7/07/2021

Mengenal Lebih Dekat Tentang Jurusan Ilmu Perpustakaan.

Apa Itu Jurusan Ilmu Perpustakaan?.

APERO FUBLIC.- Ilmu Perpustakaan merupakan sebuah ilmu yang melibatkan banyak keahlian di bidang informasi teknologi, manajemen, dan pendidikan untuk mengumpulka, merapikan dan menyimpan data. Pada program studi ini kamu kita akan mempelajari bagaimana memecahkan permasalahan ilmiah di bidang ilmu perpustakaan dan informasi. Kita juga akan mempelajari cara mengelola informasi tercetak maupun noncetak alias digital seperti arsip dan rekod.

Apa Saja Sih Yang Dipelajari Di Ilmu Perpustakaan?.

Ilmu perpustakaan memiliki beberapa mata kuliah yang mengarahkan mahasiswanya untuk menjadi ahli dalam mengelola jenis perpustakaan dan informasi. Mata kuliah yang dipelajari yaitu mengenai  komunikasi untuk perpustakaan, percakapan bahasa arab untuk perpustakaan, dasar-dasar katalogisasi dan klasifikasi, kepustakawanan, psikologi kepustakawanan, manajemen perpustakaan, automasi perpustakaan, bibliometrik, pengelolaan perpustakaan digital, literasi informasi, pengelolaan arsip berbasis otomasi, english for librarian dan masih banyak lagi.

Mungkin kebanyakan orang merasa asing dengan jurusan ilmu perpustakaan, mungkin dikarenakan jurusan ini tidak setenar jurusan yang lain. Banyak pertanyaan orang tentang jurusan ilmu perpustakaan seperti ngambil jurusan ilmu perpustakaan itu ngapain? Nanti kerjanya di perpustakan ya, jaga buku. Dari beberapa ratus orang yang memilih jurusan ini beberapa akan menjawab bahwa alasan mereka mengambil jurusan ini karena pilihan terakhir. Padahal jurusan ini memiliki prospek kerja yang tinggi, belum begitu banyak lulusan dari jurusan ilmu perpustakaan ini, namun bahkan lapangan kerja sudah menjamur.

Walaupun begitu banyaknya pandangan masyarakat tentang jurusan ini, banyaknya dari mereka belum begitu mengetahui tentang jurusan ini, tetapi ada juga yang telah mengetahui jurusan ini dan akan menanggapi jurusan ini dengan memberikan tanggapan yang positif, seperti dengan mengatakan wah bagus nih nanti peluang kerjanya bagus, karena setiap instansi mempunyai perpustakaan, dan juga pstinya banyak yang membutuhkan pustakawan yang benar-benar berasal dari jurusan ilmu perpustakaan, maka dari itu dapat dikatakan jurusan ini memiliki peluang kerja yang tinggi. Berikut keuntungan memilih kuliah jurusan ilmu perpustakaan.

1.Perpustakaan adalah salah satu jurusan yang mempunyai lowongan kerja yang cukup banyak.
2.Pustakawan Mempunyai Tunjangan Fungsional.
3.Pustakawan Mempunyai Jenjang Karir Yang Jelas.
4.Jurusan Perpustakaan Menumbuhkan Budaya Baca Masyarakat.
5.Perpustakaan adalah profesi yang menjanjikan dan mempunyai peran penting dan strategis dalam memanusiakan manusia.

Prospek Kerja Lulusan Prodi Ilmu Perpustakaan.

Lulusan dari prodi ilmu perpustakaan akan memiliki daya analisis yang kuat dan dapat menggunakan teknologi informasi dengan baik. Berikut adalah prospek kerja kedepannya yang cocok untuk prodi ilmu perpustakaan:

1.  Arsiparis

Setiap perusahaan pasti memiliki dokumen atau arsip penting yang harus dikelola dengan baik. Pengelolaan atau arsip memiliki tujuan agar perusahaan dapat menemukan dengan mudah informasi yang dicari atau biasa disebut information retrieval.

2.  Instansi Pemerintah

Lulusan ilmu perpustakaan juga berpotensi bekerja menjadi pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN). Kini banyak instansi pemerintahan yang membuka lowongan CPNS untuk lulusan prodi Ilmu Perpustakaan. Hal ini dikarenakan pemerintah memiliki banyak arsip dan harus dikelola dengan baik. Maka jurusan ilmu perpustakaan bisa menjadi pilihan yang tepat.

3.  Administrasi

Lulusan ilmu perpustakaan juga dapat bekerja di bidang administrasi. Hal ini dikarenakan pada prodi ilmu perpustakaan sangat andal dalam mengolah suatu data yang kemudian dapat menyampaikan informasi tersebut dengan baik secara lisan maupun tulis.

4.  Pustakawan

Selain menjadi pustakawan konvensional, lulusan prodi ilmu perpustakaan dapat menjadi pustakawan pada perpustakaan modern. Pustakawan modern sendiri dapat membuat berbagai macam acara di luar perpustakaan seperti taman baca atau gerakan literasi informasiBagaimana, menarik bukan?.

Oleh. Mutiara
Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 7 Juli 2021.
Mahasiswi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Fakultas Adab dan Humaniora, Jurusan Ilmu Perpustakaan.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment