Syarce

Syarce adalah singkatan dari syair cerita. Syair cerita bentuk penggabungan cerita dan syair sehingga pembaca dapat mengerti makna dan maksud dari isi syair.

Apero Mart

Apero Mart adalah tokoh online dan ofline yang menyediakan semua kebutuhan. Dari produk kesehatan, produk kosmetik, fashion, sembako, elektronik, perhiasan, buku-buku, dan sebagainya.

Apero Book

Apero Book adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi semua jenis buku. Buku fiksi, non fiksi, buku tulis. Selain itu juga menyediakan jasa konsultasi dalam pembelian buku yang terkait dengan penelitian ilmiah.

Apero Popularity

Apero Popularity adalah layanan jasa untuk mempolerkan usaha, bisnis, dan figur. Membantu karir jalan karir anda menuju kepopuleran nomor satu.

@Kisahku

@Kisahku adalah bentuk karya tulis yang memuat tentang kisah-kisah disekitar kita. Seperti kisah nyata, kisah fiksi, kisah hidayah, persahabatan, kisah cinta, kisah masa kecil, dan sebagaginya.

Surat Kita

Surat Kita adalah suatu metode berkirim surat tanpa alamat dan tujuan. Surat Kita bentuk sastra yang menjelaskan suatu pokok permasalaan tanpa harus berkata pada sesiapapun tapi diterima siapa saja.

Sastra Kita

Sastra Kita adalah kolom penghimpun sastra-sastra yang dilahirkan oleh masyarakat. Sastra kita istilah baru untuk menamakan dengan sastra rakyat. Sastra Kita juga bagian dari sastra yang ditulis oleh masyakat awam sastra.

Apero Gift

Apero Gift adalah perusahaan yang menyediakan semua jenis hadia atau sovenir. Seperti hadia pernikahan, hadia ulang tahun, hadiah persahabatan, menyediakan sovenir wisata dan sebagainya. Melayani secara online dan ofline.

4/25/2020

Mengenal Cabik Uman dan Manfaatnya

Apero Fublic.- Cabai dalam bahasa Melayu bernama Cabik (cabik uman, cabik talang). Bahasa Inggris bernama Cayene pepper. Dinamakan siling labuyo di Filipina dan di Thailand di kenal phrik khi nu. Cabai atau cabik memiliki nama ilmiah capsicum annuum, dari keluarga solanaceae. Cabai memiliki beberapa jenis, yaitu cabik uman atau cabai rawit. Cabik panjang atau sering disebut media cabai keriting. Ada juga jenis cabai sayur dan beberapa jenis lain seperti paprika.

Tanaman cabai rawit atau cabik uman. Adalah jenis cabai yang paling pedas dan terkenal. Namun, jenis cabai rawit herbisdiah sekarang yang dibudidayakan rasa pedasnya masih dibawa cabai rawit biasa. Cabai rawit biasa atau cabik uman kadang juga disebut cabik talang. Rasa pedasnya sangat kuat sehingga dua biji cabai rawit uman atau cabik uman sudah cukup memedaskan satu kali masak. Begitupun ketahanan cabik uman (cabai rawit) juga lebih dari cabai rawit budidaya.

Di kutif dari wikipedia, cabik uman mengandung vitamin B6, asam folat, fotasium dan betakaroten yang dapat mencegah dari serangan sakit jantung. Manfaat mengkonsumsi cabik uman atau cabai rawit dapat menjaga tekanan darah dalam tubuh tetap stabil. Dengan demikian jantung dapat bekerja optimal.

Cabik uman atau cabai rawit dengan jenis biasa yang diekmbangkan oleh para petani tradisional. Memiliki kwalitas yang sangat tinggi. Dari segi kualitas, daya tahan, dan rasa pedas yang sangat tinggi. Cabik uman atau cabik talang (cabai rawit) memiliki nilai ekonomis apabila dikembangkan dan dibudidayakan.

Memiliki umur yang lebih panjang dari jenis cabai lainnya. Sehingga akan sangat menguntungkan apabila di jadikan usaha pertanian anda. Harga cabik uman tentu lebih mahal dari harga cabik atau cabai lainnya. Cabai juga dapat dijadikan cabai kering. Sebagai stok musim gagal panen, masa sulit, menjelang lebaran, akhir tahun atau masa perang.

