Syarce

Syarce adalah singkatan dari syair cerita. Syair cerita bentuk penggabungan cerita dan syair sehingga pembaca dapat mengerti makna dan maksud dari isi syair.

Apero Mart

Apero Mart adalah tokoh online dan ofline yang menyediakan semua kebutuhan. Dari produk kesehatan, produk kosmetik, fashion, sembako, elektronik, perhiasan, buku-buku, dan sebagainya.

Apero Book

Apero Book adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi semua jenis buku. Buku fiksi, non fiksi, buku tulis. Selain itu juga menyediakan jasa konsultasi dalam pembelian buku yang terkait dengan penelitian ilmiah.

Apero Popularity

Apero Popularity adalah layanan jasa untuk mempolerkan usaha, bisnis, dan figur. Membantu karir jalan karir anda menuju kepopuleran nomor satu.

@Kisahku

@Kisahku adalah bentuk karya tulis yang memuat tentang kisah-kisah disekitar kita. Seperti kisah nyata, kisah fiksi, kisah hidayah, persahabatan, kisah cinta, kisah masa kecil, dan sebagaginya.

Surat Kita

Surat Kita adalah suatu metode berkirim surat tanpa alamat dan tujuan. Surat Kita bentuk sastra yang menjelaskan suatu pokok permasalaan tanpa harus berkata pada sesiapapun tapi diterima siapa saja.

Sastra Kita

Sastra Kita adalah kolom penghimpun sastra-sastra yang dilahirkan oleh masyarakat. Sastra kita istilah baru untuk menamakan dengan sastra rakyat. Sastra Kita juga bagian dari sastra yang ditulis oleh masyakat awam sastra.

Apero Gift

Apero Gift adalah perusahaan yang menyediakan semua jenis hadia atau sovenir. Seperti hadia pernikahan, hadia ulang tahun, hadiah persahabatan, menyediakan sovenir wisata dan sebagainya. Melayani secara online dan ofline.

4/24/2021

Bupati Dodi Reza Prioritaskan Pembangunan: Kucurkan Bantuan di Sungai Keruh

Putra KH Zainuddin MZ  Ceramah Ramadhan di Kecamatan Sungai Keruh, Musi Banyuasin.

Apero Fublic.- Musi Banyuasin. Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin kembali melanjutkan Safari Ramadhan 1442 H Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dengan mengunjungi tiap kecamatan. Kali ini Bupati Muba melangsungkannya di Desa Rantau Sialang Kecamatan Sungai Keruh, Sabtu (24/4/2021).

Dalam kesempatan yang baik itu Bupati Muba memberikan kabar baik kepada masyarakat Sungai Keruh bahwa kecamatan ini akan terus jadi prioritas pembangunan Pemkab Muba hingga tahun-tahun mendatang.

"Sungai Keruh sejak dahulu adalah kecamatan prioritas pembangunan, dan terus akan kita bangun. Masyarakatnya akan terus kita berikan kesejahteraan dengan program-program yang ada," ujarnya.

Dikatakan pada tahun mendatang Pemkab Muba akan merealisasikan kegiatan pembangunan di Sungai Keruh diantaranya peningkatan dan pembangunan jalan antar desa, hingga pembangunan jalan dan Jembatan Musi III yang akan menghubungkan Desa Sindang Marga, Sungai Keruh dengan Kelurahan Kayuara, Kecamatan Sekayu.

"Semoga kecamatan Sungai Keruh dan desa-desanya terus mendapatkan perhatian yang lebih dari pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin," tandasnya.

Sementara Camat Sungai Keruh Edy Haryanto SH mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Bupati Muba yang telah mendirikan pabrik aspal karet, sehingga harga jual karet meningkat yang berimbas terhadap pekonomian petani karet di Kecamatan Sungai Keruh.

