6/29/2022

Pembelajaran Bahasa Menggunakan Multimedia

APERO FUBLIC.- Komputer dalam pembelajaran bahasa di sekolah dasar menurut Tylor memiliki tiga fungsi, yaitu sebagai alat, tutor,dan tutee. Komputer sebagai alat dapat digunakan sebagai program untuk memproseskata-kata seperti menulis cerita, puisi, atau jenis karangan lainnya. Dalam belajar bahasa ada empat aspek yang perlu diperhatikan yaitu membaca, mendengar, menulis dan berbicara.

Fasilitas aplikasi dapat memungkinkan kita memasukan teks dalam slide pertama, kemudian memasukan latihan dalam slide kedua dan umpan balik latihan dalam slide berikutnya. Untuk memperindah tampilan teks-teks bacaan juga bisa dilengkapi dengan berbagai gambar dan suara.

Penggunaan multimedia pembelajaran berpotensimeningkatkan pembelajaran kosakata. Pemahaman arti dari kosakata sangatlah penting dalam penggunaan suatu bahasa. Dalam multimedia pembelajaran dapatdisajikan bentuk permainan, hyperlink, hypertext, dan animasi. Bentuk permainandapat memberi stimulasi eksternal dan menampilkan berbagai bentuk grafik.

Bentukhyperlink memberi kesempatan kepada siswa untuk memperoleh kata-kata barudalam berbagai konteks melalui akses yang cepat ke teks dan grafik yang diinginkansiswa. Bentuk hypertext memungkinkan siswa mengklik kata-kata yang diinginkanuntuk mendengar pengucapannya dan meningkatkan pemahaman terhadap kata-katabaru yang dipelajari.

Sementara itu, animasi dapat meningkatkan pembelajarankosakata apabila digabungkan dengan narasi yang informatif dan menarik. Oleh karena itu, penggunaan multimedia bisa dalam bentuk Microsoft Power Point yang digabungkan dengan video berdurasi pendek sehingga memungkinkan siswa untuk memahami akan materi yang akan diberikan.

Contohnya saja pengajaran teks narrative. Penjelasan tentang apa itu teks narrative bisa dibuat dalam bentuk Power Point lalu dengan bantuan hyperlink kita bisa memperlihatkan contoh teks narrative dalam bentuk video dan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan pemahaman teks, misalnya kosakata.

Nation menyatakan bahwa pembelajaran kosakata denganmultimedia berpusat pada kondisi noticing, retrieval, dan generative use. (1) Noticingyaitu bentuk pembelajaran dengan menggunakan tulisan yang diberi warna, disorot,dan diberi cahaya; (2) Retrieval yaitu pembelajaran yang dilakukan denganpenundaan atau pemunculan petunjuk secara berangsur-angsur; (3) Generative useyaitu pembelajaran yang dilakukan dengan melengkapi kosakata dalam berbagaikonteks dan bentuk seperti gambar, tulisan, dan suara.

Constantinescus menyebutkan empat prinsip mengajar dalam pembelajaran bahasa berbantuan komputer untuk pengembangan kosakata. Pertama,guru harus memperhatikan ketersediaan alat-alat mengajar. Kedua, guru harusmemberi penjelasan dalam bentuk teks dengan menggunakan multimedia. Ketiga,guru harus mengetahui jenis-jenis materi online dalam pembelajaran bahasa Inggriskarena tidak semua materi tersebut dapat digunakan di dalam kelas. Keempat, guruharus menggunakan metode yang sesuai dan memanfaatkan multimedia dengan baik.

Oleh. Muhammad Buang.
Editor. Joni Apero
Palembang, 30 Juni 2022.
Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Fakultas Adab dan Humaniora. Jurusan Ilmu Perpustakaan.

Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment