapai 28 sampai 35 meter dari atas permukaan tanah. Kulit batang pohon berwarna abu-coklat dan tebal. Mbacang diperbanyak dengan biji atau pembibitan. Masuk dalam golongan tumbuhan berkeping dua (dikotil).

Mbacang berasal dari Sumatera, Kalimantan, Semenanjung Malaysia yang kemudian menyebar ke penjuru Indonesia. Lalu menyebar juga ke kawasan Asia Tenggara terutama di Mianmar dan Filipina. Pohon mbacang yang besar sering dijadikan masyarakat kayu olahan, seperti papan dan lainnya. Seiring waktu mbacang juga buah-buahan yang terancam keberadaanya. Sebab menyempitnya lahan perkebunan rakyat, tidak ditanam rakyat, dan tidak ada pembudidayaan.

Buah mbacang walau sudah masak tidak berubah menjadi kuning seperti buah sejenis, mangga. Masak buah mbacang dikenali dari bauh yang harum, dan lembut saat dipencet. Daging buah yang masak berwarna kuning seperti buah mangga masak. Buah mbacang mentah biasanya penduduk jadikan rujak, sambal asam, manisan mbacang. Buah yang masak selain dikonsumsi langsung juga dijadikan sambal asam. Nilai gizi mbacang sama dengan nilai gizi buah-buahan lainnya. Seperti vitamin C, kalori dan lainnya.

Nah, kalau kita bisa membudidayakan mangga mengapa kita tidak bisa membudidayakan mbacang. Jangan sampai buah mbacang punah dan tinggal kenangan. Mari kita tanam mbacang di sekitar pemukiman kita. Pohon mbacang yang besar dapat menghasilkan oksigen, meneduhkan, dan tentu kita dapat manfaat dari buahnya. Mbacang apabilah dilihat dari akar dan pohonnya yang kuat. Dapat dijadikan tanaman penguat sekitar tebing sungai, danau, lebung, dan bukit. Yuk, jadikan pohon embacang sebagai pohon penghijaun kita.

Oleh. Ahmad Reni Efita
Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 14 Juni 2021.

Sy. Apero Fublic

WAKIL BUPATI: Beni Hernedi Dukung Pembangunan Pondok Pesantren Darul Qur'an Al-Madani di Babat Toman.

APERO FUBLIC.- MUBA-BABAT TOMAN. Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi menghadiri dan sekaligus melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pondok Pesantren Darul Qur'an Al-Madani di Dusun II Desa Pangkalan Jaya Kecamatan Babat Toman, Sabtu (12/6/2021).

Dalam sambutannya Beni mengatakan pondok pesantren ini bisa menjadi wadah keberkahan bukan hanya bagi para santri-santri tau juga untuk Kabupaten Muba kedepan.

"Pemerintah Kabupaten Muba siap memberikan dukungan serta mempunyai keyakinan, dengan adanya pesantren ini kedepannya akan mampu berkontribusi nyata dan memberikan pendidikan yang baik kepada generasi penerus bangsa yang ada di Kabupaten Muba khususnya dalam membentuk juga mengembangkan nilai-nilai moral yang baik, menjadi generasi yang mampu menjaga kemurnian Al-Qur'an, berakhlak, berbudi pekerti, cerdas, berkualitas, maju dan sejahtera," ujarnya.

Lanjut Beni, kita patut berbangga dengan keseriusan para tokoh dan pihak-pihak yang secara konsisten mendukung pembangunan Ponpes Darul Qur'an Al-Madani tersebut.

"Semoga dengan hadirnya Pondok Pesantren Darul Qur'an Al-Madani di Muba, akan menghasilkan para hafidz-hafidzah Al-Qur'an yang bisa bahu-membahu untuk membangun negeri, khususnya di Bumi Serasan Sekate yang sama-sama kita cintai ini," pungkasnya.

Turut hadir, Pimpinan/Pengasuh Ponpes Darul Qur'an Al-Madani Ust H Asfranza Zawawi LC MA, Ketua Fraksi PDIP DPRD kabupaten Muba M Yamin, Anggota DPRD Muba M Senen H Hanan, Kabag Kesra Sekretariat Daerah Muba H Opi Pahlopi, Sekcam Babat Toman As'ad, Kades Pangkalan Jaya Kurnia SE, dan Pembinaan Ponpes Darul Qur'an Al-Madani H Iwan Setiawan. (HS).

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 14 Juni 2021.

Sy. Apero Fublic

6/13/2021

Kegiatan Bimtek Perangkat Desa Kabupaten OKU Timur.

APERO FUBLIC.- OKU TIMUR. Dalam meningkatkan kualitas dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten OKU Timur, pemerintah Kabupaten Oku Timur telah melaksanakan Bimbingan Teknis Penguatan Kinerja Aparatur Pemerintah Desa dalam Penataan Keuangan Desa, Kelembagaan Desa, dan Kewenangan Desa Kabupaten OKU Timur 2021. Dalam kegiatan tersebut diikuti oleh 906 perangkat desa di Kabupaten OKU Timur. Kegiatan tersebut di laksanakan pada tanggal 21 Mei s/d 30 Mei 2021 di Wyndam Opi Hotel Palembang.

Bimtek tersebut dilaksanakan dalam 3 gelombang yang dimana tahap gelombang pertama diikuti oleh 104 desa yang masing-masing desa di tunjuk 3 perwakilan perangkat desa yaitu kepala desa, sekretaris desa dan juga  BPD.

Dalam pembukaan kegiatan tersebut dihadiri oleh H.Herman Deru selaku Gubernur Provinsi Sumatera Selatan dan juga  Bupati OKU Timur yaitu H.Lanosin. Di kesempatan tersebut H.Herman Deru menyampaikan adapun maksud dan juga tujuan dari Bimtek ini yaitu untuk memberikan ilmu atau pengetahuan kepada seluruh perangkat desa Kabupaten OKU Timur dalam menjalankan tugas dan wewenangnya sesuai dengan aturan perundang-undangan yang terbaru tentang pemerintah desa. “Kepala desa harus berpegang teguh pada aturan undang-undang ketika akan melakukan sebuah perubahan di desanya. Dana dan anggaran yang digunakan harus jelaas kemana arahnya, jangan sampai bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku”, tegas HD.

Selain daripada itu tak lupa juga Bupati OKU Timur yaitu H.Lanosin pun menyampaikan tujuan dari diadakannya Bimtek ini yaitu agar pemerintah daerah maupun pemerintah desa dapat melakukan sebuah pembangunan secara adil dan juga merata demi kesejahteraan masyarakat. H.Lanosin sangat berharap setelah diadakannya kegiatan ini maka seluruh perangkat desa mampu mengaplikasikan ilmu yang telah didapatnya selama Bimtek berlangsung.

Oleh: Netty Cayati.
Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 13 Juni 2021.
Mahasiswi UIN Raden Fatah Palembang, Fakultas Adab dan Humaniora, Prodi Ilmu Perpustakaan.

Sy. Apero Fublic