Tanaman cabai rawit atau cabik uman dapat tumbuh subur pada tanah yang diolah serta diberikan nutrisi tambahan. Seperti pupuk kandang atau lainnya. Namun pada pertanian tradisional atau ladang berpindah tanaman cabik atau cabai ditanam pada tanah-tanah yang agak menonjol atau tanah tumbuh dalam istilah masyarakat. Dengan demikian membuktikan kalau cabai tidak dapat tumbuh baik kalau tanah terlalu berair. Sehingga muncul sistem pertanian PHP (Plastik Hitam Perak) yang menutupi media tanam cabai atau cabik.

Oleh. Arip Muhtiar
Editor. Selita. S.Pd.
Foto. Dadang Saputra
Palembang, 26 April 2020.

Sy. Apero Fublic.

Cabik Uman. Filosofi dan Budaya Ketahanan Pangan Nenek Moyang

Apero Fublic.- Mengenal cabai salah satu tanaman pangan di Indonesia. Walau cabai hanya sebatas bumbu penyedap masakan. Namun cabai menjadi bumbu kebutuhan pangan di Indonesia. Monopoli dan permainan harga sangat kental dengan bisnis cabai. Cabai menjadi komoditas yang bernilai ekonomis tinggi. Permainan harga biasanya menjelang bulan puasa sampai lebaran. Begitupun saat gagal panen. Harga cabai kadang dapat menyerang perpolitikan tanah air.

Cabai dalam bahasa Melayu bernama Cabik (cabik uman atau cabik talang). Bahasa Inggris bernama cayenne pepper, siling labuyo di Filipina dan di Thailand phrik khi nu. Cabai atau cabik memiliki nama ilmiah capsicum annuum, dari keluarga solanaceae. Cabai atau cabik memiliki beberapa jenis. Yaitu, cabik uman atau cabai rawit. Cabik panjang atau sering disebut media cabai keriting. Ada juga jenis cabai sayur dan beberapa jenis lain seperti paprika.

Khusus dalam tulisan ini membahas cabai dalam kebudayaan Melayu. Yaitu, tentang cabai rawit atau cabik uman dalam bahasa Melayu. Mengapa menyangkut kebudayaan Melayu yang dibahas. Hal ini bertolak pada pembelajaran budaya nenek moyang kita. Dimana saya mengingat kebudayaan kakek nenek dahulu.

Mereka memiliki budaya agraris ladang berpindah. Dimana keadaan alam dalam tahun-tahun kadang tidak menentu. Sedangkan kebutuhan pangan harus selalu ada dan berkelanjutan. Nenek moyang kita tidak memiliki pasar berjaringan seperti sekarang. Mereka hidup terisolir di kampung-kampung terpencil satu sama lain.

Dalam sangkutan dengan topik cabik uman atau cabai rawit. Penduduk zaman dahulu memiliki bibit cabai tersendiri. Nama yang masyakat berikan cabik uman, cabik burung, cabik talang dan lainnya. Kualitas pedas cabik uman yang sangat kuat. Dua biji cabai rawit atau cabik uman dapat memedaskan satu belanga gulai. Mengapa demikian, karena kualitas bibit tradisional sangat baik. Bagaimana nenek moyang kita memenuhi kebutuhan cabai mereka. Sedangkan umur cabai tidak lebih satu tahun. Mereka harus menebang hutan terlebih dahulu untuk membuat ladang baru.

Salah satu hal yang mereka buat adalah mengawetkan cabai. Yang mereka sebut dengan cabai kering. Cabai yang sudah masak berwarna merah di pungut dan diolah. Dicuci bersih dan ditiskan, langsung dijemur dengan wadah lebar yang bersih. Cabai yang dikeringkan dengan cara dijemur di terik matahari. Setelah dijemur beberapa hari. Cabik uman yang sudah kering sampai mengempes tersebut disimpan didalam wadah yang sejuk dan kering. Terhindar dari basah dan sinar matahari langsung. Ketahanan cabai kering ini mencapai dua tahunan.

Biasanya mereka menyimpan di dalam bumbung bambu, guci. Di zaman agak lebih moderen kemudian di dalam toples. Wadah di tutup rapat agar tidak dimasuki serangga besar atau kecil. Kebiasaan nenek moyang kita dalam mengawetkan pangan seperti cabai. Adalah salah satu bentuk budaya ketahanan pangan mandiri. Bayangkan kalau setiap rumah-rumah di Indonesia memiliki cadangan cabai-cabai kering seperti ini. Tentu, pada saat gagal panen, saat harga cabai melonjak karena permainan mapia cabai. Saat menjelang lebaran atau akhir tahun.

