Syarce

Syarce adalah singkatan dari syair cerita. Syair cerita bentuk penggabungan cerita dan syair sehingga pembaca dapat mengerti makna dan maksud dari isi syair.

Apero Mart

Apero Mart adalah tokoh online dan ofline yang menyediakan semua kebutuhan. Dari produk kesehatan, produk kosmetik, fashion, sembako, elektronik, perhiasan, buku-buku, dan sebagainya.

Apero Book

Apero Book adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi semua jenis buku. Buku fiksi, non fiksi, buku tulis. Selain itu juga menyediakan jasa konsultasi dalam pembelian buku yang terkait dengan penelitian ilmiah.

Apero Popularity

Apero Popularity adalah layanan jasa untuk mempolerkan usaha, bisnis, dan figur. Membantu karir jalan karir anda menuju kepopuleran nomor satu.

@Kisahku

@Kisahku adalah bentuk karya tulis yang memuat tentang kisah-kisah disekitar kita. Seperti kisah nyata, kisah fiksi, kisah hidayah, persahabatan, kisah cinta, kisah masa kecil, dan sebagaginya.

Surat Kita

Surat Kita adalah suatu metode berkirim surat tanpa alamat dan tujuan. Surat Kita bentuk sastra yang menjelaskan suatu pokok permasalaan tanpa harus berkata pada sesiapapun tapi diterima siapa saja.

Sastra Kita

Sastra Kita adalah kolom penghimpun sastra-sastra yang dilahirkan oleh masyarakat. Sastra kita istilah baru untuk menamakan dengan sastra rakyat. Sastra Kita juga bagian dari sastra yang ditulis oleh masyakat awam sastra.

Apero Gift

Apero Gift adalah perusahaan yang menyediakan semua jenis hadia atau sovenir. Seperti hadia pernikahan, hadia ulang tahun, hadiah persahabatan, menyediakan sovenir wisata dan sebagainya. Melayani secara online dan ofline.

2/28/2020

Pagelaran Wayang Palembang Di Festival Seguntang 2020

Apero Fublic.- Palembang,- Festival Seguntang 2020 mempersembahkan Pagelaran Seni  Wayang Palembang, 28 Februari 2020 (malam). Bertempat di galeri Taman Budaya Bukit Seguntang. Pagelaran bertujuan memperkenalkan dan melestarikan Wayang Palembang. Salah satu tradisi pewayangan di Indonesia, corak Palembang. Dizaman moderen sudah biasa, apabila budaya tradisional terpinggirkan. Tak terkecuali pada seni Wayang Palembang.

Wayang Palembang adalah suatu bentuk pewayangan akulturasi budaya (Melayu-Jawa). Kemunduran seni Wayang Palembang sepertinya dimulai pada akhir abad 19. Setelah runtuhnya Kesultanan Palembang, dan terus tenggelam sampai sekarang. Beruntung masih ada warga Palembang yang masih menguasai seni wayang Palembang, Kgs. Wirawan Rusdi.

Saat ini dalang wayang Palembang hanya Kgs. Wirawan Rusdi. Beliau satu-satunya Dalang yang masih eksis di Palembang. Kurangnya minat dari kaum milenial. Terhadap seni wayang menjadi faktor utama mundurnya seni wayang Palembang. Selain itu, teknologi informasi juga berperan besar dalam menyingkirkan budaya tradisional ini (televisi, Smartphone, dll).

Wayang Palembang sendiri merupakan bentuk kekayaan budaya lokal Palembang. Di pedalaman Sumatera Selatan, setahu penulis belum ditemukan seni wayang. Wayang Palembang dalam peragaan hampur sama dengan sistem wayang di Jawa. Tetapi beberapa bagian seni wayang Palembang terdapat cita rasa warga Palembang.

