3/31/2020

Antara Buah Langsat dan Buah Duku.

Apero Fublic. Empat Lawang.- Buah Langsat salah satu kekayaan alam Nusantara. Sebagai mana diketahui Indonesia adalah negara kaya raya akan flora dan fauna. Keanekaragaman hayati tersebut menjadikan negara Indonesia sebagai negara laboratorium flora dunia. Di antara keanekaragaman flora tersebut, seperti jenis-jenis buah-buahan. Ada buah-buahan yang endemik (khas Indonesia) dan ada pula buah-buahan pandemik (sebaran dunia).

Jenis-jenis buah-buahan di Indonesia sangat beragam. Semuanya enak dan bermanfaat. Sebagai sumber makanan dan sumber gizi. Dari jenis-jenis itu, banyak terdapat yang hampir sama tapi berbeda. Kemungkinan hal tersebut dikarenakan ada perkembangan biologis jenis sehingga terjadi penyempurnaan atau pergeseran jenis.

Seperti pohon buah duku misalnya. Pohon yang bernama ilmiah lansium parasiticum ini, adalah buah-buahan endemik Asia Tenggara. Pohon duku dapat tumbuh di daerah dataran sedang dan tinggi. Pohon duku apabila ditanah yang cocok dan berada di dekat sumber air dapat tumbuh tinggi mencapai 70 meter diatas permukaan tanah.

Bagi anda yang belum mengetahu bahwa buah duku memiliki beberapa jenis yang hampir sama. Ada istilah pada masyarakat Melayu Sekayu seperti duku beruang. Bentuk duku beruang hampir sama dengan duku biasa. Bulat dan bertangkai bergerombol sedikit. Kulit buanya tebal, berwarna kemerahan dan rasanya asam.

Parian berikutnya adalah langsat. Langsat adalah termasuk marga duku yang paling dekat. Hampir tidak ada perbedaan dengan duku. Sedikit pembeda buah langsat bentuk bundarnya mirip bundar kelereng atau bola dunia. Bijinya buah besar-besar dan daging buanya lebih sedikit. Sedangkan buah duku bulat buanya mirip bulat telur dengan daging buah yang banyak. Biji besarnya biasanya hanya satu bilah dalam satu biji buah duku. Kalau kita perhatikan sepintas lalu maka tidak ada perbedaan antara buah duku dan buah langsat.

Bagi kamu yang belum tahu beda langsat dan duku. Boleh memperhatikan dengan jeli karena bua langsat lebih besar dari buah duku pada umumnya. Buah langsat ternyata terkenal di seluruh Indonesia. Langsat banyak terdapat di Ambon, dan Sulawesi, Riau, Jambi, Sumatera Selatan. Antara Langsat dan Duku sama seperti manusia kembar hampir sama namu berbeda. Sedikit cerita mengenai Langsat dan duku. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Oleh. Selita. S.Pd.
Editor. Desti. S. Sos.
Foto. Dadang Saputra.
Palembang, 31 Maret 2020.


Sy. Apero Fublic

0 komentar:

Post a Comment