Penduduk dapat menggunakan cabai kering yang disimpan. Dalam kondisi negara darurat virus corona seperti sekarang (2020). Atau darurat perang dan krisis ekonomi yang bersifat nasional atau dunia. Tentu sangat membantu sebuah rumah tangga dalam ketahanan pangan mandiri. Penggunaan cabai kering cukup direndam dengan air panas sampai mengembang. Setelah itu dapat dijadikan untuk bumbu masakan.

Mari kita budidayakan cabai uman atau cabai rawit di dalam pot disekitar rumah kita. Mari kita membudayakan membuat stok pangan mandiri di rumah masing-masing. Agar tercapai keluarga yang sejahtera dan kuat untuk ketahanan pangan. Keadaan dunia semakin sulit, kedepannya. Sesungguhnya dalam kurun waktu sepuluh tahun, dunia selalu mengalami masa-masa sulit.

Dengan membudayakan ketahanan pangan mandiri setiap keluarga. Maka kita akan tumbuh menjadi negara yang kuat dan mampu berdiri sendiri. Mari kita budayakan, ketahanan pangan mandiri dalam menyonsong masa depan. Memiliki bilik pangan atau gudang pangan sendiri.

Oleh. Rama Saputra
Editor. Desti. S.Sos.
Foto. Dadang Saputra
Palembang, 26 April 2020.
Bumbung Bambu: Bumbung adalah istilah penyebutan ruas banbu yang di potong dengan satu batas keras sehingga membentuk wadah mirip botol. Masyarakat juga menyebutnya ogoh.

Sy. Apero Fublic

Puisi. Mentari Dan Bunga

Apero Fublic.- Puisi ini seuntai harapan dan nyanyian hatiku. Mengusir jenuh dan rasa sepi. Karya yang sekali jadi namun aku tulis dengan tinta-tinta jalan hidupku. Lalu aku goreskan pewarna yang berwarna warni. Maafkan aku puisi, sebab aku telah menjadikanmu tempat pelepas kegundahan dan kelelahan hidup.

MENTARI DAN BUNGA

Kau mekar di pagi hari
Bersama matahari kau tersenyum
Menyambut pagi
Irama alam dan kicau burung-burung
Telah mengusik hatiku yang beku
Kini kembali terbangun, dan tersenyum
Aku yang lelah tertidur di dalam mimpi-mimpi
Kini telah melangkah dalam bahagia.

Bunga-bunga
Berjanjilah, mekarlah selalu
Tersenyum dalam canda keriangan
Kupu-kupu teruslah menari ditangkai-tangai bunga
Entah mengapa, ada keajaiban bersama bunga.
Hatiku, telah menerima takdirnya
Ikhlas.

Aku berlari dari taman impian, kini ditaman bunga
Berjalan sendiri, seorang diri
Di jalan yang lain
Pada taman harapan yang lain
Semoga selalu indah di jalan baru ini
Jalan kebahagiaan.

Oh bunga-bunga, mekarlah selalu
Aku menunggu dengan rindu
Disetiap pagi-pagiku.

Oleh. Ayu Faqiah


HUJAN DI MALAM

Hujan di malam ini
Membawa sunyi di hatiku kembali
Bayang-bayangan kenangan menyapa
Seakan membawa aku kembali
Pada masa-masa itu, Indah.
Tersenyum di bibir seorang diri.
Membuat detak yang berbeda.

Namun air mataku menitik
Jantungku bertanya mengapa?
Mengapa aku hadirkan yang sudah berlalu itu.
Aku juga tidak mengerti
Mengapa semua harus terjadi.
Ada sesal, ada rindu.

Hujan cepatlah redah
Malam cepatlah menjelang pajar
Wahai mataku,
Padamkan kenangan-kenangan
Aku lelah.
Aku ingin istirahat, di malam ini.

Hujan cepatlah berlalu
Bawak gerimismu serta
Aku telah lelah.

Oleh. Ayu Faqiah
Editor. Selita. S.Pd.
Fotografer. Dadang Saputra
Banda Aceh. 25 April 2020.
Catatan: Buat teman-teman yang memiliki catatan puisi atau syair. Hasil tulisan dan curhatan hati. Jangan dibiarkan terkubur di dalam lembaran buku diary saja. Publikasikan dan mungkin bermanfaat bagi seseorang  yang membacanya.

Puisi selalu baik bagi hati-hati yang sedang lemah. Puisi selalu ramah dengan jiwa-jiwa yang sedang rapu. Kirim ke email redaksi Apero Fublic. www.fublicapero@gmail.com atau duniasastra54@gmail.com.