Seperti yang saya amati, pada tampilan pagelaran di festival Seguntang 2020. Adanya personil pagelaran yang mengenakan tanjak dan songket (penabuh gamelan). Begitupun pada ukiran yang terdapat pada alat-alat musik juga merupakan ukiran khas Palembang dengan pola sulur-suluran, bunga tanjung dan bunga ceplok.

Begitupun dengan motif Wayang Palembang berciri khas Songket dan berbahasa Palembang. Dalam pertunjukan Wayang Palembang tidak menggunakan penyanyi sinden pada pentasnya, begitu pun dengan irama tabuhan gamelan yang khas Melayu. Seperti berirama nada lagu tarian Gending Sriwijaya.


Dengan diadakannya Festival Siguntang 2020 yang diselenggarakan oleh FORWIDA SUMSEL bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Selatan, didukung oleh sponsor. Dapat memberikan edukasi serta kesadaran budaya pada masyarakat secara luas. Festival Seguntang 2020 terselenggara dengan baik dan lancar. Semoga festival Seguntang dapat terlaksana secara berkelanjutan serta lebih banyak lagi menampilkan dan mempersembahkan agenda budaya lainnya.
Dokumentasi suasana panggung pagelaran seni Wayang Palembang di Taman Budaya Bukit Seguntang dalam Festival Seguntang 2020 yang bertema "Bersama FORWIDA Melestarikan Seguntang Sebagai Hulu Melayu. (19:00-selesai). (dok. Dani).

Oleh. Arip Muhtiar
Editor. Ramadhani.
Palembang, 29 Februari 2020.

Sy. Apero Fublic

FORWIDA. Festival Seguntang 2020

Apero Fublic.- Palembang. Perdana pelaksanaan Festival Seguntang 2020 yang bertema “Bersama FORWIDA Melestarikan Seguntang Sebagai Hulu Melayu” berlangsung 28 Februari – 1 Maret 2020. FORWIDA (Forum Pariwisata dan Budaya) adalah sebuah organisasi kemasyarakat yang bergerak dalam pelestarian, pengembangan budaya di Provinsi Sumatera Selatan. FORWIDA di gagas oleh Bapak H. Toni Panggarbesi dan Bapak Zulkhair, dengan Ketua Umum Ibu Diah K. Pratiwi. FORWIDA SUMSEL beranggotakan para akademisi, budayawan, seniman, arkeolog, sejarawan dan masyarakat dari berbagai latar belakang lainnya.

Di hadiri oleh Bapak Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Bapak H. Mawardi Yahya. Bapak Aufa S. Sarkomi Ka. Disbudpar Sumatera Selatan. Baginda Sultan Mahmud Badaruddin IV Jaya Wikrama. Selain itu, hadir juga mahasiswa/i dari UIN Raden Fatah Palembang yang diwakili oleh Komunitas Pecinta Sejarah Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas PGRI Palembang, dan Universitas Indoglobal Palembang. Sedangkan kelompok pemuda Kelompok Pecinta Aksara Ulu Provinsi Sumatera Selatan, insan media dan masyarakat umum.

Kegiatan Festival Seguntang 2020 menghadirkan, Food Bazaar, Demo tenun songket Palembang, dan pelatihan menulis aksara Ka-Ga-Nga (aksara ulu). Hari pertama diadakan lomba mewarnai, lomba seni menghias pempek yang bertema Bukit Seguntang, lomba foto seguntang, dan lomba musik Batanghari Sembilan. Hari kedua, diadakan kegiatan City Tour; Kawah Tekurep-Ki Gede Ing Suro-Makam Kambang Koci dan Istana Sultan SMB IV. Dilanjutkan Milad Kesultanan Palembang Darussalam. Penutupan Festival Seguntang dan terakhir pembagian hadiah pemenang lomba.