"Pembangunan di Kecamatan Sungai Keruh ini sangat pesat, salah satunya pembangunan jalan penghubung dari Muba ke Kabupaten Pali di Desa Sungai Dua. Selanjutnya masih banyak pembangunan yang kami harapkan terutama jalan penghubung antara Desa Tebing Bulang dan Desa Keramat Jaya, kemudian pembangunan Dam Sungai di Desa Gajah Mati, termasuk jalan dari Desa Sindang Marga menuju Kelurahan Kayuara Kecamatan Sekayu. Insyaallah kalau jalan itu terbuka akses kami menuju pusat Kabupaten akan semakin cepat," harap Camat Sungai Keruh.

Sebelumnya Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin menyerahkan beberapa bantuan secara simbolis, yakni Bantuan Langsung Tunai Dana Desa, Program Bedah Rumah Tidak Layak Huni BAZNAS Muba, Program Bedah Rumah dari Dinas Sosial Muba, serta bantuan modal usaha UMKM, kelompok dan perorangan.

Pada acara ini dilakukan juga pengukuhan Pengurus Pengajian An-Nurdin Serasan Sekate Kabupaten Muba, dan pengukuhan Ikatan Remaja Masjid Kecamatan Sekayu, Kecamatan Jirak Jaya, dan Kecamatan Sungai Keruh oleh Ketua Pengajian An-Nurdin Serasan Sekate Hj Thia Yufada Dodi Reza yang juga Pembina Ikatan Remaja Masjid Kabupaten Musi Banyuasin.

Safari Ramadhan Pemkab Muba ini dilanjutkan dengan ceramah agama oleh H M Syauqi MZ anak kandung Almarhum KH Zainuddin MZ. Turut hadir Dandim 0401 Muba Letkol Arh Fariz Kurniawan SST MT, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Muba H Yudi Herzandi SH MH, serta Para Kepala Perangkat Daerah Muba. HS.

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 25 April 2021.

Sy. Apero Fublic

4/22/2021

PEMKAB Musi Banyuasin Konsisten Penuhi Standar Pelayanan Publik.

APERO FUBLIC.- MUSI BANYUASIN. Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin melalui Sekretaris Daerah Drs H Apriyadi M.Si mengikuti rapat standar pelayanan publik kabupaten/kota se-Sumatera Selatan secara virtual, di ruang rapat Sekda Muba, Jumat (23/4).

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumsel M. Adrian Agustiansyah SH MH mengatakan, rapat standar pelayanan publik diselenggarakan untuk mendorong kepatuhan terhadap standar pelayanan publik dalam rangka mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik, serta bertujuan untuk pencegahan maladministrasi melalui implementasi komponen standar pelayanan pada tiap unit pelayanan publik.

“Kenapa pertemuan hari ini penting kita lakukan, agar kita mempunyai visi dan misi yang sama terkait masalah pemenuhan standar pelayanan publik ini,” ujarnya.

Kepala Keasistenan Pencegahan Maladministrasi Ombudsman Agung Pratama menambahkan, dalam pelaksanaan survei kepatuhan pemenuhan pelayanan publik, Ombudsman akan langsung turun ke lapangan secara mendadak, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu mendatangi objek yang akan dinilai. Target penilaian tersebut mencakup perizinan ekonomi, perizinan non ekonomi, administrasi kependudukan, pendidikan dan kesehatan. Untuk kesehatan kepada penyedia jasa oleh Puskesmas yang berada di tingkat kabupaten/kota.

“Manfaatkan waktu yang tersisa sebelum penilaian. Kedepan kita juga akan membuka workshop kepatuhan palayanan publik tanggal 29 April 2021 di Novotel Palembang, nanti undangan akan dikirimkan,” tandasnya.

Sekda Muba Apriyadi menyambut baik rencana penilaian yang akan dilaksanakan Ombudsman RI Perwakilan Sumsel. Terkait penilaian pada objek kesehatan yakni pada Puskesmas, dikatakannya, Puskesmas dalam Kabupaten Muba telah didorong menjadi BLUD, dan tentunya akan ada perubahan menyangkut BLUD pada 28 puskesmas di Muba.