Sy. Apero Fublic.

4/24/2020

Kepada Hati-Ku

Apero Fublic.- Surat Kita. Aku tuliskan surat tak beralamat juga tidak bertujuan ini. Sebagai ungkapan rahasia hatiku. Kepada langit payunglah lebaran hati ini dari air mata. Wahai bebintang di malam purnama terangilah mata yang lelah saat membaca suratku ini. Semoga bisik-bisik angin membawa kabar ke dunia yang jauh.

Kepada Hatiku
Yang berada di dalam labuhan jiwaku.

Teruntukmu hatiku yang sering terluka. Disayat-sayat oleh ilalang kehidupan yang tajam dan bermiang. Sehingga pedi dan peri walau lukanya kecil hampir tak terlihat. Sepanjang waktu hati yang aku jaga telah terobek dimakan kisah dan harapan yang kosong itu. Hingar bingar kesibukan mimpiku kini buyar dan sepi. Seperti lilin yang menyalah, lalu dihembus angin, padam. Meninggalkan sumbu yang hitam dan asap mengepul sekilas.

Hatiku yang rapu dalam kesendirian ini. Aku ragu kau dapat bertahan menghadapi cobaan ini. Aku menjadi pesimis kalau kau kuat kembali. Apakah kau dapat bertahan? Jawab aku. Jangan tersenyum menyembunyikan kekecewaanmu. Jangan kau simpan sakitmu sendiri. Lalu kau seolah-olah semua baik-baik saja.

Kapada hatiku yang sedang tidak baik-baik saja. Mengapa kau diam dalam pemberontakanmu pada Allah. Memang, berharap pada selain Allah lebih banyak kecewa. Mari ikhlaskan semua yang terjadi. Lupakan semua mimpi-mimpi indah itu. Yakinlah hatiku, kelak akan ada hati yang dikirim Allah untuk menemanimu, di dunia dan di akhirat nanti. Teman sejati itu akan datang bersama ridho Allah dan restu orang tua.

Orang berkata, ada yang patah tapi bukan ranting. Ada yang retak tapi bukan kaca. Ada juga air yang menetes tapi bukan hujan. Ada suara yang menjerit namun tidak ada yang mendengar. Ada yang luka tapi tak berdara. Hatiku, tetaplah merah seperti merahnya harapan kita. Aku harap, bersabarlah dan berdoalah. Semua akan baik-baik saja.

Dariku: Sahabatmu

Oleh. Ayu Faqiah.
Editor. Desti. S.Sos.
Fotografer. Dadang Saputra.
Banda Aceh. 25 April 2020.
Catatan: Buat sahabat-sahabat yang mau berkirim surat tanpa alamat dan tanpa tujuan. Kirim saja ke Apero Fublic ke kolom surat kita. Surat kita adalah suatu karya sastra yang bertajuk surat tapi tidak menuliskan alamat dan tujuan secara nyata.

Surat kita ungkapan perasaan atau kritik sosial yang di kemas dalam tulisan yang berbentuk surat. Menulis surat kita sangat menyenangkan sebab ungkapan kita tersampaikan dengan sempurna. Untuk kali ini aku menulis surat kita dengan teman perasaan.

Mungkin dilain waktu aku dapat menulis surat kita dengan tema lingkungan hidup, budaya, politik, ekonomi dan sebagainya. Kalau kamu ingin mengenalkan usaha kamu, karya kamu, provesi kamu, dan sebagainya dapat juga melalui kolom surat kita.

Tunggu ya, surat kita dariku selanjutnya. Kirim karyamu ke Apero Fublic melalui email redaksi fublicapero@gmail.com atau duniasastra54@gmail.com.


Sy. Apero Fublic

Zay Ma Beauty Soap Sabun Lulur Keraton Plus Madu dan Zaitun


Apero Fublic.- Zay Ma Beauty Soap Sabun Lulur Keraton Plus Madu dan Zaitun. Produk sabun lulur yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan alami yang bermutu tinggi, halal, dan diramu dengan formula tradisional warisan keraton. Manfaat dapat membantu menghaluskan kulit. Membantu melembutkan kulit.

Apabila dipakai dengan teratur sangat bermanfaat menjaga keremajaan kulit Anda. Komposisi yaitu, minyak nabati, ekstrak rimpang, temu giring, daun kemuning, sari bunga, dan diperkaya madu dan zaitun.

