Syarce

Syarce adalah singkatan dari syair cerita. Syair cerita bentuk penggabungan cerita dan syair sehingga pembaca dapat mengerti makna dan maksud dari isi syair.

Apero Mart

Apero Mart adalah tokoh online dan ofline yang menyediakan semua kebutuhan. Dari produk kesehatan, produk kosmetik, fashion, sembako, elektronik, perhiasan, buku-buku, dan sebagainya.

Apero Book

Apero Book adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi semua jenis buku. Buku fiksi, non fiksi, buku tulis. Selain itu juga menyediakan jasa konsultasi dalam pembelian buku yang terkait dengan penelitian ilmiah.

Apero Popularity

Apero Popularity adalah layanan jasa untuk mempolerkan usaha, bisnis, dan figur. Membantu karir jalan karir anda menuju kepopuleran nomor satu.

@Kisahku

@Kisahku adalah bentuk karya tulis yang memuat tentang kisah-kisah disekitar kita. Seperti kisah nyata, kisah fiksi, kisah hidayah, persahabatan, kisah cinta, kisah masa kecil, dan sebagaginya.

Surat Kita

Surat Kita adalah suatu metode berkirim surat tanpa alamat dan tujuan. Surat Kita bentuk sastra yang menjelaskan suatu pokok permasalaan tanpa harus berkata pada sesiapapun tapi diterima siapa saja.

Sastra Kita

Sastra Kita adalah kolom penghimpun sastra-sastra yang dilahirkan oleh masyarakat. Sastra kita istilah baru untuk menamakan dengan sastra rakyat. Sastra Kita juga bagian dari sastra yang ditulis oleh masyakat awam sastra.

Apero Gift

Apero Gift adalah perusahaan yang menyediakan semua jenis hadia atau sovenir. Seperti hadia pernikahan, hadia ulang tahun, hadiah persahabatan, menyediakan sovenir wisata dan sebagainya. Melayani secara online dan ofline.

4/17/2021

Thia Yufada Sambangi dan Semangati Istri Almarhum Oktriandika.

APERO FUBLIC.- MUSI BANYUASIN. Ketua TP PKK Muba Thia Yufada Dodi Reza, Sabtu (17/4) pagi, mendatangi Herwanda Erna (33), istri dari almarhum Oktriandika yang menjadi korban akibat ledakan tabung oksigen di RSUD Sekayu beberapa waktu lalu.

Suasana duka masih tampak jelas, tampak sesekali Thia Yufada memberikan semangat dan menyabarkan Herwanda yang saat ini telah memiliki 2 orang anak.

Kedatangan Thia juga dengan membawa buah tangan dan santunan untuk kebutuhan sekolah anak-anak almarhum Oktriandika. “Kita berdoa agar almarhum Oktriandika husnul khotimah, dan istri serta anaknya diberikan ketabahan. Saya hadir kesini untuk menyemangati Herwanda,” ucap istri Bupati Dodi Reza tersebut.

Menurut Thia, Herwanda adalah sosok istri yang kuat dan tabah. “Meski masih usia relatif muda namun saya melihat Erwanda adalah sosok perempuan dan istri yang tangguh,” kata Wanita Inspirasi Sumsel tersebut.

Sementara itu, Herwanda mengucapkan terima kasih atas bantuan, perhatian dan support yang diberikan Ketua TP PKK Muba Thia Yufada Dodi Reza. “Terima kasih kepada Ibu Thia yang telah menyempatkan waktu untuk hadir ke kediaman kami dan memberikan semangat untuk keluarga saya,” tuturnya.

Terpisah, dr Kuncoro SpB yang merupakan dokter yang menangani Oktriandika mengungkapkan, Oktriandika menghembuskan napas terakhirnya pada Jumat (16/4) malam sekitar pukul 00.40 WIB di RSUD Sekayu.

“Sebelumnya almarhum mendapatkan perawatan intensif di RSUD Sekayu selama sepekan dan dilakukan tindakan source control berupa amputasi femur sinistra dan resusitasi cairan serta darah. Oktriandika meninggal akibat kegagalan banyak organ utama seperti paru-paru, ginjal dan jantung, serta sepsis (infeksi sistemik),” tandasnya. (HS).

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 17 April 2021.

Sy. Apero Fublic

4/15/2021

Bareng Ketua TP PKK Thia Yufada, Bupati Dodi Reza Safari Ramadhan ke BayLen

APERO FUBLIC.- MUSI BANYUASIN. Safari Ramadhan 1442 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin resmi dimulai dan dibuka secara langsung oleh Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin.

Pembukaan safari Ramadhan Pemkab Muba sebagai ajang menyerap aspirasi dan wujud pemimpin yang lebih dekat dengan warganya ini dilakukan di halaman kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Kelurahan Bayung Lencir Indah Kecamatan Bayung Lencir. Pada acara ini sekaligus dilakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung kantor MWC NU Bayung Lencir, Kamis (15/4).