“Setelah workshop di Palembang, kami minta waktu khusus datang ke Muba, sebagai upaya perbaikan sistem pelayanan publik di Kabupaten Muba, walaupun penilaian terakhir tahun 2019 kita mendapatkan predikat hijau. Menurut kami tidak hanya dibeberapa organisasi perangkat daerah saja yang perlu, melainkan juga seluruh harus memberikan pelayanan publik yang baik dan sesuai standar,” pungkasnya.

Sementara Asisten Administrasi dan Umum Pemprov Sumsel Prof Dr Edward Juliartha memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Muba yang ingin pendampingan lebih lanjut perihal peningkatan kepatuhan standar pelayanan publik. “Yang belum jelas kiranya bisa berhubungan langsung dengan kontak person Ombudsman, dan silahkan kegiatan workshop tanggal 29 April ini dihadiri,” tutupnya. (HS).

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 23 April 2021.

Sy. Apero Fublic

Musi Banyuasin: Thia Yufada Dorong Minat Masyarakat Gemar Membaca

Bunda Baca Kecamatan dan Desa se-Kabupaten Musi Banyuasin Resmi Dikukuhkan.

Apero Fulic.- Musi Banyuasin. Bunda Baca Kabupaten Musi Banyuasin, Hj Thia Yufada Dodi Reza  kukuhkan Bunda Baca Kecamatan dan Bunda Baca Desa se-Kabupaten Musi Banyuasin di Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate, Kamis (22/4/2021). Pengukuhan Bunda Baca ini dilakukan guna lebih memajukan serta menumbuhkan minat baca masyarakat di Kabupaten Muba.

Terpantau di lokasi ada sebanyak 42 orang  Bunda Baca terdiri dari Bunda Baca Kecamatan 15 orang, dengan masing-masing kecamatan 15 orang Bunda Baca Desa, dan 12 orang Bunda Baca Desa Program Transformasi Perpustakaan tahun 2019-2021. Bunda Baca Thia Yufada dalam sambutannya mengaku bangga dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang telah begitu banyak inovasi.

"Saya ingin menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Muba beserta seluruh jajarannya atas prestasi Penghargaan Kearsipan Tahun 2020 peringkat satu se Sumsel dan 10 besar nasional. Muba  satu-satunya pemerintah kabupaten/kota pertama di luar pulau Jawa yang meraih prestasi setinggi ini. Ini  sangat luar biasa. Walaupun di tengah masa pandemi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan masih menuai berbagai prestasi," ungkapnya.

Maka dari itu, ia berpesan kepada Bunda Baca Kecamatan dan Bunda Baca Desa untuk mensosialisasikan kepada anak-anak di seluruh Muba, perpustakaan kini bukan hanya tempat membaca buku. Muba digawangi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sudah punya e-library, artinya tidak perlu pergi ke perpustakaan untuk membaca buku, cukup melalui aplikasi di handphone yang dipegang kita bisa membaca buku buku yang menjadi koleksi perpustakaan Muba.

"Kita juga punya mobil perpustakaan keliling maka tidak perlu jauh-jauh lagi pergi ke perpustakaan. Kita paham bahwa banyak daerah di Muba yang sangat sulit untuk keluar dari desanya sehingga disediakan mobil perpustakaan keliling yang memungkinkan anak-anak kita punya akses terhadap buku-buku bermanfaat tanpa harus keluar jauh-jauh dari tempat tinggalnya," terangnya.

Inovasi tidak pernah berhenti, lanjutnya karena Muba sedianya sebuah tempat kita berinovasi. Salah satunya nanti adalah bagaimana perpustakaan di setiap desa punya bahan bacaan yang relevan dengan desa tersebut, dan mudah-mudahan segera bisa merata diseluruh desa di Muba.