Minyak Nabati yang emolien, adalah zat yang menenangkan dan melembutkan kulit. Minyak yang tinggi asam linoleat, seperti minyak bunga matahari, bekerja dengan membentuk penghalang, baik pada permukaan kulit anda, atau dilapisan atas kulit anda. Ekstrak Rimpang Temu Giring, mengandung senyawa kurkumin yang dapat memberi warna kuning.

Disamping itu, rimpang ini mengandung minyak atsiri 0,8-3%, amilum, damar, lemak, tanin, saponin dan flavonoid. Daun Kemuning, mengandung cadinene, methyl-anthranilate, bisabolene, dan tanin, yang berkhasiat obat. Perasan daun kemuning yang ditumbuk sampai lumat dan dicampur air, dapat menghaluskan kulit jika dioleskan setiap malam.

Buah Asam, mengandung minyak vitamin dan senyawa yang penting untuk kesehatan kulit seperti Vitamin C, betakaroten, potasium, magnesium, dan masih banyak lagi. Kelabet, mengandung protein, zat besi, karbohidrat, air, kalsium, dan juga fosfor. Sari Bunga, mengandung vitamin A, C, dan E yang sangat baik untuk kulit dan rambut anda. Bahkan kanduangan vitamin C yang di nilai delapan kali lebih banyak dari vitamin C pada umumnya, sebab ada kandungan Roses Hip Seeds.

Adanya kandungan ini memberikan efek antioksidan yang sangat baik untuk menjaga dari penuaan kulit anda. Madu, mengandung anti oksidan, antibakteri, vitamin B dan vitamin C, yang merupakan beberapa kandungan yang banyak digunakan untuk kecantikan dan perawatan kulit. Minyak Zaitun, mengandung Squalene, Zat Besi, Kalsium, Pottasium, Polifenol, Triglesida, Oleic Acid, Tokoferol, Senyawa fenolik, Vitamin A, B1, B2, C, D, E, dan K.

Netto. 100 gram
Badan POM NA 18160500564.
Tertarik dengan produk unggulan ini: WA/HP. 089607544565.

Oleh. Arip Muhtiar
Editor. Selita. S.Pd.
Palembang, 24 Apero 2020.

Sy. Apero Fublic

Moreskin Underarm. Pencerah Kulit Terlindung dan Penghilang Bekas Luka

Apero Fublic.- Moreskin Underarm adalah krim pencerah yang mengandung kombinasi alpha arbutin dan retinol. Manfaat, membantu mencerahkan bagian tubuh yang gelap dan menghitam, termasuk area lipatan seperti ketiak, lipatan paha, siku, lutut, dan bekas luka yang terdapat pada tubuh.

Achillea Millefolium kaya akan emolien yang bagus untuk kulit. Membantu menjadikan kulit wajah terlihat lebih muda dan sehat, membantu menyamarkan bekas jerawat, bekas luka, infeksi kulit lainnya secara alami. Untuk zat Achillea Millefolium juga mengandung bahan penyejuk dan pendingin alami, sehingga membuatnya mapuh untuk menenangkan kulit yang terbakar matahari.

Arctostaphylos uva ursi leaf merupakan salah satu jenis herbal khas Eropa dan Asia yang sebenarnya bisa ditemukan dimana saja. Memiliki manfaat yang sangat baik untuk mencegah berbagai efek penuaan dini, seperti bintik hitam pada wajah dan kulit yang keriput serta membantu menghilangkan pigmentasi kulit pada ibu hamil.

Glycyihiza Glabra Root adalah komponen yang didalamnya antara lain glabridin, glikosida, tanin dan glabridin. Bermanfaat untuk membantu mencegah pigmentasi pada kulit wajah, melembutkan sekaligus mencerahkan kulit, membantu menghilangkan atau mengatasi kerusakan kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari, menjadikan kulit terhidrasi dengan baik, dan tampak berseri.

Untuk Sophora Japomica mengandung sejumlah besar flavonoid, ditandai dengan konsentrasi tinggi minyak lemak, alkonoid, glukosa, dan asam askorbat. Memungkinkan mengobati berbagai lesi infeksi pada kulit, selaput lendir. Selain itu sophora japomica juga merupakan tanaman bakterisida dan antiinflamasi yang sangat baik, secara efektif meningkatkan sirkulasi kapiler, serta merangsang proses regeneratif.

Scutellaria Baicalensis Root memiliki kandungan yang ada di dalamnya bermanfaat untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet, sebagai antioksidan dan mempertahankan fungsi sawar kulit. Saran pakai, oleskan Moreskin Underarm pada bagian kulit yang dibutuhkan atau bagian kulit yang lainnya yang ingin dicerahkan.