Festival Seguntang 2020 di buka langsung oleh Bapak Wakil Gubernur Sumatera Selatan yang sekaligus mengukuhkan Pengurus FORWIDA SUMSEL. Pada kata sambutan Bapak WAGUB berharap FORWIDA menjadi salah satu wadah kemajuan budaya SUMSEL. Begitupun Ketua Umum Ibu Diah K. Pratiwi, berharap FORWIDA SUMSEL mampu mengembalikan kebudayaan asli masyarakat yang sudah mulai hilang ditelan zaman. Baik itu dari segi permainan tradisional ataupun etika (adat-istiadat) orang Melayu.


Dalam petikan kata sambutan Ketua Panitia Bapak Rodi Herawan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya pada semua panitia Festival Seguntang 2020 yang telah bekerja keras dalam menyukseskan Festival. Begitupun pada para sponsor, semua pihak terkait dan masyarakat tanpa terkecuali.
Saat pengukuhan pengurusan FORWIDA SUMSEL oleh Wakil Gubernur Sumatera Selatan Bapak H. Mawardi Yahyah. 

Oleh. Arip Muhtiar, S. Hum.
Editor. Ramdhani, S. Hum.
Palembang, 28 Februari 2020.

By. Apero Fublic

Terfavorit. Belajar dan Mengenal Aksara Ulu Sumatera Selatan pada Festival Seguntang 2020

Apero Fublic.- Belajar dan mengenal Aksara Ulu atau aksara Ka-Ga-Nga dalam Festival Seguntang 2020 menjadi stand favorit pengujung. Hadirnya stand ini terselenggara atas kerjasama Komunitas Pecinta Aksara Ulu Sumatera Selatan dengan Forum Wisata dan Budaya Sumatera Selatan (FORWIDA-SUMSEL).

Festival Bukit Seguntang 2020 yang bertema “Bersama FORWIDA Melestarikan Seguntang Sebagai Hulu Melayu” berlangsung dari tanggal 28 Februari – 1 Maret 2020.

Pelatihan menulis dan pengenalan aksara ulu dilaksanakan dua sesi. Sesi pertama dimulai dari pukul 08:00 sampai 11:00 WIB. Peserta yang mengikuti terdiri dari para guru, Pegawai Pemerintahan Daerah, dan Dosen.  Dibimbing langsung oleh Bapak Rapanie, Drs. M. Hum (budayawan dan dosen). Untuk sesi kedua, dimulai dari pukul 13:00 sampai 14:00 dengan peserta guru sejarah (Asosiasi Guru Sejarah Indonesia -SUMSEL). Di bimbing oleh ketua Perkumpulan Pecinta Aksara Ulu Sumatera Selatan, Nuzulur Ramadhoni, S. Hum.

Selain melaksanakan pelatihan menulis aksara ulu. Stand juga menyediakan sovenir berupa gantungan kunci yang bertuliskan aksara ulu. Sehingga peserta dan pengunjung dapat membeli kenang-kenangan dari kunjungan mereka pada Festival Seguntang 2020. Hadirnya stand Aksara Ulu telah mempersembahkan cara pengenalan aksara tradisional Sumatera Selatan dengan kreatif pada masyarakat.

Selain itu, setiap pengunjung Festival juga memberikan dukungan dengan penandatanganan Petisi Aksara Ulu. Tujuan petisi untuk mendukung dijadikannya aksara ulu sebagai mata pelajaran muatan lokal di sekolah-sekolah di seluruh Provinsi Sumatera Selatan. Semoga perjuangan dari adik-adik Pecinta Aksara Ulu dan pihak terkait terwujud. Serta didengar oleh pemerintah. Terkhusus Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan.

Diwaktu berbed kami berbincang-bincang bersama Komunitas Pecinta Sejarah UIN Raden Fatah Palembang. Melalui ketua PESE, Suryo Arief Wibowo, menjelaskan bahwa Komunitas Pecinta Sejarah bekerjasama dengan Komunitas Pecinta Aksara Ulu dalam menyelenggarakan stand Aksara Ulu di Festival Seguntang 2020.