"Bunda Baca punya tugas yang berat, tapi bukan tidak mungkin sukses dilakukan. Bunda Baca sebagai juru kampanye mensukseskan gerakan Muba Gemar Membaca, yang pertama bagaimana mengalihkan perhatian dan minat warga untuk gemar membaca diwaktu luang maupun diwaktu waktu kerjanya yang memang bisa diisi dengan membaca. Selanjutnya, tugas bunda Baca  menanamkan sikap yang baik sehingga anak-anak kita dan seluruh warga masyarakat punya bacaan positif.  Pak Camat dan Kades tolong didukung kerja Bunda Baca sehingga program ini berjalan sesuai tujuan bersama," tandasnya.

Kepala Dinas perpustakaan dan kearsipan Muba Drs Yohanes Yubhar MM dalam sambutannya melaporkan dasar pelaksanaan kegiatan tersebut, berdasarkan Undang-undang nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan.

Selanjutnya, Peraturan Pemerintah nomor 24 tahun 2014 tentang pelaksanaan Undang-undang nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan. Dan berdasarkan Peraturan Bupati Muba nomor 70 tahun 2016 tentang tugas pokok dan fungsi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muba.

"Pengukuhan yang kita laksanakan hari ini tujuannya untuk memotivasi berbagai elemen masyarakat mulai dari pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum untuk gemar membaca. Selanjutnya, untuk mengkampanyekan dan mensosialisasikan Muba Gemar Membaca. Selain itu, untuk mendorong tim penggerak PKK untuk secara aktif melakukan sosialisasi gerakan Muba membaca kepada keluarga-keluarga di Muba yang pada gilirannya nanti dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini dapat mendukung terwujudnya visi misi pemerintah dalam mewujudkan Muba maju berjaya 2022," pungkasnya. (HS).

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra
Palembang, 22 April 2021.

Sy. Apero Fublic

4/21/2021

Pemkab Muba dan Forkopimda Ikuti Video Conference Lintas Sektoral, Imbau Tak Mudik Lebaran.

APERO FUBLIC.-
MUSI BANYUASIN. Jelang hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah, pihak Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) berkomitmen menciptakan stabilitas keamanan dan kenyamanan di setiap daerah.

Untuk itulah, Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat H Yudi Herzandi SH MH ikuti video coverence dialog lintas sektoral secara virtual yang diikuti Forkopimda seperti Kapolres Muba AKBP Erlin Tangjaya SIK, Dandim 0401 Muba Letkol (ARH) Faris Kurniawan SST MT, Ketua Pengadilan Agama Muba Korik Agustian SAg MAg, serta para kepala perangkat daerah, Rabu (21/4), bertempat di Command Center Polres Muba.

Melalui video conference, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melakukan pengecekan kesiapan pengamanan jelang hari raya Idul Fitri di setiap daerah. Kapolri juga membahas isu penting, antara lain  terorisme, vaksinasi, kelangkaan 9 bahan pokok, upaya penanganan Covid-19 dan larangan mudik yang diberlakukan pada tanggal 6 Mei sampai 17 Mei 2021.

Kapolres Muba AKBP Erlin Tangjaya SIK menjelaskan rapat koordinasi bersama beberapa kementerian terkait digelar dalam rangka persiapan Operasi Ketupat tahun 2021. “Untuk menyamakan persepsi dan  langkah di lapangan, khususnya dalam persiapan kegiatan Idul Fitri pada 2021,” ujar Kapolres Muba.

Sementara Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Muba Yudi Herzandi SH MH mengimbau dan berharap agar masyarakat Muba memiliki kesadaran penuh dan dapat menjadi contoh penerapan kebijakan ini. Dengan tidak melakukan mudik saat lebaran tiba dan senantiasa menerapkan protokol kesehatan. Sehingga pelaksanaan Idul Fitri akan berjalan dengan khidmat dan aman dari Covid-19.