Netto. 20 gr
Badan POM NA 181 719 002 98.
Tertarik dengan produk unggulan ini. Hubungi WA/HP: 089607544565.

Oleh. Arip Muhtiar
Editor. Desti. S.Sos.
Palembang, 24 April 2020.

Sy. Apero Fublic

4/23/2020

BPD Lumpatan II Serahkan langsung proposal usulan ke anggota DPRD MUBA pada reses II.

Apero Fublic.- Sekayu. Dalam upaya menyerap Aspirasi Konstituen Wakil Rakyat Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Musi Banyuasin terjun langsung ke Daerah Pemilihan demi menyerap Aspirasi Masyarakat yang diwakili Kamis (23/4/2020).

Anggota DPRD kab Muba Daerah Pemilihan I Damsih, SH melakukan Reses II Tahun 2020 di Desa Lumpatan, Agenda reses berjalan dengan lancar juga dengan tetap menjalankan protokol kesehatan  di tengah wabah Covid-19.

Agenda reses dihadiri oleh Kepala Desa, Ketua BPD juga dengan perangkat dan masyarakat desa. Reses kali ini dibanjiri banyak usulan dari masyarakat desa  salah satu usulan disampakan oleh  Endang selaku Ket. BPD Lumpatan II Adapun ususlan yang disampakan.

Kami anggota BPD juga mempuyai fungsi mewakili masyarakat Desa yakni menyerap aspirasi baik langsung ataupun Ataupun melalui Musrenbang Desa" ungkap Endang, Kamis (23/4).

Ini bentuk kerja nyata kami untuk meneruskan dan membuat proposal usulan yang di buat dalam satu berkas aspirasi masyarakat, agenda reses adalah moment yang tepat sebagai wadah aspirasi masyarakat sebagai konstituen dari wakil rakyat yang duduk di DPRD untuk menyampaikan beberapa usulan secara langsung lanjut Endang.

Salah satu usulan disampaikan oleh tokoh masyrakat desa lumpatan tentang Tembok penahan tanah di pemukiman masyarakat di pinggiran sungai wilayah dua Desa Lumpatan dan Lumpatan II yang rawan lonsor." Ujar Rukli.

Selaku wakil rakyat kami sudah mendengar secara langsung usulan-usalan yang di sampaikan dan akan kami perjuangangkan skala priorioritas apa yang menjadi keinginan masyarakat yang saya wakili ke rapat DPRD." Ungkap Damsih.

Oleh. Totong Mahipal
Editor. Desti. S.Sos.
Sekayu, 23 April 2020.

Sy. Apero Fublic.

4/22/2020

Pantun Berbahasa Daerah Musi Banyuasin, Sumatera Selatan

Apero Fublic.- Pantun Daerah dari Dataran Negeri Bukit Pendape ini adalah warisan pantun berbahasa Melayu. Hadir dari buah pemikiran nenek moyang dahulu. Pantun ini adalah pantun yang dicatat dari masyarakat Sungai Keruh, Musi Banyuasin. Pantun-pantun warisan nenek moyang sejak dahulu untuk menasihati anak cucu mereka.

Sebagaimana kita ketahui Dataran Negeri Bukit Pendape adalah kawasan yang sekarang telah terbentuk beberapa kecamatan. Yaitu, Kecamatan Sungai Keruh, Kecamatan Jirak Jaya, Kecamatan Pelakat Tinggi, dan sebagian dari kecamatan lain. Yang terletak di dekat aliran Sungai Musi. Dataran Negeri Bukit Pendape meliputi seluruh dari wilayah Kabupaten Musi Banyuasin di bagian seberang (Sekayu).

Tepian Asen mandi jalak
Jalak baruge mandi jalan
Buyan besen jadi calak
Calak sare jadi buyan.

Terjemahan:
Tepian Asen dimandi jalak
Jalak beruge mandi dijalan
Bodoh tapi kaya tampak pintar
Pintar tapi miskin tampak bodoh.
(Jalak adalah nama jenis ayam jantan. Baruge adalah ayam bekisar atau ayam hutan jantan).

Alu tetak anti tangge
Tangge rusak pata due
Kalu endak pasti njage
Bukan marusak alasan bakule.

Terjemahan:
Alu dipotong untuk membuat anak tangga
Tangga rusak pata dua
Kalau cinta tandanya menjaga
Bukan merusak karena alasan pacaran

Letup tetek waktu nugal
Nyamerang ujan lebat pulek
Idup kitek Cuma segal
Malang raga hebat igek.