Secara pribadi Arief menyukai aksara tradisional Indonesia salah satunya aksara ulu. Dia yang berasal dari Provinsi Lampung sudah mengenal aksara tradisional tersebut sejak lama. Sebab di Provinsi Lampung sendiri sudah ada mata pelajaran muatan lokal di sekolah-sekolah mempelajari aksara tradisional Lampung. Dia merasa heran di Sumatera Selatan mengapa belum dijadikan mata pelajaran di sekolah-sekolah.

Beberapa waktu yang lampau adanya keterangan dari seorang masyarakat dari Provinsi Sumatera Utara. Kalau di wilayah mereka mata pelajaran budaya lokal dan aksara tradisional sudah dijadikan mata pelajaran sejak lama.

Agak aneh pungkasnya, di Sumatera Selatan sebagian besar masyarakatnya tidak tahu kalau di Sumatera Selatan memiliki aksara tradisional. Hal-hal demikian menurut hemat penulis, adalah pekerjaan rumah Pemerintah Daerah Provinsi Sumaera Selatan.

Pembangun kebudayaan adalah pembangunan bangsa yang sesungguhnya. Jangan kita berpikir pembangunan bangsa berupa pembangunan infrastruktur dan materi. Karena benda dan materi hanyalah saranah dan prasarana yang dapat hancur. Kebudayaan asli masyarakat adalah akar bangsa. Yang akan menjadi benteng yang sesungguhnya dari jatidiri anak bangsa.


Sebab, hancur dan hilangannya budaya suatu masyarakat. Maka kehancuran itu adalah kehancuran yang sehancur-hancurnya. Sudah saatnya diseluruh Sumatera Selatan, tulisan nama-nama jalan, tulisan nama-nama instansi pemerintah, atau nama-nama tempat umum lainnya disandingkan dengan tulisan aksara ulu (aksara ka-ga-nga). Serta disekolah-sekolah swasta atau negeri memberikan muatan lokal mata pelajaran aksara ulu (ka-ga-nga).
Ketua Komunitas Pecinta Aksara Ulu Sumatera Selatan sedang memberi materi tata cara penulisan pada audiens.
Foto bersama tim Apero Fublic. Ketua Perkumpulan Pecinta Aksara Ulu dan anggota. Memperagakan dan memperkenalkan, Salam Aksara.

Oleh. Joni Apero.
Editor. Ramadhani, S. Hum.
Foto. Dadang Saputra.
Palembang, 28 Februari 2020.

Sy. Apero Fublic

2/23/2020

Mengenal Lebung. Tempat Penampungan Air Alami.

Apero Fublic.- Mengenal Lebung di kawasan tanah renah. Kata lebung masih asing bagi banyak masyakat di Indonesia. Terutama masyarakat-masyarakat Indonesia yang tinggal di dataran tinggi atau tanah pematang. Lebung adalah tempat penampungan air alami yang terletak di kawasan renah. Lebung berbentuk seperti danau tapi ukuran luasnya lebih kecil dari danau. Sumber air lebung dari air hujan, dan air banjir.


Air hujan akan tertampung di dalam lebung. Begitupun saat banjir alami atau banjir hujan di kawasan tanah renah terjadi. Renah adalah kawasan banjir saat air sungai meluap karena hujan. Kemudian menciptakan banjir yang luas. Kawasan yang terendam banjir yang luas inilah yang disebut dengan kawasan renah.

Kawasan renah terletak diantara dataran tinggi dan kawasan rawa-rawa. Air lebung akan bertambah dan menyatu dengan air banjir. Saat itulah ikan-ikan datang bertelur atau tinggal bersarang. Di sekeliling lebung terdapat banyak pepohonan besar yang dapat hidup ratusan tahun. Jenis-jenis pohon tersebut dapat digolongkan dengan pohon yang hidup dekat dengan sumber air. Diantara pohon yang sering tumbuh di sekitar lebung adalah pohon rengas.