“Agar masyarakat tidak melakukan mudik akan dilakukan edukasi dan sosialisasi melalui tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh jajaran. Oleh karena itu, pemerintah mengajak masyarakat secara sadar dapat menindaklanjuti kebijakan pemerintah tidak mudik pada Idul Fitri 2021 ini. Mari kita bekerja sama untuk kebaikan semuanya,” tandas Yudi. (HS)

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 21 April 2021.

Sy. Apero Fublic

4/20/2021

WAKETUM Kadin Pusat Arsjad Rasjid Apresiasi Inisiasi Bupati Muba Dodi Reza.

APERO FUBLIC.- PALEMBANG. Lewat program Safari Ramadhan dengan berkunjung ke warga-warga pelosok di Kabupaten Musi Banyuasin yang dilakukan Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin dinilai sejumlah pihak efektif untuk meringankan beban warga secara langsung saat Ramadhan dan di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Hal ini pula dinilai selaras dengan program pemerintah pusat, bahkan Kamar Dagang Industri (Kadin) pusat dalan upaya memulihkan perekonomian warga yang terdampak imbas wabah Covid-19.

“Saya nilai kepala daerah yang turun secara langsung ke warganya saat Ramadhan ini sangat bagus sekali, efektif untuk mengetahui persoalan yang dihadapi warga dan juga meringankan beban warga yang saat ini sedang melaksanakan ibadah puasa. Alhamdulillah Pak Dodi yang merupakan Ketua Umum Kadin Sumsel dan juga Bupati Muba sudah melakukan itu,” ungkap Wakil Ketua Umum Kadin Pusat, Arsjad Rasjid, yang juga Caketum Kadin Pusat periode 2021-2026 saat menghadiri Safari Ramadhan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Provinsi Sumatera Selatan di Hotel Arista Palembang, Selasa (20/4).

Menurutnya, seorang kepala daerah harus punya effort yang tinggi dalam memperhatikan kondisi masyarakat di saat ini. Serta selalu berkomitmen untuk meminimalisir penularan wabah Covid-19. “Saya berharap Kadin Sumsel di bawah nahkoda Bapak Dodi Reza selalu melakukan terobosan dan inovasi yang berdampak positif ke masyarakat,” harapnya.

Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin yang juga Ketua Umum Kadin Sumsel menyebutkan, saat ini dirinya melalui Pemkab Muba serta Kadin Sumsel terus berupaya maksimal melakukan pemulihan perekonomian daerah lewat berbagai program. “Kita punya tanggung jawab yang besar kepada masyarakat, kondisi saat ini menjadi tantangan agar perekonomian di Sumsel kembali stabil dan warga bisa sejahtera,” ujar Kepala Daerah Inovatif 2020 ini.

Kemudian, Dodi melanjutkan pemerintah daerah juga lebih memaksimalkan hilirisasi komoditas perkebunan seperti karet dan kelapa sawit. “Hilirisasi ini juga terbukti berhasil mendorong perekonomian daerah, dan Alhamdulillah ini sudah dilakukan dan berhasil di Muba,” tandasnya.

Dalam kesempatan Safari Ramadhan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Provinsi Sumatera Selatan juga diserahkan santuan untuk yatim piatu dan bantuan mobil operasional untuk Kadin Sumsel. Pada acara tersebut Bupati Dr Dodi Reza Alex Noerdin turut didampingi Kepala Dinas Kominfo Muba Herryandi Sinulingga AP dan Ketua KADIN Muba Agus Raflen ST MT. (HS)

Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 20 April 2021.

Sy. Apero Fublic

4/19/2021

Bupati Dodi Reza: Safari Ramadhan Momentum Silaturahmi dan Serap Aspirasi


APERO FUBLIC.- MUSI BANYUASIN. Selama Ramadhan 2021, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin menggelar kegiatan rutin bertajuk Safari Ramadhan dengan mengunjungi 16 kecamatan di wilayahnya. Selain untuk mempererat tali silaturahmi, agenda tahunan ini juga ajang komunikasi antara pemerintah daerah dengan masyarakat secara langsung.