Terjemahan:
Buah letup jatuh saat nugal
Kehujanan dijalan yang lebat sekali
Hidup kita didunia hanya sebentar
Jangan sampai kita lupa diri.

Mak Raje sengat panyengat
Bik Tini uang dai Teboali
Payo bije ingat-ingat
Bini uang sadar diri.

Terjemahan:
Baginda raja disengat penyengat
Bibik Tini orang dari Teboali
Sudah menika berlakulah seharusnya sebagaimana istri orang
Jadi Istri orang harus tahu diri.

Kere ompong nago di jut
Bibik ngumbut bangko salak
Sare ngomong dengo kentut
Bajik kentut dengo bijak.

Terjemahan:
Kera ompong berada di atas pohon jut
Bibik memotong rumpun salak
Kata-kata orang miskin terdengar seperti suara kentut
Orang kaya kentut terdengar seperti kata-kata bijak.

Kengge pucuk banian anyar
Ngunde rawe enam lime
Alangke ilok bangian anyar
Idup badue diam dume

Terjemahan:
Semut geranggang merayap diatas keranjang banian baru
Keranjang digunakan membawa buah rawe enam puluh lima biji
Alakah bahagia pengantin baru
Hidup berdua tinggal diladang.

Bunang Banian adalah keranjang kecil yang khusus digunakan untuk membawa benih padi, jagung, padi sarawe, saat menanam di tengah ladang. Istilah menanam padi di ladang dengan bergotong royong adalah Nugal. Rawe adalah nama lokal jenis buah sejenis mangga tapi ukurannya hanya selebar dua jari. Rasanya manis saat masak dan asam saat mentah seperti mangga.

Kretek nenek mbako cengke
Alu bawa dunde kume
Gitek gunek raga rengke
Kalu lalewa jat kabine

Terjemahan:
Rokok kakek tembakau dicampur cengke
Alu dibawah rumah dibawa keladang.
Tiada guna wajah cantik atau tampan
Kalau tabiat sangat buruk

Nenek dalam bahasa Melayu Musi Banyuasin umum, yaitu bisa berarti kakek atau nenek. Yang membedakannya biasanya ditambah dengan nenek ine (nenek perempuan) atau nenek anang (kakek laki-laki).

Manaske ati kalu bacawa
Maling gasing pucuk papi
Balaki bini jangan susa
Yang penting iluk parangi.

Terjemahan:
Kalau berkata-kata selalu memanaskan hati
Mencuri gading diatas perapian
Kalau mau menikah jangan pilih-pilih
Yang penting baik dan berbudi

Jangan nyerok krepek dalam belek
Kalu padi masih segonong banyaknye
Jangan arok ngambek wang bajek
Kalu blaki bini sombonge bae dunde.

Terjemahan:
Jangan mengambil keripik yang di dalam bilik
Kalau padi masih menggunung didalammnya
Jangan bangga menikahi akan orang kaya
Kalau sudah menikah nanti sombongnya saja yang dia bawa.

Tangan budak ngambek saluang
Saluang due untuk lauk ibat
Jangan galak ngateke uang
Awaklah tue ngijeke ibadat.

Terjemahan:
Tangan anak-anak membawa ikan seluang
Saluang dua ekor untuk lauk bekal
Jangan suka membicarakan keburukan orang
Sadar diri sudah berumur, baiklah mulai beribadah.

Terimah kasih untuk beberapa informan yang sudah mengajarkan pantun berbahasa Melayu Sumatera Selatan. Semoga amal ibadah diterima oleh Allah SWT. Serta berguna bagi masyarakat terkusus untuk pengembangan kesastraan asli masyarakat Dataran Negeri Bukit Pendape. Dataran Negeri Bukit Pendape adalah nama tradisional dari kawasan Marga Sungai Keruh yang seluas meliputi dari tebing Sungai Musi sampai ke Bukit Pendape.

Tim. Apero Fublic
Editor. Selita. S.Pd.
Fotografer. Dadang Saputra.
Sungai Keruh, 23 April 2020.