Bupati Muba yang didampingi Ketua TP PKK Muba Hj Thia Yufada mengatakan, pembukaan safari Ramadhan sengaja dilaksanakan di kecamatan-kecamatan lain yang selama ini berlangsung di ibukota kecamatan.

“Dan Bayung Lencir, Alhamdulillah adalah tempat pertama kali safari Ramadhan 1442 Hijriah Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, kita ingin memberi hadiah khusus ke Bayung Lencir karena telah menjadi juara MTQ tingkat kabupaten dan akan mewakili Muba pada MTQ tingkat Provinsi Sumatera Selatan,” ujarnya.

Terkait dengan pembangunan gedung kantor MWC NU, dikatakannya, ia berjanji akan membantu penyelesaian pembangunan MWC NU Bayung Lencir tersebut. “Tahun ini juga kita bantu pembangunan kantor PC NU Kabupaten Muba di Kecamatan Sakayu, jadi ini harus selesai dan layak untuk dijadikan tempat acara. Terima kasih juga kepada perusahaan-perusahaan yang telah ikut membantu pembangunan Kantor MWC NU ini,” ucapnya.

Lanjut orang nomor satu di Bumi Serasan Sekate ini, Kecamatan Bayung Lencir kedepan akan mendapatkan saluran jaringan gas rumah tangga sebanyak 6000 jaringan.

“Jargas rumah tangga, sebetulnya hanya diperuntukkan untuk perkotaan saja, tapi kita mengusulkan ke pemerintah pusat untuk dibagi ke tiap kecamatan terutama kecamatan penghasil gas. Banyak yang akan kita bangun kedepannya, dan semoga di bulan Ramadan ini dapat lebih meningkatkan iman kita,” tandasnya.

Sementara Camat Bayung Lencir M. Imron menuturkan seluruh total RAB pembangunan gedung kantor MWC NU sebesar Rp 456 juta. Untuk pondasi banyak bantuan dari dermawan dan perusahaan-perusahaan yang beroperasi di wilayah Bayung Lencir. “Seluruh material mereka tanggung jawab, meraka sudah suport menyumbang material sampai dengan selesai,” ungkapnya.

Selain itu Imron mengatakan, ibu-ibu di Kecamatan Bayung Lencir melalui Pengajian An’Nurdin sudah bersinergi dengan TP PKK Kabupaten Muba untuk memberantas buta aksara Alquran.

Pada kegiatan ini dilakukan pula pengukuhan pengurus pengajian An’Nurdin periode 2021-2023 dan pengurus ikatan remaja masjid yang ikukuhkan oleh Ketua Umum Pengajian An’Nurdin Serasan Selate Kabupaten Muba Hj Thia Yufada, kemudian dilanjutkan dengan buka puasa bersama.

Turut hadir Dandim 0401 Muba Letkol Arh Fariz Kurniawan SST MT, Kapolres Muba AKBP Erlin Tangjaya SIK, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Muba H Yudi Herzandi SH MH, dan para Kepala Perangkat Daerah Muba. (HS).

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 15 April 2021.

Sy. Apero Fublic

4/14/2021

TP PKK Musi Banyuasin Sinergi dengan OPD Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat.

APERO FUBLIC.- MUSI BANYUASIN. Dalam upaya mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat  Kabupaten Musi Banyuasin, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Muba mensinkronisasikan program kerja dengan organisasi perangkat daerah (OPD) Muba.

“Kegiatan ini sudah lama kami rencanakan, ini tahapan akhir dari rapat koordinasi dan sikronisasi program kerja dengan OPD selama tiga pekan,” ungkap Ketua TP PKK Muba Hj Thia Yufada Dodi Reza saat audiensi dengan bupati terkait hasil sikronisasi program kerja TP PKK di ruang rapat Serasan Sekate, Rabu (14/4).

Dikatakan dia, bentuk koordinasi dan sinkronisasi dilakukan dengan cara mendatangi satu persatu OPD Muba. “Ini kita lakukan karena tidak ada satupun kerja TP PKK yang tidak terkait dengan OPD. Kami juga sinkronisasikan program kerja dengan organisasi kewanitaan dalam Kabupaten Muba serta memanfaatkan CSR dari perusahaan,” kata Thia Yufada.

Lanjutnya, TP PKK Muba telah meraih juara nasional UP2K tahun 2020 mewakili Provinsi Sumatera Selatan. Oleh karenanya penting untuk dilakukan sinkronisasi dengan OPD dalam meningkatkan infrastruktur dari program TP PKK untuk antisipasi studi banding dari daerah lain. “Maksud dan tujuan audiensi kami, memohon dukungan agar yang sudah disepakati bisa terlaksana sebaik-baiknya,” imbuhnya.