Lebung adalah bentuk penjagaan ekosistem kawasan renah. Apabila lebung-lebung mengalami pengikisan atau tertimbun. Maka penampungan air alami akan bergeser atau hilang. Sehingga akan menyebabkan banjir hujan meningkat ketinggiannya ke atas. Yang membuat lebung-lebung menjadi dangkal adalah, karena tanah yang terbawa air hujan atau air banjir mengendap di dasar lebung (pengikisan tanah).

Sehingga waktu demi waktu dasar lebung semakin surut atau dangkal. Terkadang lebung juga ditimbun oleh manusia untuk kepentingan mereka. Seperti membangun rumah. Saat sebuah lebung menghilang. Kita, manusia kehilangan tempat penampungan air alam. Air yang kehilangan tempat penampungan akan pindah ke tempat lain atau air pindah ke laut. Sebab saat musim hujan air akan terus hanyut ke laut. Permukaan air laut juga ikut naik.


Selain tempat penampungan air alami. Lebung juga berguna untuk penampungan ikan-ikan sebagai sumber makanan manusia dan hewan. Seperti manusia dapat menangkap ikan dengan cara memancing. Sedangkan biawak, burung-burung, ular, akan berburu di tepian lebung. Tampungan air lebung juga memberikan kesuburan untuk pepohonan. Sumber air pertanian dan kesuburan tanah disekitar. Sehingga pepohonan dapat bertahan hidup sepanjang kemarau. Pepohonan dapat memproduksi oksigen untuk pernafasan manusia dan hewan sekaligus menghisap panas bumi.


Sudah saatnya kita memperhatikan kelestarian lebung. Menjaga agar jangan sampai dangkal dan hilang, apalagi menghilangkan. Agar ekosistem tempat tinggal kita tidak berubah atau bergeser. Penggalian lumpur saya rasa dapat kita lakukan sebagai manusia untuk menjaga dasar lebung tidak mendangkal. Hal yang perlu dilakukan juga jangan kita menebang pepohonan yang tumbuh disekitar lebung, terutama pohon rengas.


Jangan kita meremehkan lebung dan jangan pula kita merusak lebung. Marilah kita lestarikan dan kita kenalkan ditengah masyarakat. Satu hal yang perlu kita pikirkan bersama-sama. Kerusakan alam adalah ancaman bagi kehidupan manusia. Salah satu bukti kalau kita mencintai anak cucu kita. Adalah dengan mewariskan alam ini dalam keadaan lestari.

Bentuk bersyukur yang nyata pada Allah atas rahmatnya. Adalah dengan menjaga, mengelolah dan memanfaatkan yang telah alah karuniakan, alam ini. Mari kita jaga dan cintai alam kita. Mencintai alam, hukumnya di dalam Islam adalah wajib, dan bernilai ibadah yang mendapat pahalah dari Allah SWT.

Tempat studi penulisan di hutan-hutan wilayah Provinsi Sumatera Selatan, Kabupaten Musi Banyuasin. Di hutan-hitan kawasan renah. Salam Lestari.

Oleh. Joni Apero.
Editor. Selita. S.Pd.
Palembang, 24 Februari 2020.

Sy. Apero Fublic

Shampo Herbal. Merawat Kulit Kepala dan Kesehatan Rambut. Lebat Hitam

Apero Fublic.- Orlyn Aromaterapy Shampoo, mengandung sifat obat yang membuatnya menjadi bahan yang efektif untuk kesehatan kulit dan rambut. Membantu dalam menyingkirkan gatal-gatal pada kulit, dapat digunakan sebagai toner karena membantu untuk mengencangkan pori-pori dengan menghapus kelebihan minyak dan bakteri dari kulit, mempercepat proses penyembuhan luka ringan pada kulit, membantu untuk mengurangi peradangan dan pembengkakakan pada kulit dengan mudah.