Sy. Apero Fublic

4/21/2020

Mengenal Masjid Berkubah Tertua di Indonesia

Apero Fublic.- Pulau Penyengat Indera Sakti, adalah sebuah pulau kecil di sekitar Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Karena banyaknya peninggalan sejarah. Pada tanggal 19 Oktober 1995 Pulau Penyengat dicalonkan ke UNESCO sebagai situs warisan dunia. Semoga suatu saat menjadi kenyataan. Pulau Penyengat yang pernah menjadi pusat Kesultanan Melayu Riau-Lingga. Meninggalkan banyak bangunan monumental sejarah atas kemegahan Kesultanan Melayu Islam di Nusantara. Pada awalnya Pulau Penyengat adalah pemberian Sultan Mahmud Syah III kepada Engku Putri Raja Hamidah sebagai mas kawin (mahar).

Kemudian beliau menempati Pulau Penyengat. Selanjutnya adik Engku Raja Hamidah, Raja Jakfar membangun Istana. Waktu berlalu, Sultan pun kemudian memerintahkan pembangunan Pulau Penyengat layaknya sebuah kota. Yaitu, dilengkapi dengan fasilitas utama pendukung untuk ukuran sebuah kota masa itu. Seperti dibangun perkantoran, alun-alun, parit pertahanan dan benteng.

Sebagaimana pemukiman umat Islam lainnya. Tentulah akan dibangun sebuah tempat ibadah, yaitu masjid. Masjid kelak dikenal dengan nama Masjid Sultan Riau Pulau Penyengat. Masjid ini menjadi monumen mega dari peninggalan kejayaan Kesultanan Melayu di Riau dan Asia Tenggara. Masjid dibangun pada tahun 1803 Masehi pada masa pemerintahan Sultan Muhammad Syah III.

Masjid kemudian direnovasi oleh Yang Dipertuan Muda Raja Abdul Rahman pada tahun 1832 Masehi. Saat renovasi inilah arsitektur masjid dibangun dengan sangat megah dengan ukuran pada masa itu. Dapat dibayangkan betapa banyak biayah yang diperlukan. Pembangun yang luar biasa ini bukan hanya pada alat bangunan yang menggunakan beton. Tapi juga pada arsitektur masjid yang memakai kubah. Sehingga Masjid Sultan Mahmud Syah III ini menjadi masjid berkubah tertua di Indonesia.

Masjid Sultan Mahmud Syah III, berukuran panjang 20 meter dan lebar 18 meter. Ditopang dengan empat tiang utama dari beton. Dilengkapi dengan empat menara azan. Atap masjid terdiri dari 13 buah kubah dengan tipologi kubah bawang. Dalam pembangunan jumlah menara dan kubah memiliki makna. Menara empat dengan kubah tigabelas menjadi bilangan angka 17.

Bermakna jumlah rakaat shalat lima waktu dalam sehari semalam. Makna 17 tersebut sangat dalam apabila diuraikan dalam hitungan kaum muslimin. Misalnya 17 ramadhan turunyya ayat Al-Quran. Tanggal 17 hari kemerdekaan Indonesia di kemudian hari. Saya ingat ceramah Ustadz Abdul Somad yang menceritakan kalau Sultan Terakhir Riau menyerahkan mahkota kesultanan pada Presiden Soekarno. Yang menandakan Riau adalah bagian dari Indonesia. Masyarakat Riau harus berbangga memiliki monumen sejarah yang mega. Jagalah Masjid Sultan Riau itu dengan baik. Mungkin terbangunnya masjid sebab doa-doa orang-orang saleh di sana pada waktu itu.

Untuk bangunan di kiri dan kanan bangunan utama masjid bangun rumah soto. Ruma soto adalah ruang berkumpul atau pertemuan, musyawarah atau belajar agama. Pulau penyengat pada masanya pernah menjadi pusat pemerintahan Yang Dipertuan Muda atau Perdanan Mentri dari Kesultanan Riau-Lingga.

Perlu diketahui gelar Raja adalah gelar bangsawan Melayu keturunan Bugis. Sedangkan gelar Yang Dipertuan Muda adalah gelar Perdanan Mentri. Kesepakatan tersebut terjadi antara Sultan pendahulu karena memberikan penghargaan atas jasa mereka membantu Kesultanan saat dalam kesulitan perang dan pemberontakan di kesultanan Riau-Lingga. Waktu berlalu, Pulau Penyengat selanjutnya menjadi pusat pemerintahan Kesultanan Riau-Lingga semasa Kepemimpinan Sultan Abdul Rahman Muazam Syah II. Pindah dari Daik-Lingga ke Pulau Penyengat pada tahun 1900 Masehi.

Oleh. Joni Apero
Editor. Desti. S.Sos.
Palembang, 21 April 2020.

Sy. Apero Fublic.