Adapun beberapa program kerja TP PKK Muba yang disinkronisasikan dengan 18 OPD diantaranya, Paket City Tour Gambo Muba atau pembangunan pendopoan untuk pengrajin jumputan Gambo Muba di Desa Ulak Teberau Kecamatan Babat Toman, pemilihan wanita inspiratif tingkat Kabupaten Muba, pembuatan kebun percontohan gambir TP PKK Kabupaten Muba di Desa Toman, pelatihan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi pelaku usaha UP2K, kemudian pelatihan produk hilirisasi karet gelang, pelatihan kewirausahaan sekaligus bantuan peralatan untuk Karang Taruna (kaum milenial), bantuan untuk kelompok usaha bersama (KOBE), dan bantuan usaha ekonomi produktif (UEP) bagi usaha perseorangan.

Bupati Muba Dodi Reza Alex dalam kesempatan ini memberikan apresiasi dan terima kasih kepada TP PKK Muba yang telah membantu program pemerintah kabupaten dan juga telah mengharumkan nama Bumi Serasan Sekate dikanca Nasional meraih juara UP2K.

“Saya sangat berterimakasih kepada ketua dan pengurus TP PKK yang telah serius selama ini, terbukti sinkronisasi program kerja sudah jalan dan menjadi satu-satunya di Sumsel, ibu -ibu TP PKK bersinergi dengan OPD. Terimakasih juga OPD telah membantu TP PKK, ini tugas kita bersama,” ujarnya.

Untuk itu Bupati Dodi menginstruksikan kepada OPD agar program yang disampaikan menjadi prioritas dan dapat dianggarkan. “Termasuk kita antisipasi banyak studi banding dari daerah lain, karena kita sudah menjadi juara nasional UP2K. Tanpa anggaran pun mereka bisa menjadi juara nasional, apalagi kedepannya kita didukung penuh,” tandasnya.

Audiensi ini turut dihadiri para Kepala Perangkat Daerah Muba, serta para pengurus TP PKK Kabupaten Muba. (HS)

Editor. Desti, S.Sos.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 14 April 2021.

Sy. Apero Fublic

4/12/2021

Pasar Bedug Musi Banyuasin, Thia Yufada: UMKM Bangkit di Tengah Pandemi

APERO FUBLIC.- MUSI BANYUASIN. Ketua TP PKK Kabupaten Musi Banyuasin Hj Thia Yufada didampingi Kepala Dinas Koperasi UKM Muba Ir Zulfakar meninjau dan membuka secara resmi pasar bedug dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah di Lapangan Gelanggang Remaja Sekayu, Selasa (13/4).

Terpantau di lokasi para pelaku UMKM kuliner sangat antusias berjualan di lokasi walaupun di tengah pandemi Covid-19, pedagang dan pengunjung juga sangat mengedepankan protokol kesehatan.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Muba Hj Thia Yufada Dodi Reza mengatakan bahwa tempat ini menjadi satu alternatif kunjungan bagi warga Sekayu dan siapapun yang melintas. Selain itu, ia juga mengajak masyarakat untuk berbelanja dipusat jajanan kuliner yang telah disediakan. “Bangunan ini didirikan atas bantuan atau biaya dari APBN, serta bantuan DID untuk Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Disdagperin,” katanya.

Kemudian, lanjut perempuan inspiratif Sumsel ini, setelah bicara dengan Dinas Koperasi, PKK Muba menyanggupi untuk mengelola lokasi ini, karena begitu banyak kegiatan masyarakat yang perlu dan bisa difasilitasi di gedung ini yang pertama tentu menjadi tempat pujasera. “Insya Allah yang kita saksikan dan kita datangi pada hari ini adalah cikal bakal pujasera di Sekayu nanti akan segera terwujud,” ujarnya.

Ia juga berpesan agar para pelaku UMKM kuliner yang berjualan di pasar bedug tersebut untuk menjaga mutu baik dari rasa, kesehatan, dan kemasannya. “Kami sangat mengapresiasi respon cepat dari IWAPI Muba dalam membantu pemerintah membangkitkan perekonomian masyarakat di masa pandemi saat ini,” tambahnya

Sementara, Kepala Dinas koperasi UMK Ir Zulfakar dalam laporannya menyampaikan dengan jelas bahwa tempat tersebut sudah difasilitasi pihaknya untuk UMKM kuliner Sekayu secara gratis tidak ada sewa menyewa. Ia juga mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik atas pengelolaan pasar bedug yang dilakukan Ketua PKK Muba bersama IWAPI Muba.

“Ini salah satu upaya pemerintah Kabupaten Muba untuk memulihkan perekonomian masyarakat, khususnya bagi pedagang kuliner dalam wilayah Kabupaten Muba ini. Jadi silahkan manfaatkan tempat ini dengan sebaik-baiknya. Dan kedepanya nanti kita bisa kembangkan menjadi tempat pusat jajanan kuliner UMKM Sekayu,” pungkasnya. (HS).

Editor. Selita, S.Pd.
Tatafoto. Dadang Saputra.
Palembang, 13 April 2021.

Sy. Apero Fublic