Kandungan Aloe Barbadensis memiliki kandungan seperti enzim, mineral, asam amino, gula, sterol, antrakuinon, asam salisilat dan lain-lain. Bermanfaat membantu mengatasi permasalahan dan gangguan pada rambut, mencegah dan mengatasi rambut rontok, mencegah kebotakan, meningkatkan nutrisi pada rambut, membuat rambut subur, merawat kulit kepala, mendetoksifikasi dan mengatasi luka.

Sedangkan olive memiliki kandungan seperti vitamin E dan K, serta asam lemak, elemen kimia seperti asam oleat, asam palmitat, dan squalene. Memiliki fungsi melembabkan, mengurangi ketombe, mengatasi rambut bercabang, mengembalikan kilau alami rambut dan membuat mudah untuk ditata.

Kandungan lavender bermanfaat untuk menghilangkan insomia, setres, kegelisahan, dan depresi yang merupakan penyebab dari kerontokan rambut. Membantu meredakan gatal pada kulit kepala yang kering sehingga tak ada lagi ketombe, menghilangkan kutu dan menjadikan rambut tampak berkilau.

Saran pakai, tuangkan di telapak tangan, tambahkan sedikit air, usap pada rambut yang basah, pijat perlahan rambut hingga menghasilkan busa yang lembut. Diamkan beberapa saat, lalu bilas. Gunakan secara teratur untuk hasil yang maksimal.

Netto. 200 ml
Badan POM NA 18171002356.
Kontak. WA/HP. 089607544565.

Oleh. Asdi Merka. S.Hum
Editor. Desti. S.Sos
Palembang, 23 Februari 2020.
Sumber. Katalog produk PT. Natural Nusantara.

Sy. Apero Fublic

Orlyn Aromateraphy Hair Tonic. Perawatan Rambut Moderen

Apero Fublic.- Orlyn Aromateraphy Hair Tonic, memiliki kandungan Olea Europe Oil yang kaya nutrisi yang tentunya semakin membuat kita bisa percaya akan keampuhan dan keefektifan dari minyak ini. Oleh karena itu, masalah kerontokan dan kesuburan rambut bisa diatasi dengan kandungan nutrisi yang diberikan ke rambut kita secara cukup. Nutrisi tersebutlah yang akan membantu rambut kita tumbuh secara subur dan kerontokan tidak jadi masalah lagi.

Kandungan minyak lavender merupakan salah satu minyak aromaterapi yang umum digunakan dan sangat efektif dalam mengatasi masalah rambut rontok. Penggunaan minyak ini secara reguler sangat membantu untuk mengendalikan rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu, minyak ini juga bermanfaat untuk mengatasi kulit kepala gatal dan ketombe.

Minyak lavender memiliki sifat antiseptik yang kuat dan berguna untuk desinfektan kulit kepala, seperti kulit kepala kering, jamur, dan virus mikroba lainnya. Kemudian kandungan gingseng digunakan sebagai campuran dalam shampoo, karena sifat ginseng yang bisa menyerap ke dalam kulit kepala sehingga manfaatnya dapat lebih memberikan hasil yang maksimal, tentunya jika digunakan untuk keramas secara rutin.

Selain untuk keramas, ginseng juga bisa diaplikasikan dalam bentuk hair tonic. Ginseng juga bisa sebagai penguat akar rambut, sehingga Anda dapat bebas menata rambut tanpa khawatir adanya rambut rontok. Ginseng juga bisa memperbaiki warna rambut dan mencegah uban muncul lebih awal dan mengatasi ketombe pada rambut.

Saran pakai, tuangkan secukupnya di rambut, lalu pijat lembut kulit kepala supaya meresap ke akar rambut.
Netto. 100 ml
Badan POM NA 18171001876.
Kontak: WA/HP. 081367739872.

Oleh. Alvin Are Tunang.
Editor. Desti. S.Sos.
Palembang, 23 Februari 2020.
Sumber. Katalog produk PT. Natural Nusantara Indonesia.


Sy. Apero Fublic