Safari Ramadhan 1442 Hijriah Pemkab Muba pada hari ini dilakukan di dua kecamatan berbeda secara berbarengan. Pertama dipimpin Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex yang melaksakan kegiatan safari di Kecamatan Babat Supat, dipusatkan di Masjid Nurul Iman Desa Letang Kecamatan Babat Supat, Senin (19/4).

Dodi Reza menyebut kegiatan Safari Ramadhan merupakan ajang menjalin silaturahmi dengan masyarakat, memanfaatkan momentum di bulan suci Ramadhan untuk bisa lebih dekat dengan masyarakat serta menyerap aspirasi masyarakat yang ada di desa-desa. “Dalam momentum ini segala aspirasi yang telah disampaikan, Insya Allah tidak hanya kami catat, tapi akan senantiasa kami usahakan untuk mewujudkannya,” ungkap Dodi.

Lanjutnya, di Kecamatan Babat Supat dianggarkan Rp 33 miliar yang diperuntukkan program pembangunan infrastruktur dan jalan dengan prioritas jalan penghubung. Dan untuk kedepannya akan terus dilakukan pembangunan hingga sampai kedalam desa.

“Adapun untuk kebutuhan jaringan gas alam, di setiap Kecamatan Muba akan dipastikan semuanya mendapat giliran. Karena perjuangan Pemkab Muba ke Kementerian ESDM, agar jargas bukan hanya di Sekayu tapi juga di kecamatan-kecamatan dan desa-desa, termasuk Desa Letang selalu kita diupayakan,” jelasnya.

Selain pembangunan infrastruktur yang terus dilakukan, Dodi juga mengharapkan masyarakat Muba dapat terus meningkatkan ibadah di bulan yang penuh berkah ini.

Camat Babat Supat Rio Aditya SIP MSi menyampaikan, Desa Letang merupakan salah satu dari 16 desa yang ada di Babat Supat. “Saat ini kondisinya, Alhamdulilah dapat ditempuh dengan baik dan sudah ada beberapa jalan penghubung yang sudah dapat diakses. Untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada pemkab yang dipimpin oleh Bupati Muba Dodi Reza yang sudah berjuang keras untuk mensejahterakan masyarakat,” ujarnya.

Terkait jargas, Rio menyebut sudah ada 4500 calon pelanggan di Babat Supat. “Kami berharap jaringan gas alam juga dapat dirasakan oleh masyarakat Babat Supat,” ungkapnya.

Pada kegiatan ini dilakukan pula pengukuhan pengurus pengajian An’Nurdin Kecamatan Lais, Keluang dan Babat Supat periode 2021-2023 dan pengurus ikatan remaja masjid Kecamatan Lais, Keluang dan Babat Supat yang dikukuhkan oleh Ketua Umum Pengajian An’Nurdin Serasan Sekate Kabupaten Muba Hj Thia Yufada Dodi Reza yang juga Pembina Ikatan Remaja Masjid Kabupaten Muba, kemudian penyerahan bantuan bedah rumah, bantuan UMKM, santunan untuk duafa, sembako untuk anak yatim dan lansia serta tongkat pemandu tunanetra.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua DPRD Muba Sugondo, Kapolres Muba Erlin Tangjaya SH SIK, Dandim 0401 Muba Letkol Arh Faris Kurniawan SST MT, Ketua Pengadilan Negeri Sekayu Hendra Halomoan SH MH, Ketua Pengadilan Agama Muba Korik Agustian SAg MAg, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Muba H Yudi Herzandi SH MH dan para kepala perangkat daerah Muba. (HS).

 

Editor. Selita, S.Pd.

Tatafoto. Dadang Saputra.

Palembang, 19 April 2021.

 

Sy. Apero Fublic